Bagaimana Cara Hidup Sehat Sampai Tua, Bebas penyakit, dan mengetahui pertolongan pertama ketika anda sakit - Simak Di Sini. ! Karena Hidup Akan Lebih Terasa Indah Jika Anda Sehat

HIDUP SEHAT DENGAN GADGET

Alasan Mengapa Minum Obat Tidak Boleh Bersamaan dengan Minum Susu

Kenapa Habis Obat Gak Boleh Minum Susu

MENCARI TAHU APAKAH BENAR MINUM OBAT TIDAK BOLEH BERSAMAAN DENGAN MINUM SUSU

Sejak Jaman dahulu kala bahkan sejak jaman penjajahan pun kita sering mendengar nasehat dari para sesepuh kita bahwa mengkonsumsi obat - obatan maka tidak boleh bersamaan dengan minum susu, harus berselang beberapa waktu minimal 2 atau 3 jam, apakah ini sebuah fakta yang bisa di pertanggungjawabkan alasannya ? atau apakah ini hanya sebuah mitos ? mari kita ungkap bersama kebenaranya. Secara Teori Obat - obatan yang anda konsumsi secara oral ( masuk via mulut ) akan menjadi lebih efektif bagi kesembuhan seseorang jika dikonsumsi dan dapat diserap dengan baik oleh tubuh. obat tersebut harus dapat diserap oleh saluran pencernaan hingga bisa masuk ke dalam aliran darah kemudian zat dan efek obatnya dapat terkirim dengan baik ke daerah yang sakit.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwa
susu itu mengandung kalsium, dan kalsium itu merupakan salah satu zat yang terkandung dalam semua jenis susu baik itu alami maupun semua produk olahan susu dalam kemasan, Zat kalsium inilah yang berperan dalam proses pertumbuhan tulang dan gigi,  namun zat kalsium inilah yang dapat menghambat proses penyerapan obat yang anda minum.

Contoh Aneka makanan olahan atau produk turunan dari susu bisa di lihat dengan cara :

Oleh Sebab itu selalu disarankan mengonsumsi obat dengan menggunakan air putih yang sudah terbukti tidak memiliki kandungan apapun, sehingga tidak mempengaruhi penyerapan obat. Selain itu air putih dapat membantu melarutkan obat yang dikonsumsi di dalam lambung sehingga proses penyerapannya menjadi lebih baik dan lebih mudah.

Mengapa Tidak Boleh Minum Obat Dengan Susu ?

Bukan karena susu itu lebih mahal dari pada air putih loh ! alasannya ketika anda mengkonsumsi obat, tubuh anda membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melarutkan obat tersebut di dalam tubuh, kemudian menyebarkan melalui aliran darah agar efek nya bisa menyembuhkan bagian yang sakit. Jika obat yang anda minum bertemu kalsium dari susu membuat proses penyerapan obat akan terganggu sehingga kehilangan efektifitasnya.

Analoginya begini kata orang jaman dulu sih obat kimia itu ibaratnya adalah racun dan susu merupakan penetralisir racun ? - Secara ilmiah hal ini sudah di buktikan ! Ketika anda minum obat dengan susu maka efek obat tersebut akan hilang karena sudah dinetralisir oleh susu, oleh sebab itulah untuk menghilangkan efek negatif susu yang menghambat proses penyerapan obat.


Lalu Berbahayakah Minum obat bercampur dengan susu ? 
Jawabannya adalah tidak berbahaya, hanya saja anda akan rugi karena obat yang anda minum efeknya akan musnah dan tidak bisa di serap oleh tubuh, yang lebih berbahaya itu adalah jika anda minum obat bersamaan dengan kopi atau minuman bersoda, umumnya kopi dan minuman bersoda mengandung berbagai senyawa seperti kafein dan gas yang kemungkinan bisa bereaksi dengan obat yang anda dikonsumsi sehingga mempengaruhi penyerapannya dan menjadi racun di dalam tubuh anda.


--> SELANJUTNYA


Perhatian: Informasi dalam artikel ini bukanlah resep atau nasihat medis.
Jika Anda perlu bantuan atau hendak berobat berkonsultasilah dengan tenaga kesehatan profesional.