Bagaimana Cara Hidup Sehat Sampai Tua, Bebas penyakit, dan mengetahui pertolongan pertama ketika anda sakit - Simak Di Sini. ! Karena Hidup Akan Lebih Terasa Indah Jika Anda Sehat

HIDUP SEHAT DENGAN GADGET

Aneka Makanan Sehat Yang Cocok Untuk Pertumbuhan Anak

Makanan apa yang bagus untuk pertumbuhan anak

MENCARI TAHU APA SAJA MAKANAN SEHAT YANG COCOK DAN BAGUS UNTUK PERTUMBUHAN ANAK

Pertumbuhan anak - anak anda merupakan tanggung jawab anda sebagai orang tua, anak - anak yang tumbuh dengan sehat di tentukan oleh cara anda merawat mereka, dengan kasih sayang yang cukup dan juga asupan Nutrisi serta Gizi yang seimbang, Pada usia 2 -12 Tahun anak - anak kita akan bertumbuh dengan cepat, sehingga anda harus serius memperhatikan kebutuhan gizi dan nutrisi mereka, jangan karena alasan anak - anak anda sulit makan dan suka memilih makanan sehingga anda mengabaikan tugas anda sebagai orang tua untuk membentuk masa depan anak - anak anda yang sehat dan bahagia, Dalam masa tumbuh kembang, anak – anak membutuhkan Protein, kalsium, zat besi, dan vitamin yang seimbang untuk mereka pertumbuhan dan perkembangan mereka, mulai dari perkembangan otak hingga pertumbuhan tulang dan gigi. Semuanya harus anda perhatikan dengan seksama sejak dini demi masa depan mereka. Tentunya anda mengharapkan generasi penerus anda akan lebih berkwalitas di banding generasi anda. baik dari sisi postur tubuh hingga kecerdasan keturunan anda kelak, semuanya berawal dari kwalitas makanan yang mereka santap bertahun - tahun selama masa pertumbuhan mereka, oleh sebab itu, tidak rugi rasanya jika anda mulai meluangkan waktu sejenak untuk membaca artikel ini hingga tuntas, sehingga akan membangun wawasan anda tentang betapa pentingnya asupan nutrisi dan gizi seimbang untuk pertumbuhan anak - anak anda saat ini melalui Aneka Makanan Sehat Yang Cocok Untuk mereka. Berikut akan kami uraikan satu persatu, makanan apa saja yang bagus untuk disantap mereka selama masa pertumbuhannya, lengkap berikut penjelasannya.


Pola makan sehat harus selalu anda perhatikan walaupun anda sibuk, di jaman moderen ini banyak yang tidak punya waktu banyak untuk memperhatikan makanan putra - putrinya, sehingga banyak yang memberikan makanan - makanan sehat organik dan suplemen nutrisi serta gizi seimbang, contohnya bisa anda Lihat dengan cara : 

Walaupun terkadang sebagai orang tua mereka, anda dibuat bingung oleh kebiasaan anak yang suka memilih-milih makanan sehingga kebutuhan gizinya tidak benar-benar tercukupi. Maka dari itu Anda harus lebih cerdas lagi dalam menyajikan makanan. Daya inovasi dan kretif kita sangatlah dibutuhkan untuk menyiasati kebiasaan anak yang suka pilih - pilih makanan.


Berikut ini Contoh Berbagai Jenis Makanan Sehat Untuk Menunjang Tumbuh Kembang Anak Anda - Intinya adalah  4 Sehat 5 Sempurna Plus - Plus  - Plusnya apa ? Simak penjelasannya !


Daging

Jenis makanan lain dengan kandungan nutrisi yang berperan penting dalam tumbuh kembang anak yaitu daging tanpa lemak. Suguhkan aneka daging yang tidak mengandung banyak lemak pada daftar menu makanan anak untuk melengkapi kebutuhan nutrisinya. Daging yang mengandung hanya sedikit lemak adalah salah satu sumber makanan yang mengandung zat besi dan protein yang sangat tinggi. Kedua nutrisi tersebut dibutuhkan oleh anak dalam melengkapi kebutuhan gizinya selama masa pertumbuhan.


Susu

Anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan membutuhkan asupan kalsium yang lebih banyak. Hal ini karena kalsium dibutuhkan untuk pembentukan tulang dan gigi. Kalsium berperan penting dalam membentuk tulang yang kuat. Susu juga sebagai sumber protein dan lemak yang berguna untuk melengkapi kebutuhan nutrisi anak. Disarankan untuk memberikan susu pada anak secara rutin pada masa pertumbuhannya.

Telur

Makanan yang satu ini sangat mudah untuk diperoleh dan diolah. Telur adalah salah satu sumber makanan dengan kandungan vitamin, protein, zat besi dan mineral yang sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang anak. Sumber protein hewani ini berpeeran penting dalam mengoptimalkan perkembangan anak.

Sayuran

Tingginya kandungan serat, vitamin dan mineral menjadikan sayur sebagai salah satu sumber makanan terbaik untuk menunjang tumbuh kembang anak. Untuk menunjang perkembangan anak sebaiknya Anda memberikan beragam jenis sayuran. Untuk menyiasati anak yang tidak menyukai sayur sebaiknya Anda menyajikan sayur dengan lebih variatif. Dengan begitu anak-anak akan lebih tertarik untuk mengkonsumsi makanan sehat tersebut.

Kacang-kacangan

Terkadang orangtua merasa khawatir terjadinya alergi ketika harus memberikan makanan yang satu ini pada anak. Namun, perlu Anda ketahui kalau kacang adalah salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan antioksidan dan vitamin E. Kedua nutrisi tersebut sangat berguna untuk menunjang tumbuh kembang anak.

Buah-buahan

Sumber makanan yang satu ini sangat mudah untuk diberikan pada anak. Anda tidak perlu mengolahnya terlebih dahulu. Buah-buahan mengandung banyak vitamin, salah satunya yaitu vitamin C. Seperti yang telah dikenal bahwa vitamin C berperan penting sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Nah, maka dari itu berikan buah pada anak sebagai sumber makanan untuk melangkapi kebutuhan nutrisinya selama masa pertumbuhan.






Kesimpulan Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Plus - Plus nya adalah sbb :


1. Buah Berrie Buah Stroberi dan blueberry kaya akan vitamin C, antioksidan, dan beberapa fitokimia penting. Zat-zat ini bermanfaat akan melindungi sel-sel sehat dari kerusakan, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kelompok buah ini bisa digunakan sebagai topping untuk es krim, yoghurt, pancake, dan sereal. Tambahkan blueberry pada adonan pancake untuk membuat blueberry pancake.

2. Telur Telur sangat tinggi protein dan vitamin, dan telur adalah salah satu makanan sumber kolin paling banyak, yaitu nutrisi penting yang membantu perkembangan otak. Telur bisa direbus, goreng , orak-arik, atau untuk membuat omelet. Juga bisa ditambahkan kedalam sup, bubur, saus, nasi dan mie, atau dibuat makanan penutup seperti puding.

3. Susu sapi murni Susu sapi adalah sumber kalsium dan fosfor yang baik, yaitu jenis mineral yang penting untuk membangun tulang dan otot usia anak-anak. Berikan susu dengan lemak(jangan susu skim atau rendah lemak), jika anak Anda belum berusia dua tahun, kecuali anak kelebihan berat badan. Susu untuk sarapan yang cepat dan mudah, sajikan dengan sereal atau cookies, atau mencampur dengan buah-buahan.

4. Selai kacang Kacang banyak mengandung lemak tak jenuh tunggal, juga menyediakan energi dan protein untuk anak-anak. Namun, beberapa produk selai mungkin mengandung garam, gula, minyak sawit, dan lemak terhidrogenasi, yang mengurangi kualitas gizi.

5. Gandum,  pada gandum terdapat kandungan serat yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit . biasakan anak anda mengkonsumsi sereal gandum atau biskuit gandum sabagai camilan mereka. jika perlu campurkan dengan biji-bijian lain seperti beras merah, nasi putih, atau roti putih supaya lebih enak rasanya.

6. Daging Daging kaya akan protein dan zat besi. Zat Besi berperan mengoptimalkan perkembangan dan fungsi otak, serta dapat menjaga sistem kekebalan tubuh anak. Pilihlah potongan daging yang lunak, dicincang atau dipotong kecil-kecil. Campur daging sapi cincang, ayam atau ikan dengan tahu, telur, remah roti, atau kentang tumbuk.

7. Ikan Ikan juga kaya akan protein, dan membantu untuk membangun otot dan tulang yang sehat. Ikan berminyak seperti salmon, tuna, dan sarden, juga mengandung asam lemak omega 3 dalam jumlah tinggi, yang berguna untuk mendukung perkembangan mata, otak dan saraf. Campurkan daging ikan dengan nasi, tahu, atau kentang .

8. Keju Keju sangat banyak menyediakan protein, kalsium, fosfor dan vitamin D , sehingga keju sangat bagus untuk pertumbuhan tulang yang sehat. Anak-anak mungkin lebih menyukai keju dengan rasa yang ringan seperti keju mozzarella. Keju bisa diberikan kepada anak bersama roti keju pada roti atau pizza, atau diparut dan ditaburkan atas pasta, nasi goreng atau mie.

9. Sayur Brokoli, sayuran ini tentu saja banyak mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk mengoptimalkan perkembangan mata dan mencegah kerusakan sel. Sayuran ini juga terdapat banyak serat yang bermanfaat meningkatkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit. Bahkan brokoli menempati urutan pertama sebagai sayuran yang paling bergizi sedunia Potong brokoli kecil-kecil. Sajikan dengan dips (dressing salad, saus keju, saus tomat atau saus wijen, atau taburi dengan keju parut di atasnya. Anda juga bisa menggunakan brokoli atau sayuran sebagai topping untuk pizza atau untuk mengisi omelet.

10. buah-buahan dan sayuran yang berwarna cerah Buah-buahan dan sayuran berwarna cerah termasuk wortel, labu, ubi jalar, tomat dan buah pepaya, yang tinggi beta karoten dan karotenoid lain yang akan diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Vitamin A sangat penting untuk kulit dan penglihatan yang baik, pertumbuhan anak, dan perbaikan jaringan tubuh. Buah sayuran bisa diberikan kepada anak untuk nasi, nasi tim, salad, dan lain-lain, sesuai kreasi Anda



Selain itu anda juga harus mengetahui makan - makanan yang bisa meningkatkan kecerdasan Otak anak - anak anda, sehingga keturunan anda akan lebih cerdas di bandingkan generasi anda dan sebelumnya.


Makanan yang bermanfaat untuk perkembangan dan kecerdasan otak anak


1. Ikan salmon

Ikan merupakan sumber terbaik untuk kandungan asam lemak omega 3, yang sangat baik untuk perkembangan oak anak. Para pakar kesehatan dan gizi sangat menyarankan untuk mengkonsumsi ikan salmon yang banyak mengandung asam lemak Omega 3 yang tinggi, pada hasil Penelitian yang dilakukan oleh para ahli, bahwa dengan mengkonsumsi salmon dapat membuat memori pkiran menjadi lebih kuat dan tajam.



2. Sayuran berwarna

Berbagai macam saturan berwarna seperti wortel, kangkung, tomat, labu, bayam dan yang sebagainya merupakan makanan yang kaya akan antidioksidan.

Makanan tersebut dapat menjaga kesehatan dan kekuatan otak. Pada umumnya, semakin warna sayuran cerah dan segar, maka semakin banyak kandungan antidioksidannya. Selain itu masih banyak manfaat kandungan yang dimiliki oleh sayuran.

Penjelasan dari beberapa jenis sayuran yang manfaatnya untuk meningkatkan kemampuan dan kecerdaasan daya pikir, terutamanya lagi bagi anak-anak, yaitu:.

  1. Bayam. Kandungan penting yang ada di dalam sayuran berdaun hijau ini seperti folat, vitamin E dan vitamin K. Manfaatnya untuk mencegh resiko demensia, mencegah (menurunakn resiko) berkurangnya fungsi otak karena masalah usia, melindungi otak dari stress okdidatif, kandungan flavonoid di dalam bayam berkhasiat untuk mengurangi risiko penyakit Alzheimer
  2. Ubi Jalar. Ubi jalar kaya akan karbohidrat, vitamin B6, dan antioksidan yang manfaatnya untuk membantu tubuh dalam membersihkan darah dan meningkatkan kemampuan otak.
  3. Wortel. Wortel sumber vitamin B, vitamin C, dan beta karoten, yang khasiatnya membantu tubuh untuk meningkatkan memori dan fungsi otak serta memperlambat tanda-tanda penuaan.
  4. Tomat. Tomat mengandung licopene yang khasiatnya mencegah kerusakan radikal bebas pada sel-sel tubuh, mencegah penyakit demensia dan penyakit Alzheimer.
  5. Brokoli. Brokoli kaya vitamin K yang manfaatnya untuk meningkatkan fungsi kognitif dan meningkatkan kemampuan otak, dan memperlambat efek penuaan.
  6. Kubis Merah. Kubis merah (kol merah) kaya akan kandungan antioksidan, yang sering disebut polifenol, manfaatnya untuk menurunkan resiko kerusakan sel, serta mencegah dan mengobati Alzheimer.
  7. Bawang Putih. Bawang putih mengandung antioksidan yang manfaatnya untuk melindungi bagian sel otak dari kerusakan, juga bermanfaat melancarkan sirkulasi darah, menurunkan kolesterol dan memaksimalkan sistem pertahanan kardiovaskular.

3. Susu dan yogurt

Susu sangat kaya akan manfaat, di dalam susu terdapat sumber protein, kalsium, vitamin D, vitamin B dan kalium, dimana nutrisi tersebut akan sangat bermanfaat untuk proses  perkembangan jaringan otak, enzim, serta neurotransmiter. Susu sangat baik dikonsumsi, baik itu untuk anak-anak hingga orang dewasa.

Kandungan protein dan vitamin B penting dalam pertumbuhan jaringan otak dan enzim dalam tubuh. Mengonsumsi susu atau yogurt membuat perut bertahan dari lapar, hal itu karena kandungan protein dan karbohidratnya. Adapun vitamin D juga penting untuk otot dan saraf sistem dan sel-sel tubuh manusia secara keseluruhan.

Kandungan di dalam susu juga dinyatakan bermanfaat untuk memori otak, setelah sebuah studi menemukan bahwa orang-orang yang secara teratur minum susu, atau produk susu lainnya seperti yoghurt, keju dan es krim, ternyata mendapatkan hasil lebih baik dari tes kunci yang dilakukan guna mengetahui kekuatan dan kecerdasan otak mereka


4. Buah berry

Buah - buahan keluarga Berry, contohnya BlueBerry, Ceri, Stawberry, dan Blackberry. Buah keluarga berry ini sangatlah baik sebagai nutrisi tambahan untuk perkembangan otak anak, dan juga meningkatkan daya ingatnya.

Jus yang berasal dari buah ataupun sayuran kaya akan kandungan vitamin dan mineral, mampu untuk meningkatkan fungsi kinerja otak dan memori. Seperti yang manfaatnya besar dan rasanya nikmat yaitu membuat jus blueberry (buah berry).

Buah berry kaya akan kandungan antioksidan yang mampu untuk memerangi radikal bebas penyebab terjadinya kerusakan sel dalam tubuh dan otak. Buah berry sangat populer dengan kandungan antioksidan dan anti-inflamasi di dalamnya, yang berperan sebagai polifenol, atau lebih khususnya anthocyanin.

Buah blueberry dapat meningkatkan fungsi BDNF (Brain Derived Neurotrophic Factor), merupakan sinyal kunci yang merangsang produksi sel otak baru, yang juga menghasilkan efek anti penuaan pada kulit.


5. Telur

Telur merupakan makanan yang secara umum mudah ditemukan dan juga murah harganya, tetapi memiliki manfaat kandungan yang sangat tinggi. Kuning telur memiliki kandungan kolin, yang sangat berguna dalam membantu perkembangan otak, terutama untuk anak-anak dan remaja. Daging Ayam dan telur dapat meningkatkan memori Anda.


6.  Selai kacang

Kacang - kacangan dan umunya pada selai kacang terdapat kandungan sumber vitamin E cukup banyak yang tentunya merupakan antioksidan berguna untuk melindungi sel sarafnya. Termasuk kandungan thiamin dan juga vitamin E yang akan membantu otak serta sistem saraf dalam proses pengelolaan glukosa serta prose membentuk energi yang dibutuhkan oleh tubuh.


7.  Biji-bijian gandum


Selama ini Anda tahu bahwa gandum ini memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Ada banyak sekali kandungan nutrisi dari gandum. Berdasarkan penelitian, gandum memiliki kandungan kalsium, folic acid, vitamin B6, vitamin A, vitamin E, zat besi, mineral, serat, saponin, fitosterol, squalen, dan orisanol serta tokotrienol yang dapat menurunkan kandungan kolestrol di dalam darah.

Otak membutuhkan suplai glukosa dari tubuh, dimana itu bersifat harus terus menerus, sehingga makanan seperti gandum bisa kita andalkan untuk mendukung kebutuhan tubuh.  Di dalamnya memiliki kandungan serat yang dihasilkan dari biji-biji nya. Serat yang terdapat pada biji-bijiannya tersebut bermanfaat dalam mengatur pelepasan glukosa di dalam tubuh.

Selain itu, kandungan vitamin B yang terdapat di dalam gandum berfungsi untuk menjaga sistem saraf agar tetap tetap berfungsi sehat.


8.  Oat / Oatmeal

Oatmeal menjadi sereal yang banyak dikonsumsi orang-orang, terutama anak-anak banyak yang menyukainya. Oatmeal kaya akan nutrisi penting bagi otak, yang menyediakan energi untuk otak sehngga oatmeal sangat tepat jika dikonsumsi sebagai sarapan.

Kandungan serat di dalam oatmeal mampu menjaga kesehatan dan kecerdasan otak anak. kandungan vitamin E, vitamin B, seng dan kalium di dalam oatmeal membantu agar fungsi otak menjadi mampu maksimal dalam bekerja.


9.  Kacang-kacangan

Kacang punya kandungan energi yang berasal dari protein dan karbohidrat kompleks. Selain itu, kacang-kacangan mengandung serat, vitamin dan juga mineral, yang sangat baik untuk otak anak, sehingga mampu meningkatkan kemampuan berpikirnya. Menurut hasil penelitian, menemukan bahwa kacang merah mengandung lebih banyak asam lemak omega-3 dibandingkan jenis kacang lainnya, asan lemak omega-3 yang penting bagi pertumbuhan dan fungsi otak anak.


10. Cokelat

Setiap anak pastinya menyukai aroma dan rasa cokelat, namun perlu anda diketahui bahwa cokelat di sini adalah cokelat asli yang terbuat dari 60% kakao atau cokelat hitam loh ! ini agak berbeda dengan sebutan cokelat pada umumnya, karena cokelat hitam ini memiliki rasa yang sedikit lebih pahit, namun manfaatnya mampu meningkatkan kecerdasan otak anak yang mengkonsumsinya.


11. Kunyit

Kunyit sering disebut dengan substansi yang disebut dengan curcumin, yang manafatnya untuk pertumbuhan otak. Curcumin dari kunyit bermanfaat dalam melawan peradangan dan pembentukan plak blok Alzheimer.

Kunyit yang dicampur madu, dapat menjadi suplemen tradisional yang cukup ampuh bagi ksehatan otak anak, dimana resep tradisional ini seringkali digunakan oleh orang-orang tua dulu untuk menjaga kesehatan anak secara umum.


12. Daging segar

Daging segar memiliki manfaat penting untuk membantu pertumbuhan otak dan memori anak, selain itu memiliki manfaat besar dalam membangun kekuatan tulang Anak. Akan tetapi, perlu diketahui dan selalu diingat, bawha daging yang dikonsumsi haruslah segar, bebas dari zat-zat pengawet, dan juga jangan berlebihan dalam mengkonsumsi daging sapi dan kambing.


Demikian Makanan - makanan yang dapat memberikan manfaat untuk peningkatan kecerdasan otak anak - anak anda selama masa pertumbuhannya, walaupun otak hanya dua persen dari berat tubuh seseorang, akan tetapi otak menggunakan sekitar 20 persen dari asupan energi tubuh. Oleh sebab itu perhatikanlah asupan nutrisi dan gizi anak - anak anda mulai hari ini.

--> SELANJUTNYA


Perhatian: Informasi dalam artikel ini bukanlah resep atau nasihat medis.
Jika Anda perlu bantuan atau hendak berobat berkonsultasilah dengan tenaga kesehatan profesional.