Bagaimana Cara Hidup Sehat Sampai Tua, Bebas penyakit, dan mengetahui pertolongan pertama ketika anda sakit - Simak Di Sini. ! Karena Hidup Akan Lebih Terasa Indah Jika Anda Sehat

HIDUP SEHAT DENGAN GADGET

Pertolongan Pertama saat pergelangan kaki Terkilir - Keseleo - Kepitek

ngobatin kaki terkilir / keseleo

MENCARI TAHU CARA MENGATASI PERGELANGAN KAKI TERKILIR / KESELEO / KEPITEK

Saat berolah raga kita bisa keseleo atau terkilir, mungkin pada saat berlari atau melompat, di saat itulah pergelangan kaki kita rentan mengalami hal tersebut, jangankan saat berolahraga, bahkan saat jalan - jalan santaipun mungkin saja anda bisa terpeleset dan akhirnya terkilir, bahkan di kantor - kantor bisanya sering kita jumpai para wanita yang memakai sepatu hak tinggi yang kebetulan sedang terburu - buru dan akhirnya terkilir karena tidak seimbang jalannya, nah lalu bagaimana pertolongan yang tepat pada saat anda atau teman anda atau bahkan anak - anak anda yang mengalami musibah terkilir baik di rumah, di jalan, di lapangan, di sekolah atau bahkan di kantor. Mungkin saja orang tua kita pernah berpesan, jika kita terkilir harus segera di urut ke tukang urut, apakah benar demikian ? mari kita jawab pertanyaan ini secara ilmiah.


Coba anda perhatikan penjelasan berikut ini, 
pada dasarnya pergelangan kaki yang terkilir atau keseleo itu terjadi ketika ligamen atau biasa di sebut jaringan ikat keras yang menghubungkan tulang-tulang kaki kita mengalami cidera, dimana posisi kaki yang berubah atau memutar secara tiba-tiba membuat ligamen meregang terlalu jauh atau bahkan sobek.


Struktur otot kaki manusia


Begitu pula jika kita menapakkan kaki dengan sudut yang salah atau menggunakan terlalu banyak tenaga, ligamen dapat tersentak, di saat inilah akan terasa sakit sekali pada pergelangan kaki kita yang terkilir, dan jika kita berusaha memijat atau mengurut pergelangan kaki yang keseleo tersebut, justru dikhawatirkan akan dapat meningkatkan perdarahan pada ligamen yang meregang dan sobek, akibatnya akan terjadi pembengkakan yang lebih parah, menghambat proses penyembuhan, dan menyebabkan kerusakan ligamen lebih lanjut. Lalu bagaimana cara memberikan Pertolongan Pertama saat pergelangan kaki Terkilir atau Keseleo secepatnya yang aman dan nyaman bagi penderita, kita akan uraikan langkah - langkahnya di bawah ini.


Sebelum kita memahami proses Pertolongan Pertama saat pergelangan kaki Terkilir / Keseleo, ada baiknya kita simak sejenak salah satu video tutorial yang akan memberikan penjelasan kepada kita tentang bagaimana langkah - langkah awal melakukan Pertolongan Pertama saat pergelangan kaki Terkilir / Keseleo, selamat menyimak.







Setelah kita menyimak video tutorial di atas, tentunya kita bertannya di mana kita bisa membeli kain pembalutnya / perban elastis atau neoprene (karet sintetis) dan juga kantong es untuk kompresnya?  kedua benda ini sebaiknya kita selalu sediakan dalam kotak P3K kita di rumah, agar ketika terjadi terkilir atau keseleo dapat segera di tangani, karena jika lebih cepat di tangani maka kemungkin cidera akan lebih cepat sembuh, mengenai spesifikasi dan harganya untuk lebih lengkap kita bisa lihat dengan Cara :

Beberapa contoh kantong Kompres ES dan perban elastis atau neoprene (karet sintetis) yang untuk jangka panjang mau pun yang sekali pakai dan sudah banyak di jual di pasaran bisa juga anda simak selengkapnya dan cari dengan Cara :


Sampai di sini kita bisa menyimpulkan bahwa jika kita atau orang - orang di sekitar kita mengalami keseleo atau terkilir maka langkah pertolongan pertama yang bisa kita lakukan adalah Istirahatkan pergelangan kaki kita agar lebih rileks, dan kemudian kompres pergelangan kaki kita dengan es untuk mencegah pembengkakan dan mengurangi rasa nyeri, kemudian Balutlah sendi pergelangan kaki kita dengan kain pembalut khusus, Jika Keseokan harinya masih belum sembuh segeralah periksakan pergelangan kaki kita ke dokter dan untuk kasus keseloe parah yang di sertai luka sebaiknya jangan di biarkan terlalu lama, segeralah di bawa ke dokter.

Kenapa Bisa Keseleo atau Terkilir, biasa orang suka menyebutnya " Keplitek " yang artinya Posisi kaki yang berubah atau memutar secara tiba-tiba.

Kriteria musibah keseleo atau terkilirnya Pergelangan kaki dibagi menjadi tiga tingkatan, yaitu ringan, sedang, dan parah, Jika keseleo pergelangan kaki ringan dan sedang jika di tangani dengan benar sejak awal kejadian maka dapat sembuh dengan sendirinya. dan ntuk mempercepat proses penyembuhannya kita dapat melakukan berapa hal berikut ini :
  • Segera Lindungi pergelangan kaki yang terkilir agar cederanya tidak berkelanjutan, misalnya membalut kaki dengan perban.
  • Istirahatkan sendi pergelangan kaki selama 2-3 hari Tapi bukan berarti kita tidak boleh beraktivitas sama sekali, tetap disarankan untuk tidak berlari atau melompat hingga kita bisa dan berjalan tanpa kaki terasa sakit, selain itu, jangan paksa pergelangan kaki untuk terus bergerak dan jangan berjalan kaki terlalu jauh atau lama.
  • Kompres pergelangan kaki yang keseleo dengan air es. Tujuannya, membatasi pembengkakan agar tidak meluas sekaligus meredakan. Selain itu, es juga membantu mengurangi rasa sakit. Kompres dingin daerah yang cedera sesegera mungkin selama 15 sampai 20 menit, 4-8 kali sehari. Hal ini dilakukan untuk 48 jam pertama atau sampai bengkak mengempis. Jika Anda menggunakan es batu, jangan ditempelkan langsung ke kulit. Selain itu, jangan terlalu lama menempelkan es di kulit karena dapat menyebabkan kerusakan jaringan syaraf di sekitarnya.
  • Balut pergelangan kaki yang keseleo dengan perban elastis atau neoprene (karet sintetis) selama setidaknya 48 jam (bisa kurang atau lebih). Gunanya untuk membatasi pembengkakan dan membantu sendi beristirahat. Jangan memperban pergelangan kaki terlalu kencang atau erat karena bisa membatasi aliran darah ke kaki. Jika jari-jari kaki berubah warna, kesemutan, atau terasa mati rasa, segera buka perban.
  • Angkat pergelangan kaki yang keseleo hingga setinggi jantung selama 2-3 jam sehari jika memungkinkan. Tujuannya untuk membantu membatasi dan mengurangi pembengkakan serta memar. Caranya, berbaringlah di sofa atau tempat tidur dan letakkan kaki di atas tumpukan beberapa bantal. Bila tidak memungkinkan, kaki bisa diangkat setinggi pinggul saat duduk di kursi dan perlu diingat agar tidak menggunakan perban ketika kaki dinaikkan, Karena perban bisa membatasi aliran darah ke kaki.
  • Jika kita ke dokter biasanya akan di beri obat penghilang rasa sakit dan antiperadangan seperti ibuprofen, naproxen, acetaminophen, atau aspirin.
  • Dalam 72 jam setelah keseleo, dianjurkan untuk tidak mandi air panas, bersauna, mengonsumsi minuman beralkohol, berlari, atau memijat pergelangan kaki yang keseleo, sebab jika hal-hal tersebut dapat meningkatkan perdarahan dan pembengkakan, menghambat proses penyembuhan, dan menyebabkan kerusakan lebih lanjut.

--> SELANJUTNYA