Bagaimana Cara Hidup Sehat Sampai Tua, Bebas penyakit, dan mengetahui pertolongan pertama ketika anda sakit - Simak Di Sini. ! Karena Hidup Akan Lebih Terasa Indah Jika Anda Sehat

HIDUP SEHAT DENGAN GADGET

Cara Mengetahui Bagaimana Gejala Awal Deman Berdarah

Tanda - tanda awal gejala Demam berdarah Dengue

MENCARI TAHU BAGAIMANA CARA MENGENALI GEJALA AWAL DAN CIRI - CIRI DEMAM BERDARAH DENGUE

Berbicara tentang penyakit DBD atau Deman Berdarah Dengue, seringkali banyak yang belum paham seperti apa gejala awal jika seseorang itu terkena virus yang ditularkan oleh Nyamuk Aedes Aegypti serta nyamuk Aedes albopictus, nyamauk - nyamuk jahat ini hidupnya di wilayah tropis dan subtropis ! salah satunya adalah di negara Indonesia, banyak yang menyangka bahwa ketika seseorang mengalami demam berkepanjangan yang mengarah kepada penyakit Deman Berdarah hanyalah di tandai oleh munculnya bintik - bintik merah pada Tubuh si penderita. Ternyata tidak hanya itu tanda - tandanya, seringkali bintik - bintik merah baru muncul di mana kondisi si penderita penyakit DBD sudah terlanjur parah, jika demikian terlambatlah sudah, pastinya kita harus lebih banyak memahami gejala awal lainnya jika seseorang terserang penyakit DBD, ada banyak ciri - ciri yang mengarah kesana !di jaman dahulu penyakit DBD ini awalnya di sebut break-bone” yang penderitanya mengalami nyeri sendi dan otot di mana tulang terasa retak, Biasanya selain munculnya bercak merah di permukaan kulit, gejala awal penyakit Demam berdarah Dengue  atau biasa di sebut DBD ringan akan menyebabkan demam tinggi dan nyeri otot serta sendi. Jika Demam berdarah itu sudah parah atau di sebut dengue hemorrhagic fever maka akan menyebabkan perdarahan serius dan penurunan tekanan darah yang tiba-tiba atau shock yang menyebabkan kematian ! Oleh sebab itu waspadalah, jangan sampai Terlambat memberikan pertolongan medis pada Penderita DBD, karena nyawa menjadi taruhannya.


Sebelum kita membahas, Bagaimana Gejala Awal Deman Berdarah dan langkah - langkah apa yang harus kita lakukan jika terlanjur digigit oleh nyamuk - nyamuk
Aedes Aegypti si pembawa virus Dengue itu ? Maka upaya pencegahan perlu dilalukan lebih awal sebelum nyamuk - nyamuk itu datang dan bersarang di sekitar rumah anda, berikut ada berbagaimacam peralatan moderen yang mampu mencegah nyamuk - nyamuk itu masuk kerumah anda, dan bahkan ada yang bisa menghancurkan habitatnya serta membunuh nyamuk - nyamuk pembawa virus Dengue beserta keturunannya sampai ke sarang - sarangnya, untuk lebih jelasnya bisa :



Ada Jutaan penderita yang sempat terinfeksi Penyakit DBD setiap tahunnya di seluruh dunia dan dapat terjadi pada manuasia diusia berapapun, umumnya penyakit Demam Berdarah Dengue  ini paling sering terjadi selama musim hujan dan setelah musim hujan terutama di negara – negara tropis dan subtropis seperti Afrika, India Asia Tenggara Termasuk Indonesia  dan China bahkan sampai ke Timur Tengah
Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan, kalau di eropa sih nyamuk – nyamuk nakal ini belum sampai kesana terbangnya. Mengapa Nyamuk
Aedes Aegypti si pembawa virus Dengue ini setiap tahun selalu saja hadir di sekitar kita, walaupun berbagai upaya untuk mengusir dan memusnahkannya sudah rutin di lakukan, agar lebih efektif dalam hal mencegah datangnya nyamuk - nyamuk tersebut, silahkan kalian simak terlebih dahulu video berikut ini mengenai Siklus Kehidupan Nyamuk  Aedes Aegypti si pembawa virus Dengue, selamat menyimak !





Setelah memahami Bagaimana Gejala Awal Deman Berdarah, dan apa saja upaya Pencegahannya, semua itu memang harus di lakukan sebelum anda terkena giliran di gigit nyamuk Aedes Aegypti si pembawa virus Dengue !

Gimana sih  Tanda dan gejala Awal DBD / Bemam Berdarah Dengue ?

Sebenarnya ada tiga jenis demam berdarah dengue, dimana Jenis DBD itu ketiganya memiliki gejala yang berbeda, silahkan anda perhatikan di bawah ini :

Seperti Apa Gejala Demam Berdarah Klasik

Gejala awal dari dari demam berdarah klasik biasanya ditandai dengan demam yang berkepanjangan lebih dari  4  hari bahkan hingga 7 hari setelah kita digigit oleh nyamuk Aedes Aegypti yang terinfeksi virus Dengue, Gejalanya adalah Demam  yang sangat tinggi, bahkan hingga 40 derajat C, merasakan Sakit kepala yang cukup hebat, Terasa Nyeri pada retro-orbital atau bagian belakang mata, merasakan Nyeri otot dan sendi parah, mengalami  Rasa Mual sampai muntah, dan terkahir baru muncul bercak – bercak merah atau Ruam, biasanya Ruam ini akan muncul di seluruh tubuh mulai 3 sampai 4 hari setelah demam dan kemudian baru berkurang setelah 1 hingga 2 hari, dan mungkin juga akan mengalami ruam kedua beberapa hari kemudian. Jadi kalau nunggu munculnya ruam, biasanya infeksi DBD sudah cukup lama, dan sudah agak terlambat di beri pertolongan medis.





Seperti Apa Gejala Deman Berdarah Dengue Hemorrhagic Fever

Gejala dari dengue hemorrhagic fever ini meliputi semua gejala dari demam berdarah klasik dan di sertai Kerusakan pada pembuluh darah serta getah bening, terjadi Perdarahan dari hidung, gusi, atau di bawah kulit, menyebabkan memar berwarna keunguan Penyakit DBD ini dapat menyebabkan kematian, maka sebelum parah harus segera mendapat pertolongan medis


Apa Itu Gejala Deman Berdarah Dengue Shock Syndrome

Gejala dari Demam Berdara Dengue Shock Syndrome adalah merupakan jenis penyakit  DBD yang paling parah, meliputi semua gejala demam berdarah klasik dan dengue hemorrhagic fever, sampai terjadinya Kebocoran di luar pembuluh darar yang mengakibatkan Perdarahan parah serta Shock dengan tekanan darah sangat rendah yang menyebabkan nyawa penderita terancam kematian, Jenis penyakit DBD ini biasanya sering terjadi pada anak-anak  serta beberapa orang dewasa yang pernah mengalami infeksi dengue untuk kedua kalinya. Jenis penyakit ini sering kali fatal dan kematian terutama jika terjadi pada anak-anak.


Cukup Menyeramkan ! Harus Lebih Waspada Terhadap Gejala Penyakit DBD atau Inveksi yang di sebabkan Nyamuk  Aedes Aegypti si pembawa virus Dengue ini ! Jika sudah mengetahui ada tanda – tanda atau gejala DBD tersebut di atas, maka segeralah konsultasikan kesehatan kondisi anda atau keluarga anda dengan dokter ! 

Untuk Lebih jelas lagi, mari kita cari tahu apa sih penyebab utama penyakit Demam berdarah DBD, seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya bahwa penyakit DBD itu memang disebabkan oleh virus yang disebarkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti atau Aedes albopictus dan jika kita mau pahami lebih dalam lagi, tenyata ada  4  jenis virus dengue yang di bawa oelh si nyamuk nakal itu , yaitu virus DEN-1, DEN-2, DEN-3 dan DEN-4. Nyamuk yang berasal dari famili tertentu yaitu Aedes aegypti atau Aedes albopictus yang dapat membawa virus tersebut untuk menginfeksi darah manusia dengan gigitannya dan mentransfer darah yang terinfeksi tersebut ke orang lain. Ketika kita pulih dari penyakit demam berdarah, maka imunitas kita akan segera kembali terbentuk namun hanya sampai batas tertentu saja. Itu artinya anda dapat terinfeksi lagi sewaktu – waktu.

Apa Nama Obat Untuk Mengobati Penyakit DBD / Demam Berdarah Dengue ?

Sejauh ini belum ada spesifikasi Khusus Obat tertentu yang khusus untuk mengobati penyakit DBD, yang paling Penting biasanya dokter / paramedis akan segera menangani gejala-gejala DBD yang terdeteksi untuk menghindari terjadinya komplikasi yang lebih parah pada penderita DBD. Beberapa jenis Tes laboratorium memang dapat mendeteksi bukti adanya inveksi virus dengue di dalam tubuh manusai, namun hasil tes tersebut biasanya keluar agak lama, oleh sebab itu dari gejala - gejala awal tersebut maka dokter akan segera mengambil keputusan dan langkah - langkah pengobatan.

Apakah Bisa Memulihkan Kesehatan Penderita DBD dengan Jus Jambu Biji dan Sup Ayam Angkak

Salah satu dampak dari inveksi Virus Dengue yang menyebabkan penyakit DBD yaitu Menurunnya jumlah atau kadar trombosit dalam darah, yang penurunannya sangat drastis, hingga di bawah angka 100.000/mm3, dimana Normalnya jumlah keping darah / trombosit itu berkisar antara 150.000 sampai 450.000/mm3.  sehingga di butuhkan asupan nutrisi dan gizi yang terkandung di dalam makanan / minuman yang bisa segera mendongkrak naiknya jumlah trombosit pada tubuh penderita DBD di masa - masa pemulihannya.




Salah Satu Makanan / Minuman yang mampu membantu mempercepat pemulihan kesehata pasien penderita demam berdarah adalah mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral. Salah satunya adalah Jus Buah Jambu Biji Merah, dimana manfaatnya adalah sbb :

Jambu Biji Mampu Mempercepat pembentukan trombosit / sel darah baru

Pada umumnya memanglah Buah jambu biji merah ini memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi, apalagi Vitamin C dalam tubuh kita berfungsi untuk memicu pembentukan platelet atau trombosit / sel darah baru, biasanya pasien demam berdarah itu sebaiknya makan makanan atau minuman yang mudah dicerna maka jambu biji harus di buat menjadi jus yang lembut selain itu Kandungan air pada jus jambu  biji merah juga sangat baik untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

Jambu Biji Membantu Proses Penghentian Pertumbuhan Virus di Dalam Tubuh

Jambu biji juga kaya akan zat Quercetin, yaitu senyawa kimia alami yang bisa ditemukan dalam berbagai jenis buah dan sayur. Quercetin bermanfaat untuk proses penyembuhan dan antiperadangan, antihistamin, dan antioksidan yang manjur dan terbukti bisa mencegah pembentukan enzim mRNA. Karena Enzim  mRNA  ini yang membuat virus dengue semakin kuat dan menyebar dalam tubuh pasien DBD, sehingga dengan mengkonsumsi Jus Jambu biji dapat Membantu Proses Penghentian Pertumbuhan Virus di Dalam Tubuh.

Jambu Biji Merupakan Sumber kalsium dan mineral

Jambu Biji, Selain mengandung berbagai jenis vitamin dan nutrisi penting, tenyata juga mengandung berbagai jenis mineral serta kalsium, yang berguna untuk meningkatkan jumlah keping darah di dalam tubuh manusia, pada proses pembentukan sel darah baru sangat membutuhkan kalsium dan mineral lain seperti magnesium, zat besi, dan fosfor..

Apakah Boleh Minum Air Rebusan Angkak Saat Terkena DBD ?

Sebenarnya tidak masalah minum angkak pada saat terkena demam berdarah dengue (DBD), tapi hendaknya berkonsultasilah dulu ke dokter, karena tidak adanya takaran dosis dari pemakaian angkak itu sendiri dan bagaimana dampaknya terhadap komplikasi yang sedang terjadi di dalam tubuh penderita DBD tersebut, apalagi beberapa penelitian menunjukkan angkak memiliki efek untuk menurunkan kadar kolesterol total yakni kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida, apalagi tidak semua orang bisa mengonsumsi air rebusan angkak. Untuk beberapa orang yang sedang mengonsumsi obat aspirin, ginko-biloba, obat anti agregasi trombosit atau cenderung mengalami pendarahan / bleeding justru tidak boleh sama sekali mengonsumsi angkak, Karena hal ini justru akan bisa memicu terjadinya perdarahan yang lebih parah. Sebaiknya Berkonsultasilah Terlebih Dahulu Dengan Dokter Anda !

Lain hal Jika ketika sudah memasuki Proses Pemulihan Kesehatan pada Penderita DBD atau setelah di perbolehkan pulang dari rumah sakit, tentu saja tubuhnya memerlukan banyak sekali asupan makanan dan minuman yang mengandung vitamin dan nutrisi, salah satunya bisa mengkonsumsi Sup Ayam Angkak yang di dalamnya banyak mengandung vitamin dan  nutrisi yang di perlukan oleh tubuh. Apa saja Vitamin dan Nutrisi yang di perlukan untuk memulihkan kesehatan setelah terkena DBD ?


--> NEXT

Perhatian: Informasi dalam artikel ini bukanlah resep atau nasihat medis.
Jika Anda perlu bantuan atau hendak berobat berkonsultasilah dengan tenaga kesehatan profesional.