Bagaimana Cara Hidup Sehat Sampai Tua, Bebas penyakit, dan mengetahui pertolongan pertama ketika anda sakit - Simak Di Sini. ! Karena Hidup Akan Lebih Terasa Indah Jika Anda Sehat

HIDUP SEHAT DENGAN GADGET

Gimana Bisa Tetap Sehat Walau Sedang Haid

Gimana Caranya Bisa Tetap Sehat dan Fresh Saat Masa Haid

MENCARI TAHU CARA BISA TETAP SEHAT WALAUPUN SEDANG HAID / MENSTRUASI


Datang Bulan atau Haid adalah tamu bulanan bagi semua wanita normal yang tidak bisa di tolak kedatangannya, dimana Pada saat itu akan terjadi  proses keluarnya darah dari dalam rahim yang disebabkan rontoknya lapisan dinding rahim bagian dalam, dimana lapisan tersebut banyak mengandung pembuluh darah dan sel telur yang tidak  dibuahi, istilah dunia kesehatan menyebutnya Masa Menstruasi, Peristiwa inilah yang menyebabkan wanita akan kehilangan cukup banyak darah selama masa menstruasi tersebut. Pada umumnya di masa - masa menstruasi tersebut akan di sertai rasa nyeri dan perasaan yang kurang enak istilahnya " Bad Mood " - Biasanya masa menstruasi akan berlangsung antara 3 sampai 5 hari, dan siklusnya akan berulang setiap 28 hari, walaupun ada juga wanita mengalami periode menstruasi yang cukup singkat dan ada juga yang lebih panjang. Volume darah yang keluar saat menstruasi ada yang banyak dan ada juga yang lebih sedikit, artinya setiap wanita memiliki karakteristik masa menstruasinya masing – masing.  Mungkin bagi wanita yang baru pertama kali mengalami masa menstruasi akan terkejut dengan peristiwa tersebut, oleh sebab itu perlu adanya pemahaman serta pendampingan dari orang tua mereka bagaimana caranya agar masa – masa menstruasi tersebut bisa di jalani dengan baik dan benar serta tidak mengganggu kesehatannya.


Banyak sekali yang akan kita bahas, seputar bagaimana agar tubuh bisa Fit dan Tetap Sehat Walau Sedang dalam masa Menstruasi, diantaranya, Bagaimana pola hidup yang sehat di masa – masa berlangsungnya proses menstruasi ? Makanan apa saja yang harus di konsumsi saat haid ?  bagaimana cara membersihkan sisa darah haid yang benar ? dan bagaimana agar masa haid bisa berjalan lancar ? gimana mengurangi bad mod serta rasa nyeri di saat haid ? semua pertanyaan tersebut akan kita bahas satu persatu di bawah ini, namun sebelum kita bahas lebih jauh tentang masalah – masalah seputar masa menstruasi tersebut, berikut ini bisa kita simak video penjelasannya.






Setelah kita simak video di atas, Perlu kita ketahui dan pahami jenis – jenis pembalut wanita yang cocok dengan karakter masa menstruasinya, karena ada banyak jenis dan kelebihan dari masing – masing jenis pembalut wanita yang di jual di pasaran, setiap jenisnya memiliki karakteristik dan manfaatnya masing – masing,  untuk lebih jelasnya bisa dapatkan informasi lengkapnya dengan cara :

CARA MENJAGA POLA HIDUP YANG BAIK SAAT MENJALANI MASA – MASA MENSTRUASI

Masa Menstruasi menyebabkan perubahan hormon yang terjadi ketika siklus menstruasi, hal ini sering dijadikan alasan bagi para wanita untuk bersikap sensitif dan mudah Bad Mod. Sebenarnya ada banyak cara untuk menjaga kesehatan Fisik dan Mental agar ketika masa Mestruasi mereka tetap merasa nyaman, bagaimanakah caranya ? Mari kita bahas di bawah ini :

Mengapa Mengalami Nyeri Haid Yang Berlebihan

Pada umumnya wanita mengalami kelelahan dan nyeri pada masa menstruasi, tetapi pada sebagian wanita akan merasakan nyeri menstruasi yang lebih parah, sehingga membuat mereka tidak mampu melakukan aktivitas. Kondisi ini disebut dismenorea. Dapat disertai oleh gejala-gejala lain seperti mual, muntah, sakit kepala, nyeri pada punggung dan diare. Nyeri berlebihan saat haid ini dapat menjadi indikasi terhadap adanya penyakit tertentu, seperti endometrosis dan fibroid.

Obat-obatan antiinflamasi dapat dikonsumsi untuk mencegah produksi prostaglandin sebagai penyebab nyeri dan mengurangi rasa sakit yang ditimbulkannya. Disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter untuk mendapat penanganan tepat. Dokter Anda kemungkinan akan menyarankan tes pap smear, pemeriksaan panggul, USG, atau laparoskopi.

Berusaha Mengenakan Pakaian Longgar Yang Nyaman

Berusahalah tidak memakai pakaian ketat untuk sementara, ketika masa menstruasi berlangsung., lebih baik kenakan pakaian longgar agar tubuh bisa bergerak lebih bebas dan nyaman.

Usahakan Bisa Tidur Siang Walau Sejenak

Meskipun tidak ada waktu lama untuk bisa tidur siang sesaat, ada baiknya istirahatkanlah tubuh kalian ketika merasa lelah selama masa menstruasi berlangsung. Karena ketika manusia kehilangan banyak zat besi yang terkandung didalam darah, maka hal ini akan membuat tubuh cenderung lebih cepat lelah dan lemas.

Usahakan Mandi Dengan Air Hangat

Mandi air hangat bukan hanya untuk membuat tubuh semakin rileks, tetapi juga mengusir rasa lelah yang dirasakan saat masa menstruasi berlangsung, Ketika habis mandi maka Pikiran pun menjadi lebih tenang dan emosi akan segera terkendali.

Cobalah Kurangi Konsumsi Garam

Area Perut biasanya mengalami kembung ketika melawati masa – masa menstruasi, hal ini dikarenakan tubuh kekurangan cairan. Ada baiknya jika kurangi konsumsi garam agar rasa kembung tersebut tidak menjadi semakin parah.

Berolahraga Ringan Sejenak

Rasa Nyeri saat datang bulan bukanlah halangan untuk tidak menjaga kebugaran dan kesehatan fisik serta mental, Dengan Olah Raga Ringan dapat meringankan rasa nyeri tersebut dan membuat tubuh terasa lebih segar serta nyaman.

Cobalah Untuk Yoga

Jika kalian tidak suka keluar rumah, cobalah beberapa gerakan yoga yang bisa dilakukan untuk meredakan nyeri saat menstruasi dan terus menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan

Hindari Makan Daging Merah

Berdasarkan hasil observasi, tenyata Daging merah itu sebagai makanan yang dapat memicu rasa nyeri saat sedang menstruasi dan merangsang terjadinya pendarahan yang berlebih, sebaiknya hindari konsumsi daging merah, dan bisa di gantikan dengan makanan sehat lainnya.

Bagaimana siklus menstruasi yang normal ?

Siklus menstruasi dihitung dari hari pertama dalam satu periode mentruasi hingga hari pertama periode menstruasi berikutnya. Siklus ini tidaklah sama untuk setiap wanita. Siklus menstruasi bisa terjadi dalam setiap 21-35 hari dan menstruasi bisa berhenti dalam 2 hingga 7 hari. Pada awal atau tahun-tahun pertama dimulainya menstruasi, siklus menstruasi biasanya panjang. Namun, siklus menstruasi cenderung memendek dan semakin teratur seiring bertambahnya usia.

Siklus menstruasi Kamu dapat teratur – dengan jangka waktu yang hampir sama setiap bulan– atau mungkin juga tidak teratur. Menstruasi bisa terasa ringan atau berat, dengan rasa sakit atau pun tidak, lama atau pun sebentar. Namun semuanya masih bisa dianggap normal. Dalam arti luas, “normal” adalah apa yang normal buat Kamu. penggunaan beberapa tipe alat kontrasepsi, seperti pil KB, dapat merubah siklus menstruasi. Jika Kamu mengalaminya, ada baiknya Kamu berkonsultasi pada dokter untuk menghadapi masalah ini. untuk mengetahui apa yang normal untuk Kamu, mulailah mencatat siklus menstruasi Kamu di kalender atau dengan bantuan aplikasi di smarphone kalian.

HAL APA SAJA YANG PERLU KITA CATAT SAAT MASA MENSTRUASI ?

Cobalha dengan mencatat tanggal awal dari setiap periode menstruasi untuk beberapa bulan berturut-turut untuk mengidentifikasi keteraturan periode menstruasi Kamu, contohnya sbb :


1. Tanggal akhir
Berapa lama menstruasi Kamu biasanya berakhir? Apakah lebih lama atau lebih cepat dari biasanya?

2. Aliran
Catat banyaknya aliran menstruasi Kamu. Apakah lebih ringan atau lebih banyak dari biasanya? Seberapa sering Kamu harus mengganti pembalut?

3. Pendarahan abnormal

Apakah Kamu mengalami pendarahan di antara dua periode?

4. Rasa sakit

Deskripsikan rasa sakit yang terasa berkaitan dengan menstruasi Kamu. Apakah sakitnya terasa lebih berat dari biasanya ?

5. Perubahan apa
Apakah Kamu mengalami perubahan suasana hati / mood atau tingkah laku ? Adakah hal baru yang terjadi di sekitar waktu perubahan periode-periode menstruasi Kamu ?

--> NEXT


Berikut Perubahan mood yang mungkin dialami — mulai dari hari pertama haid, selama haid, dan sesudahnya.




Mood Hari ke-1 sampai ke-5 ( Pada saat menstruasi )

Mood saat Menstruasi hari pertama cenderung stabil karena kadar tiga hormon yang mengatur siklus tubuh manusia, yaitu estrogen, progesteron, dan testosteron, sama-sama seimbang. walaupuin demikian, tetapi otak akan meningkatkan produksi senyawa prostaglandin yang membuat perut kram dan mual di hari-hari pertama ini. Dalam lima hari pertama haid, otak akan secara bertahap memproduksi lebih banyak estrogen dan testosteron yang kemudian merangsang produksi endorfin. Endorfin adalah hormon bahagia yang juga bermanfaat sebagai pereda nyeri alami. Itu sebabnya berbagai gejala PMS akan berangsur hilang selama Anda haid sehingga suasana hati pun meningkat.



Mood Hari ke-5 sampai ke-14 (menstruasi selesai dan menjelang masa subur)

Di beberapa hari terakhir Anda haid, estrogen akan meningkat drastis sampai 14 hari setelahnya. Ini bertujuan untuk mempersiapkan tubuh memasuki masa subur selanjutnya, sekaligus untuk mempersiapkan rahim berjaga-jaga bila terjadi pembuahan. Selain menstabilkan suasana hati, peningkatan estrogen selama masa ini juga ikut meningkatkan sejumlah fungsi kognitif otak Anda. Wanita cenderung lebih supel alias mudah bersosialisasi, lebih fokus mengerjakan suatu hal, lebih enerjik, cepat mengambil keputusan, dan lebih bawel menjelang masa suburnya. Gairah seks wanita juga meningkat tajam karena kadar testosteron memuncak tepat sebelum masa subur. Tidak heran banyak wanita yang merasa sangat seksi dan menarik di waktu-waktu ini. sebuah penelitian mengungkapkan bahwa insting persaingan wanita juga melonjak di masa subur karena peningkatan testosteron, Mungkin ini sebabnya kenapa Anda lebih gampang nyinyir kalau mau haid.


Mood Hari ke-14 sampai ke-25 (masa subur)

Selama berada di masa paling subur, kebanyakan wanita cenderung lebih tertarik melihat pria yang berwajah maskulin, ungkap sebuah penelitian dari Kinsey Institute di Indiana University. Anda juga cenderung lebih aktif secara seksual, entah itu jadi lebih sering berhubungan seks dengan pasangan atau masturbasi. Di masa ini, jumlah estrogen  masih sangat tinggi, hal ini menunjukkan bahwa peningkatan estrogen ikut memengaruhi bagian otak yang bernama hipocampus, sehingga daya ingat Anda jadi lebih tajam dan Anda juga lebih cepat memproses informasi baru. Setelah masa subur berakhir dan tidak ada tanda-tanda pembuahan, kadar estrogen dan testosteron akan kembali turun. Mulailah Anda merasakan mood yang naik-turun, meski kadang tidak begitu kentara. Di saat yang bersamaan, penurunan kedua hormon tersebut menyebabkan kerja otak ikut menurun sehingga Anda cenderung lebih mudah lupa dan kurang cakap berkomunikasi.


Mood Hari ke ke-25 sampai ke-28 ( Masa PMS )

Ketika tidak ada sel telur yang dibuahi, tubuh akan bersiap untuk mengeluarkannya lewat menstruasi. Di masa inilah kadar progesteron dan estrogen akan paling rendah. Sebagai gantinya, otak akan melepaskan hormon stres kortisol dalam jumlah tinggi yang memunculkan berbagai gejala PMS, seperti sakit kepala, kurang tidur, tubuh lesu dan kurang berenergi, hingga gejolak naik-turun mood saat haid akan tiba. tidak perlu khawatir. Kondisi ini tidak akan bertahan lama, karena hormon estrogen akan mulai kembali naik begitu Anda mulai menstruasi. gejala PMS yang menghantui Anda pun juga akan berkurang. Pola perubahan mood ini akan kembali terulang menjelang waktu menstruasi di siklus berikutnya.

Gejolak mood saat PMS yang cepat berubah meningkatkan risiko wanita mengalami depresiPerubahan hormon terkait menstruasi setiap bulannya dapat mengubah keseimbangan kimia di otak dan berisiko memicu gangguan emosional serius, menurut sebuah studi baru terbitan jurnal Nature Neuroscience. Perubahan ini dapat meningkatkan risiko wanita terhadap gangguan kecemasan dan depresi. ditambah dengan stres harian yang tidak terkait gejala PMS, ini juga bisa memperparah bad mood saat haid.



Apa Saja Penyebab Ketidakteraturan Siklus Menstruasi ?

Banyak yang merasa khawatir karena telat datang bulan, bahkan ada juga yang mengalami siklus menstruasi yang kurang dari 28 hari, apa sih penyebabnya ? mari kita bahas di bawah ini :








Apa Yang Harus di lakukan Jika Mengalami pendarahan di antara masa menstruasi


Menstruasi yang tidak normal dapat ditandai perdarahan diantara masa menstruasi. Sebaiknya segera diperiksakan untuk mendeteksi kemungkinan adanya gangguan. Misalnya, luka pada vagina hingga penyakit yang lebih serius seperti kanker. dengan memeriksakan diri sedini mungkin dapat membuat kemungkinan gangguan akibat menstruasi yang tidak normal dapat segera ditangani.

Siklus Menstruasi yang tidak Normal dapat di sebabkan oleh hal - hal berikut ini :


1. Karena Kehamilan atau menyusui
Periode menstruasi yang tertunda atau hilang dapat menjadi tkamu awal dari sebuah kehamilan. Menyusui pada umumnya menunda terjadinya menstruasi setelah kehamilan.

2. Karean Pola Makan tidak teratur
Kehilangan berat badan yang ekstrim atau latihan olahraga yang berlebihan, makan tidak teratur,  gangguan seperti anorexia nervosa,  dapat mengganggu kelancaran siklus menstruasi.

3. Akibat Polycystic ovary syndrome (PCOS)
Ketidakteraturan sistem hormon yang biasa terjadi ini dapat menyebabkan kista kecil berkembang di ovarium serta ketidakteraturan periode menstruasi.

4. Karena Kegagalan ovarium prematur
Kegagalan ovarium prematur adalah hilangnya fungsi ovarium normal sebelum usia 40 tahun. Wanita yang mengalami hal ini dapat mengalami ketidakteraturan atau periode menstruasi yang jarang selama bertahun-tahun.

5. Disebabkan Pelvic inflammatory disease (PID)
Penyakit infeksi organ reproduksi ini dapat menyebabkan pendarahan menstruasi yang tidak biasa.

6. Karena Uterine fibroids
Uterine fibroids adalah perkembangan jaringan di dalam rahim dan bukan kanker. Kondisi ini dapat menyebabkan periode menstruasi yang berat dan pendarahan di antara periode menstruasi.


Apa Saja yang dapat dilakukan untuk mencegah ketidakteraturan siklus menstruasi ?


Umumnya pada beberapa wanita, penggunaan pil KB dapat membantu mengatur siklus menstruasi agar berjalan normal. Namun, pada beberapa wanita lainnya, ketidakteraturan menstruasi tidak dapat dicegah.

Kapan Harus Ke Dokter ?

Tentunya Harus Segera Periksa ke dokter jika telah terjadi beberapa hal berikut :

    Bila periode menstruasi Kamu tiba-tiba berhenti lebih dari 90 hari, dan Kamu tidak hamil
    Bila perioda menstruasi Kamu menjadi tidak menentu padahal biasanya teratur
    Bila mengalami pendarahan lebih dari tujuh hari
    Bila pendarahan Kamu lebih berat dari biasanya atau menembus pembalut lebih dari satu untuk setiap
    satu atau dua jam
    Bila periode menstruasi Kamu kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari
    Bila Kamu mengalami pendarahan di antara periode-periode menstruasi rutin
    Mengalami rasa sakit yang parah selama periode menstruasi
    Mengalami demam dan merasa sakit setelah menggunakan pembalut

Dengan mencatat dan mengamati siklus menstruasi dapat membantu menemukan sesuatu yang tidak beres dalam tubuh Kamu. Dan bila menemukannya, segeralah berkonsultasi pada dokter !!!


Bagaimana Mengenal  Warna Darah  Menstruasi dan Artinya ?


Biasanya darah yang pertama kali keluar dari tubuh kita adalah berwarna merah segar, coba lihatlah ketika kulit anda terluka, darahnya berwarna merah segar, kemudian ketika anda menyeka luka dengan perban, ada perubahan ? Lama kelamaan darah pada perban berubah menjadi merah gelap. Karena darah sudah bereaksi dengan lingkungan sekitarnya, salah satunya Oksigen.





Darah yang keluar pada saat haid bukan berasal dari kolam darah yang ada di dalam rahim Anda. Melainkan berasal dari sel telur yang tidak berhasil dibuahi.

Hal tersebut membuat menurunnya kadar progesteron dan estrogen, sehingga dinding rahim pun luruh menjadi darah haid. Proses luruh dan situasi di dalam rahimlah yang memengaruhi warna haid.

Berikut penjelasan warna darah haid yang perlu anda pahami :


1. Warna cokelat atau merah tua
Pada saat awal dan akhir haid, darah yang keluar akan berwarna cokelat atau merah tua. Warna darah haid ini artinya normal. Darah Anda tidak keluar deras ketika awal dan akhir haid. Itu karena darah butuh waktu keluar lebih lama dari uterus. Warna cokelat atau merah tua disebabkan oleh hal tersebut.

2. Warna merah terang
Bedakan warna merah pada darah haid Anda, ya, Bun. Ada yang gelap dan ada yang terang.
Darah haid berwarna merah terang dbiasanya terjadi pada hari kedua atau ketiga. Saat itu dinding rahim melepaskan sel telur Anda yang tidak terbuahi dengan saat cepat, Karena cepatnya luruh, tidak ada waktu bagi molekul lain untuk menggelapkan warnanya.

3. Warna merah muda
Darah warna merah muda biasanya keluar dalam bentuk bercak pendarahan. Beberapa orang kerap mengalami mid cycle spotting. warna pink pada darah haid terjadi karena kurangnya kadar hormon estrogen, apalagi jika diiringi dengan volume darah yang sangat sedikit dan haid tidak teratur.
kekurangan estrogen bisa menyebabkan vagina kering, tubuh lemas, dan kehilangan gairah seks, jika hal ini terjadi pada anda, maka segera hubungi dokter Anda.

4. Warna merah keabuan
Jika warna darah haid Anda abu-abu, jangan ragu untuk konsultasi ke dokter. Sebab ini bisa jadi terjadi gejala infeksi atau bisa jadi tanda keguguran. Anda mungkin tidak sadar jika sedang hamil.


Selain perubahan warna, menurut dr.Irvandi dari alodokter.com, ada beberapa faktor lain yang perlu Anda waspadai hal – hal berikut ini :

Volume darah yang keluar saat haid. Normalnya 40 cc atau sekitar 3 sendok makan setiap harinya.
   
Periode haid memanjang lebih dari 7-8 hari. Normalnya 3-5 hari.
   
Siklus haid terganggu (lebih cepat 21 hari atau lebih lama 35 hari) dari hari pertama haid terakhir. Siklus normal 21-35 hari. Rata-rata perempuan memiliki siklus haid 28 hari.

--> NEXT

Perhatian: Informasi dalam artikel ini bukanlah resep atau nasihat medis.
Jika Anda perlu bantuan atau hendak berobat berkonsultasilah dengan tenaga kesehatan profesional.