Bagaimana Cara Hidup Sehat Sampai Tua, Bebas penyakit, dan mengetahui pertolongan pertama ketika anda sakit - Simak Di Sini. ! Karena Hidup Akan Lebih Terasa Indah Jika Anda Sehat

HIDUP SEHAT DENGAN GADGET

1001 Rahasia Kegunaan Tanaman Obat Daun Sirih

Tanaman Sirih Memiliki Nama Latin Piper Betle Yang lazimnya di kenal sebagai Tumbuhan yang merambat dan biasanya bersandar pada pohon lain ini mempunyai ciri Tanaman yang mampu Tumbuh mencapai tinggi 15 Meter, Sementara itu untuk Batang dari tanaman sirih ini berbentuk Bulan dan berwaran Kecoklatan dengan corak Ruas-ruas di bagian batangnya seperti layaknya pohon Bambu, di sinilah tempat keluarnya akar dari Tumbuhan sirih ini, nah untuk Daunnya Yang akan kita bahas ini Khasiat Daun Siri atau Manfaat Daun Sirih ini memiliki daun yang berbentuk Jantung, dengan bentuk bersalang seling dan ujungnya berbentuk Runcing, apa bila Daun Sirih ini di remas maka akan mengeluarkan bau yang segar khas Daun sirih ini.

Contoh  Produk Olahan Daun Sirih Masa Kini Bisa Lihat Di -->    SINI



1. Manfaat Daun Sirih Untuk Keputihan

Daun sirih merupakan salah satu tanaman herbal yang sering digunakan sebagai pengobatan tradisional. Terdapat dua jenis daun sirih yaitu sirih hijau dan sirih merah. Diantara kedua jenis tersebut, daun sirih merah memiliki manfaat yang jauh lebih besar dibandingkan daun sirih hijau. Salah satu manfaat tersebut adalah untuk mengobati keputihan.
Keputihan merupakan salah satu gangguan kesehatan yang terjadi hanya pada wanita saja. Hal ini ditandai dengan keluarnya cairan bening keputihan yang berbau kurang sedap di daerah intim wanita. Hal tentunya sangat mengganggu kenyamanan kaum wanita dalam beraktifitas. Salah satu obat keputihan yang paling manjur adalah daun sirih.

Seperti yang kita ketahui, di pasaran terdapat banyak sekali produk pembersih kewanitaan yang bahan utamanya terbuat dari ekstrak daun sirih. Itu artinya manfaat daun sirih memang teruji dan terbukti secara klinis mampu mengobati keputihan. Namun dalam proses pengolahannya, kebanyakan produk yang beredar di pasaran menggunakan campuran bahan kimia untuk yang tentu saja tidak baik jika digunakan dalam jangka panjang.

Untuk membuat ramuan obat keputihan sediakan beberapa lembar daun sirih merah, cuci sampai bersih dlalu rebus. Air rebusan inilah yang dapat digunakan untuk membersihkan daerah intim kewanitaan Anda. Lakukan secara rutin setiap hari sampai nampak hasilnya.

Sebenarnya kemampuan daun sirih dalam mengobati keputihan tak lepas dari kandungan antiseptic yang dimiliknya. Selain itu hal penting yang harus Anda lakukan adalah dengan menerapkan pola hidup sehat dan selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar.

2. Manfaat Daun Sirih Untuk Menghilangkan Jerawat

Jerawat memang menjadi salah satu masalah yang sering di alami para remaja. Biasanya seseorang akan merasa kurang percaya diri jika di wajahnya terdapat jerawat. Tidak hanya sampai disitu, biasanya setelah jerawat hilang akan muncul noda atau bercak hitam di wajah. Setiap wanita pasti menginginkan wajah yang bersih dan putih alami tanpa bekas jerawat, sehingga berbagai cara apapun akan ditempuh termasuk dengan membeli produk kecantikan yang beredar di pasaran.

Semua produk kecantikan pasti mengandung bahan kimia, meskipun jumlahnya sedikit yang namanya bahan kimia pasti berbahaya berbeda dengan bahan-bahan alami yang tidak menyebabkan efek samping. Salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk membasmi jerawat adalah daun sirih. Manfaat daun sirih terbukti dapat menghilangkan jerawat beserta bekasnya.

Daun sirih merupakan antiseptik alami, apabila air yang dihasilkan oleh daun sirih kita gunakan untuk mencuci wajah yang berjerawat efeknya adalah dapat mencegah peradangan dan mempercepat mengempeskan jerawat. Bukan hanya itu saja, manfaat daun sirih akan membuat jerawat kempes tanpa menimbulkan noda.

Cara menghilangkan jerawat dengan daun sirih sebenarnya cukup mudah. Siapkan 2 sampai 3 lembar daun sirih yang sebelumnya sudah dicuci sampai bersih. Rebus daun sirih tadi rebus dengan dua gelas air hingga mendidih lalu dinginkan. Setelah itu gunakan air rebusan tersebut untuk mencuci wajah yang berjerawat dua kali sehari dan lalukan secara rutin hingga jerawat di wajah benar-benar kempes dan hilang.

3.Manfaat Daun Sirih Untuk Mengobati Diabetes
Diabetes melitus merupakan salah satu pernyakit ganas yang menimpa seseorang yang tubuhnya tidak lagi mampu memproduksi cukup insulin sesuai yang dibutuhkan oleh tubuh. Kekurangan insulin menyebabkan kadar sukrosa di dalam tubuh tidak dapat diolah dengan maksimal sehingga akhirnya masuk ke dalam darah dan meningkatkan kadar gula dalam darah. Penyakit diabetes ditandai dengan gejala mudah lapar dan haus, sering ke kamar kecil, dan proses penyembuhannya luka akan memakan waktu lama.

Saat ini penyuntikan insulin merupakan salah satu pengobatan paling populer untuk mengobati penyakit diabetes melitus. Namun cara ini tentu saja tidak efektif dan juga memerlukan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu banyak orang yang lebih suka mencari pengobatan alternatif. Pengobatan alternatif dengan obat herbal dipilih karena selain biayanya lebih murah juga aman bagi kesehatan karena manggunakan bahan alami.

Manfaat daun sirih  untuk diabetes pada dasarnya berasal dari senyawa penting seperti tannin, alkaloid, saponin dan flavanoid. Aktivitas hipoglikemik pada senyawa-senyawa ini dapat membantu menurunkan kadar glukosa dalam darah. Selain itu kandungan tannin dan saponin berperan sebagai anti mikroba untuk memerangi virus dan bakteri.

Orang Jaman dahulu memanfaatkan Daun sirih ini sebagai Tanaman yang wajib ada setiap harinya, karena untuk di jadikan Kunyahan dalam kehidupan sehari-hari mereka, biasanya daun sirih di Makan bersama Gambir, Kampur dan Juga Pinang, dan dengan cara ini Di percaya mampu membuat gigi menjadi lebih tahan Lama, dan jarang berlubang, Nah untuk itu kita akan mencoba membahasnya di Artikel ini, Yuk kita simak bersama di bawah ini.

Selain Manfaat Dan Khasiat Yang anda baca di atas, ternyata masih banyak Rahasia Kegunaan Tanaman Obat Daun Sirih Daun Sirih di antaranya :






1.Air rebusan Daun Sirih dapat digunakan untuk membersihkan mata

2. Daun sirih Juga Dapat menghilangkan bau ketiak

3. Bisa untuk mengobati gigi dan gusi bengkak. Caranya mudah, kunyah daun Sirih Hijau secukupnya. Atau berkumur dengan rebusan daun sirih ini. Sakit gigi dan gusi bengkak, berangsur-angsur akan hilang.

4. Daun Sirih Hijau, dipercaya bisa untuk mengobati keputihan. Rebus daunnya dengan porsi secukupnya. Bisa diminum, disamping itu airnya untuk membasuh vagina.

5. Bagi mereka yang terkena sariawan, daun Sirih Hijau, bisa dijadikan solusi yang baik. Kunyah daunnya atau kumur dengan rebusannya.

6. Bila secara rutin berkumur dengan rebusan Sirih Hijau, bau mulut tidak sedap pun akan hilang.

7. Mampu mengobati luka bakar. Caranya ambil daun Sirih Hijau, panaskan supaya layu, lalu tempelkan pada luka bakar.

8. Bila hidung keluar darah terus (mimisan), gulungan daun Sirih Hijau yang disumpalkan di hidung, bisa membuat darah yang keluar pun terhenti. Jadi bisa dijadikan obat mimisan.

9. Menghilangkan gatal-gatal di kulit. Caranya balurkan tumbukan daun Sirih Hijau, ke bagian tubuh yang gatal-gatal, niscaya gatalnya jadi reda atau bahkan hilang sama sekali.

10. Daun Sirih Hijau juga bisa untuk mengobati eksim, atau penyakit kulit lainnya.

11. Tanaman Sirih Hijau, ternyata bisa mengusir semut, nyamuk, lalat dan serangga lain. Di sekitar lokasi tanaman ini, semut dan serangga akan menyingkir.

12. Cairan daun Sirih Hijau, bisa untuk obat semprot hama dan tidak mematikan tanaman. Penyakit dan kutu yang menyerang tanaman bisa sirna.

13. Sirih Hijau, daunnya juga dipercaya bisa untuk mengobati demam berdarah. Minum rebusan daunnya, bisa mematikan kuman penyebab demam berdarah. Atau oleskan gilingan daun Sirih Hijau ke tubuh, dibalurkan, nyamuk penyebab demam berdarah tidak berani menggigitnya.

14. Meminum air rebusan bisa memperlancar haid yang tidak teratur

15. Daun sirih mampu untuk mengobati Asma

16. Daun sirih Mampu Mengobati radang tenggorokan


Daun sirih atau Piper Betle, Ternyata Banyak sekali Jenisnya, ada Beberapa Jenis Daun Sirih yang Bisa Kita Temukan di Indonesia, karena Daun Sirih  adalah tanaman yang tumbuh secara merambat secara vertikal atau pada tangkai tanaman lain, sejak jaman nenek moyang kita daun sirih sudah digunakan banyak orang untuk diolah menjadi obat herbal dan pastinya kita sudah tahu apa saja khasiat dari Daun Sirih tersebut, namun selain itu perlu juga kita ketahui jenis – jenis daun sirih dengan khasiatnya tersebut !

Daun Sirih Merah
Berbeda dengan Jenis Pohon sirih kebanyakan, daun sirih merah, atau Piper ornatum, berasal dari benua Amerika. Daunnya lebar dan terlihat seperti bentuk hati dengan ujung yang panjang dan lancip, Warna daunnya terkadang hijau dengan undertone merah yang juga menghiasi serat-serat daunnya.
Salah satu manfaat daun sirih merah yang paling populer adalah sebagai obat nyeri sendi dan pencegah penyakit stroke.

Daun Sirih Hijau / Ketumpang Air
Daun sirih hijau memiliki banyak nama, Beberapa di antaranya adalah Rangu-rangu, Slada’an, Gofu Horoho, dan Suruhan, namun lebih dikenal sebagai Ketumpang atau Tumpangan Air, yang membedakan dari daun ini dari jenis sirih lainnya adalah warna hijaunya yang sangat terang dan segar, Daun sirih hijau dikenal sebagai obat sakit perut, mual, dan sakit ginjal.

Daun Sirih Putih

Ada Juga Daun sirih putih yang tampak cantik daunnya dan cocok sekali digunakan sebagai tanaman hias di pekarangan rumah, di sebut daun sirih putih karena Daunnya berwarna hijau dengan corak putih yang mengelilingi daun, Selain sebagai tanaman hias, banyak orang sering menggunakan daun sirih putih sebagai ramuan perawatan organ sensitif wanita.

Daun Sirih Bulu
Daun sirih bulu merupakan salah satu jenis pohon sirih yang agak jarang ditemukan di Indonesia, ciri-ciri dari sirih bulu ini adalah ukurannya yang lebih kecil dan bulu-bulu halus yang tumbuh pada daun sampai tangkainya.Manfaat daun sirih bulu sebenarnya sama seperti jenis lainnya, hanya saja waktu pengolahannya membutuhkan waktu yang lebih khusus.

Daun Sirih Kuning
Kalian pasti sudah familiar dengan jenis sirih yang satu ini, daun sirih kuning dapat ditemukan di mana saja, bahkan di daerah terpencil sekalipun di indonesia ! kalua dulu sering mimisan, daun sirih kuning bisa  kita jadikan sebagai obat untuk menghentikan pendarahan pada hidung.

Daun Sirih Silver
Sama seperti sirih putih, daun sirih silver lebih banyak digunakan masyarakat luas sebagai tanaman hias karena tampilannya yang menawan, Serat-serat berwarna putih keperakannya menghias daun dari ujung ke ujung dan membuatnya terlihat seperti buah semangka., Sampai sekarang, daun sirih silver masih sangat di cari oleh pecinta tanaman hias di pasar tumbuhan.

--> SELANJUTNYA