Bagaimana Cara Hidup Sehat Sampai Tua, Bebas penyakit, dan mengetahui pertolongan pertama ketika anda sakit - Simak Di Sini. ! Karena Hidup Akan Lebih Terasa Indah Jika Anda Sehat

HIDUP SEHAT DENGAN GADGET

Bagaimana Menggunakan Contact Lens Yang Aman

Cara Pakai Contact Lens yang benar dan aman

MENCARI TAHU GIMANA CARA MEMAKAI CONTACT LENS YANG BAIK DAN AMAN

Tampil Dengan Mata Yang Jernih dan Indah adalah idaman banyak orang, Seiring pekembangan jaman, kini anda bisa tampil lebih menawan dengan mata yang jernih dan indah dengan bantuan lensa kontak ( contact lens ) sebagai pengganti kaca, namun karena penampilan contact lens yang dapat membuat seseorang memiliki mata yang jernih dan indah, maka banyak orang - orang yang bermata normal pun mencoba menggunakan contact lens untuk merubah penampilannya agar lebih menarik, sehingga contact lens kini bukan saja sebagai pengganti kaca mata tetapi juga sebagai mode. Dengan mempergunakan contact lens maka seseorang yang harus menggunakan kaca mata dalam kehidupan sehari - harinya, kini mereka bisa dengan leluasa beraktifitas tanpa harus khawatir lupa membawa kaca mata dan tentunya penampilannya tetap menarik. Sebenarnya tidak ada masalah jika ada orang yang berpenglihatan masih normal lalu mereka menggunakan Lensa Kontak untuk membantu memperindah matanya agar tampak lebih jernih dan lebih menawan, asalkan mereka disiplin memperhatikan bagaimana cara menggunakan Contact Lens yang benar dan aman untuk kesehatan matanya. Selanjutnya kita akan bahas bagaimana caranya Menggunakan Contact Lens Yang baik, benar dan aman. Sebelum membahas terlalu jauh ada baiknya anda simak dulu salah satu video tutorial tentang bagaimana cara memakai, melepaskan dan membersihkan Lensa Kontak yang benar dan aman di bawah ini, selamat menyimak !







Lensa Kontak yang aman adalah lensa kontak yang berkwalitas dan telah teruji secara klinis, jangan sembarangan membeli contact Lens dan tergiur dengan harga murah namun dapat menimbulkan kerusakan mata pemanen, sekalipun berkwalitas namun untuk perawatan dan cara pemakaiannya serta perawatannya juga harus baik dan benar. Berikut beberapa contoh contact lens yang banyak di jual di pasaran indonesia, untuk menambah wawasan anda seputar lensa kontak anda bisa lihat dengan Cara :




Beberapa contoh lensa kontak baik yang untuk jangka panjang mau pun yang sekali pakai dan sudah banyak di jual di pasaran beserta kelengkapannya bisa juga anda simak selengkapnya dengan cara :



Banyak orang yang masih sering salah dalam mengnakan lensa kontak, Bahkan kebiasaan yang sering dilakukan sangat berbahaya bagi kesehatan mata mereka.

Apa saja kesalahan menggunakan lensa kontak sehingga berbahaya bagi mata ?

Berikut penjelasannya :

Kenapa Tidak Boleh Tidur menggunakan lensa kontak / Contact Lens

Betapa pun lelahnya Anda setelah seharian beraktivitas, jangan pernah lupa (atau malas) untuk melepas lensa kontak sebelum tidur. Pada saat tidur, bakteri pada lensa kontak dapat tumbuh subur di bawah kelopak mata yang hangat dan lembab. Hal ini berpotensi menyebabkan iritasi kornea dimana pada jangka waktu panjang bisa membuat mata terasa sangat sakit hingga mengalami kebutaan. 

Kenapa Tidak Boleh Membersihkan Lensa Sembarangan ( tidak dengan pembersih khusus )

Selalu gunakan larutan pembersih khusus lensa kontak (solution) yang berfungsi tidak hanya meluruhkan deposit dan membunuh mikrobakteria, tetapi juga dapat memberikan kelembaban yang lebih lama saat lensa kontak dipakai. Jangan pernah membersihkan lensa kontak dengan air keran karena mengandung kuman berbahaya bagi kesehatan mata. Anda dapat juga membawa solution dalam kemasan kecil yang praktis seperti Aquasoft Unidose agar tak perlu repot saat harus membersihkan lensa kontak dimanapun juga.

Kenapa Tidak Boleh Menggunakan lensa kontak melebihi masa pakai yang disarankan

Jika Anda membeli lensa kontak dengan masa pakai 1 bulan, maka setelah lewat dari 1 bulan sejak masa pemakaian, ada baiknya untuk mengganti dengan yang baru. Sebaik apapun Anda menjaga kebersihannya, lensa kontak yang sudah melebihi masa pakai yang disarankan beresiko mengakibatkan infeksi mata yang memicu kebutaan. Ciri lensa kontak yang sudah expired adalah mata terasa perih, gatal, atau mengganjal saat dipakai. 

Kenapa Tidak Boleh Menggunakan lensa kontak milik orang lain

Sekalipun Anda memiliki ukuran minus atau silinder yang sama dengan orang lain, bukan berarti Anda dapat saling bertukar lensa kontak. Resiko yang akan timbul adalah penularan virus, infeksi kornea, serta mata merah. 

Jangan Membeli lensa kontak dengan harga murah yang tidak terjamin kualitasnya

Belilah lensa kontak yang telah teruji secara klinis serta memiliki kualitas baik. Jangan mudah tergiur dengan penawaran lensa kontak (khususnya yang berwarna) dengan harga murah namun dapat menimbulkan kerusakan mata pemanen. Ada baiknya untuk mengkonsultasikan terlebih dahulu jenis lensa kontak yang cocok lewat optisien dan dokter mata Anda.


Meski memiliki banyak keunggulan, dari sisi perawatan, lensa kontak membutuhkan lebih banyak perhatian dibandingkan kacamata, agar tetap higienis dan tidak menimbulkan masalah kesehatan seperti infeksi mata.

Sebenarnya mengenakan lensa kontak dapat meningkatkan risiko infeksi kornea. Hal ini terjadi karena lensa kontak mengurangi jumlah oksigen untuk kornea. Meski tidak dapat sepenuhnya dihindari. Anda bisa mencegah terjadinya infeksi mata dengan cara-cara berikut.

  • Selalu cuci bersih dan keringkan tangan sebelum memasang atau melepas lensa kontak Anda.
  • Lepaskan lensa kontak sebelum mandi atau berenang. Usahakan agar lensa kontak Anda tidak terkena air.
  • Usahakan untuk selalu melepas lensa kontak sebelum tidur. Bahkan jika Anda menggunakan lensa yang bisa dipakai selama beberapa waktu tertentu dan memang didesain untuk bisa digunakan sambil tidur, sangat tidak disarankan untuk mengenakan lensa kontak secara terus-menerus. Saat kita menutup mata dengan adanya lensa kontak yang tetap berada di dalam mata, jumlah oksigen ke mata menjadi makin tipis. Hal ini menyebabkan permukaan mata menjadi rentan terkena infeksi. Selain itu, kuman yang ada di lensa akan menempel ke kornea selama kita tidur.
  • Gunakan cairan pembersih khusus yang disarankan dokter atau apotek untuk membersihkan dan merendam lensa kontak Anda. Jangan gunakan air atau cairan lainnya, karena air laut, air kolam, bahkan air sulingan sekali pun, bisa mengandung organisme acanthamoeba yang dapat menyebabkan mata mengalami infeksi.
  • Selalu buang cairan pembersih yang sudah dipakai. Jangan menggunakan kembali cairan yang sudah dipakai.
  • Gosok lembut lensa kontak Anda saat membersihkan menggunakan cairan pembersih. Hati-hati agar Anda tidak merobeknya.
  • Perhatikan tanggal kedaluarsa lensa kontak Anda dan segera buang lensa kontak yang telah kedaluarsa.
  • Bersihkan tiap hari dan ganti kotak penyimpanan lensa kontak sebulan sekali agar tetap terjamin kebersihannya.
Jika Anda mengenakan lensa kontak sekali pakai, Anda tidak perlu membersihkannya karena lensa ini tidak didesain untuk digunakan ulang. Jangan pernah menggunakan lensa kontak sekali pakai lebih dari sehari karena kemampuan untuk mematikan kuman penyebab infeksi yang dimiliki lensa kontak sekali pakai akan hilang dalam sekali pemakaian.

Penyakit yang Berisiko Timbul Akibat Contact Lens Anda Kotor

Jika digunakan secara benar, lensa kontak sebenarnya sangat aman. Tapi kemungkinan untuk terkena infeksi mata akibat lensa kontak sebaiknya selalu diwaspadai. Kuman ada di mana-mana, di tangan, kelopak mata, dan saat mikroorganisme seperti bakteri atau jamur menempel di lensa kontak Anda, mata pun berisiko terkena infeksi.Zat disinfektan yang terkandung di dalam cairan pembersih lensa kontak tidak selalu 100 persen efektif dalam membasmi jamur dan bakteri. Selain infeksi akibat jamur dan bakteri, menggunakan lensa kontak juga berisiko memicu iritasi pada mata, ulkus kornea, konjungtivitis, dan abrasi kornea.
Jika mata Anda terasa mengalami iritasi, terus-menerus mengeluarkan kotoran, bengkak, sakit dan perih, merah, penglihatan terganggu, atau sensitif terhadap cahaya, maka segera berkonsultasi dengan dokter mata.


Jika anda baru pertama kali ingin mencoba menggunakan lensa kontak, tentu anda tidak boleh sembarangan begitu saja menggunakannya. Anda perlu memahami bagaimana cara memakai lensa mata untuk pemula. Cara pakai contact lens pertama kali ini sangat perlu diperhatikan, karena dalam hal ini kita berbicara tentang mata dan kesehatan mata kita sangat sensitif. Anda tentunya tidak ingin akibat memakai lensa mata justru malah membuat mata anda menjadi sakit bahkan menjadi Buta, Oleh sebab itu berkonsultasilah kepada dokter spesialis mata terlebih dahulu sebelum anda mencoba menggunakan Lensa Kontak untuk pertama kalinya.

--> SELANJUTNYA


Perhatian: Informasi dalam artikel ini bukanlah resep atau nasihat medis.
Jika Anda perlu bantuan atau hendak berobat berkonsultasilah dengan tenaga kesehatan profesional.