Bagaimana Cara Hidup Sehat Sampai Tua, Bebas penyakit, dan mengetahui pertolongan pertama ketika anda sakit - Simak Di Sini. ! Karena Hidup Akan Lebih Terasa Indah Jika Anda Sehat

HIDUP SEHAT DENGAN GADGET

Pertolongan Pertama Saat Asam Lambung Naik Ke dada dan Kerongkongan

Pertolongan ketika Asam Lambung Naik

MENCARI TAHU APA YANG HARUS DI LAKUKAN KETIKA ASAM LAMBUNG KITA NAIK SAMPAI KE DADA DAN TENGGOROKAN !

Jika Produksi asam lambung berlebihan dan mencapai PH 3,5 maka asam lambung tersebut akan naik hingga ke dada dan kerongkongan, hal ini bisa berakibat buruk terhadap kesehatan anda, naiknya asam lambung di sebabkan gejala maag dimana lambung anda mengalami luka atau peradangan karena pola makan yang tidak teratur. di satu sisi asam lambung sangat di butuhkan oleh tubuh untuk membantu mencerna makanan di dalam lambung anda. Penyebab naiknya asam lambung perlu  anda ketahui dan anda waspadai agar tidak terjadi secara kronis. Faktanya, semua orang kemungkinan besar pernah mengalami masalah naiknya asam lambung, tetapi tingkat asam lambung yang menyebabkan kondisi sakit pada lambung dan tengorokan serta rasa kurang nyaman bisa berada pada tahap yang berbeda. kebanyakan orang selalu menganggap remeh naiknya asam lambung ke kerongkongan, sebab jika asam lambung ini naik ke tenggorokan atau kerongkongan hal ini akan mengakibatkan kerusakan saluran tenggorokan anda yang pada kenyataannya akan mengakibatkan kanker. Sungguh mengerikan jika tidak segera di obati.


Informasi tentang Obat - Obatan Alami Yang mampu Mencegah dan Meringankan Asam Lambung Yang Naik,  anda Biasa di dapatkan secara online dan  Berikut dapat anda Lihat lebih lengkap informasinya, silahkan klik dengan Cara :


Sebelum kita Membahas masalah ini, silahkan di simak video penjelasan dari salah satu dokter gimana caranya mengatasinya jika asam lambung naik - selamat menyimak !



Beberapa Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Penderita Asam Lambung

Jangan sampai kita melakukan hal - hal sepele yang malah sebaliknya dapat mengakibatkan asam lambung naik, salah satunya adalah seperti ketika anda salah mengonsumsi makanan atau minuman, masalah naiknya asam lambung ini cukup serius dan mudah terjadi kapan saja serta tidak memandang usia, bahkan jika kita telat makan pun dapat menjadi masalah besar bagi penderita asam lambung yang mengakibatkan asam lambung naik ke dada dan tenggorokan.

Jika asam lambung tiba - tiba naik, maka hal ini tentu saja mengganggu rutinitas keseharian anda, bahkan tidak jarang yang mengatakan bahwa asam lambung adalah penyakit yang membuat pengidapnya menjadi sangat menderita, karena itulah berikutnya  akan kami informasikan juga mengenai beberapa aktivitas yang tentunya tidaklah boleh dilakukan oleh penderita asam lambung, silahkan anda simak baik - baik ulasannya di bawah ini :

Beberapa Hal Ini Tidak Boleh Dilakukan Oleh Penderita Asam Lambung

  1. Ketika Anda menderita asam lambung yang lumayan parah, sebaiknya menghindari untuk mengonsumsi makanan dalam porsi besar, Karena penyakit Asam lambung ini merupakan gangguan kesehatan yang menyebabkan masalah pada pencernaan. Sebaiknya Anda makan dengan porsi kecil saja, namun tambahkanlah jam makanan Anda, misalnya jika Anda makan 3 kali sehari namun dengan porsi besar, untuk sekarang cobalah untuk makan 5-6 kali sehari namun dengan porsi kecil. Hal tersebut mampu mengurangi Rasa kembung setelah anda makan.
  2. Bagi Penderita asam lambung tidak boleh melewatkan makan wajib setiap harinya, Perlu Anda ketahui bahwa perut akan terus memproduksi asam lambung walaupun tidak ada makanan sama sekali yang masuk, maka ketika perut anda dalam keadaan kosong, maka cairan asam dalam perut akan mengikis dinding usus halus anda sampai mengakibatkan tukak biasa di sebut luka lambung. Cobalah anda atur waktunya setiap jam makan Anda, Pastikan anda selalu meluangkan waktu untuk mengisi perut demi menjaga keehatan Anda.
  3. Berhentilah makan makanan yang dapat memicu asam lambung naik. Contohnya menghindari makanan-makanan rasa terlalu pedas, asam, berbagai gorengan dan makanan dengan kandungan yang berlemak, jika anda ikuti hal ini maka dapat mengurangi risiko iritasi pada dinding perut anda.
  4. Jika Anda adalah peminum kopi, maka sebaiknya kurangi kebiasaan tersebut Karena kandungan cafein pada secangkir kopi saja dapat memicu asam lambung anda kumat, selain kopi masih ada minuman-minuman lain yang bisa bikin asam lambung anda kumat seperti, minuman bersoda, beralkohol atau minuman bersifat asam tinggi.
  5. Anda Haru Berhenti merokok, Karena di iklannya saja merokok itu dapat membuat bagian organ dalam tubuh menjadi rusak, bahkan dapat diperparah lagi jika efek rokok sudah menyebar kedalam aliran darah. Jika terjadi demikian, maka penderita Asam lambung atau gastritis akan sulit untuk memperoleh kesembuhan serta berpotensi untuk mengidap kanker perut.
  6. Belajar Mengelola stres anda, bagi anda yang menderita asam lambung sebaiknya harus mampu menjaga tingkat stress anda setiap harinya. Karena stres juga bisa membuat asam lambung naik ke paru - paru dan tenggorokan sehingga menyebabkan anda sesak nafas, sakit di ulu hati, mual dan muntah. Pada dasarnya memang Stres itu sulit untuk di hindari, apalagi jika anda seorang pekerja keras yang super sibuk,  tapi gak ada salahnya anda mencoba untuk latihan mengendalikan stress anda dan terus menenangkan diri.
  7. Jangan Lupa Sebelum makan Biasakan menyuci tangan terlebih dahulu, karena bagi Penderita asam lambung harus benar-benar bisa menjaga kebersihan dan merawat dirinya dengan baik. Mulai dari makanan, minuman, sampai tangan yang anda gunakan untuk makanan pun harus steril dan diperhatikan dengan baik. Biasakan Cuci tangan sampai bersih sebelum makan, hal tersebut dapat mengurangi risiko terinfeksi H.pylori pada lambung anda.
  8. Memasak makanan sampai matang dengan sempurna itu sangat penting bagi penderita asam lambung, kalian dilarang untuk mengonsumsi makanan mentah atau setengah matang. Hal ini adalah salah satu cara untuk mengurangi risiko perut anda terinfeksi bakteri.
  9. Kemudian cobalah mengurangi konsumsi obat-obatan berbahan dasar kimia, kurangi mengonsumsi obat-obatan tanpa resep dokter, konsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi obat - obatan kimia dan sebaiknya anda pilih obat yang terbuat dari bahan herbal. Karena bahan herbal merupakan alternatif yang baik untuk meminimalisir terjadinya efek samping pada tubuh. Bahan herbal merupakan obat yang mampu meregulasi sel dalam tubuh menjadi sembuh dengan alami.

Bagaimana Gejalanya Jika Asam Lambung Naik?

Ketika anda sudah mengetahui penyebab penyakit asam lambung, maka akan ada juga gejala yang akan anda rasakan jika asam lambung sedang kambuh atau sedang terjadi kenaikan, gejala - gejalanya pada umumnya adalah sbb :
  • Merasakan Bagian Ulu Hati Terasa Panas Terbakar
Ketika asam lambung sedang naik atau asam lambung kambuh, maka hal pertama yang akan di rasakan adalah bagian tubuh ulu hati akan merasakan panas. Panas itu yang akan di rasakan ketika sedang menderita penyakit asam lambung, rasanya akan seperti terbakar, Bahkan pada umumnya sebagian orang yang tidak tahan akan rasa sakit yang di rasakan itu.
  • Anda Akan Terasa Susah Menelan - Terasa Ada Yang Mengganjal di Tenggorokan Anda
Saat penyakit asam lambung sedang naik juga akan merakan kesulitan untuk menelan sesuatu, sama hal nya jika sedang menderita penyakit radang tenggorokan. Susah menelan makanan atau minuman yang terjadi juga akan menyiksa sehingga akan sangat mengganggu.
  • Sering Mengalami Batuk kering
Batuk kering yang terjadi secara tiba tiba, rasa batuk yang terjadi di akibatkan karena kesulitan untuk menelan sehingga tenggorokan akan kering hingga menyebabkan batuk kering yang cukup sulit untuk di berhentikan.
  • Terasa Sakit di dada
Selain bagian ulu hati yang merasakan panas sehingga seperti terbakar, bagian dada juga akan terasa sakit hingga menyakitkan nya seperti hal nya sama seperti penderita penyakit jantung. sakit dada yang di rasakan tidak akan berlangsung lama, karena jika asam lambung sudah mereda akan sebuah kembali atau kembali normal.
  • Tercium Bau mulut
Bau yang tidak sedap yang di tercium ketika bernafas, adalah salah satu gejala dari asam lambung yang naik. Karena asam dapat menjadi penyebab bau mulut, hingga bau mulut akan di miliki pada penderita asam lambung.

Apa Saja yang harus Kita ketahui tentang masalah asam lambung.

Apa Fungsi Asam Lambung Di Dalam Tubuh Manusia

Banyak Yang salah paham, Ternyata Asam lambung itu bukan sebuah penyakit atau nama penyakit. Asam lambung itu berada dalam tubuh kita untuk mengerjakan fungsinya dalam organ yang berfungsi untuk membantu pencernaan dan sistem tubuh kita. jika tidak ada asam lambung di dalam tubuh kita maka sistem metabolisme dalam tubuh tidak akan berjalan dengan baik ! Oleh sebab itu, perlu anda pahami bahwa berikut ini ada beberapa fungsi asam lambung yang sangat penting untuk tubuh kita, yaitu :
A. Asam lambung memiliki fungsi yang sangat penting untuk sistem pencernaan manusia. asam lambung membantu tubuh dalam mengolah protein.

B. Asam lambung berperan untuk membuat produksi enzim khusus yang bekerja untuk melawan semua kuman dan bakteri yang masuk ke sistem pencernaan dari makanan dan minuman.

C. Asam lambung juga berperan untuk membantu tubuh manusia untuk melakukan penyerapan terhadap vitamin B12. Vitamin B12 diperlukan oleh tubuh untuk membantu sistem produksi darah merah dan menjaga sistem otak dan syaraf.

Tahukah Anda Bahwa Penyakit asam lambung yang naik ke kerongkongan Itu disebut GERD ( gastroesophageal reflux disease ).

Penjelasannya : Gejala GERD ciri-cirinya adalah rasa panas di dada, rasa tidak nyaman saat menelan, dan rasa sakit saat menelan. Gejala tambahannya meliputi serangan asam yang frekuen, batuk lama rekfakter dengan pengobatan, suara serak, mual dan muntah, nyeri dada nonkardiak, dan sendawa.
Sebagai pencegahan, kita perlu mmengetahui cara mengatur pola makan yang teratur, dan kebiasaan yang lainnya seperti meninggikan kepala kurang lebih 15 cm saat tidur, menghindari makanan berlemak, asam, kopi, cokelat, mint, produk makanan dari tomat, dan minuman berkarbonasi, obat-obatan tertentu seperti golongan anticholinergenik, theophyllin. ada juga kebiasaan yang harus ditinggalkan, Misalnya makan sambil tiduran atau tiduran kurang dari 2-3 jam sesudah makan, makan terlalu banyak sekaligus, merokok, menurunkan berat badan secara drastis bagi yang obesitas. Banyak orang yang terpaksa memilki gaya hidup tidak sehat. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya penyakit asam lambung.  Karena kemacetan, mereka baru bisa sampai rumah malam hari. Akibatnya, makan malam baru dilakukan pukul 20.00 malam dan tidur kurang lebih pukul 23.00 malam. Disarankan agar makan malam dilakukan sebelum pulang kerumah sekitar pukul 18.00. Dengan demikian demikian, ketika sampai rumah langsung tidur. Karena kalau tidak demikian atau sehabis makan langsung tidur, tubuh akan memproduksi asam lambung secara besar dan akan membahayakan kesehatan tubuh

Gimana Masalah Asam Lambung ?

penyebab asam lambung Bagian terbanyak dari asam lambung terdiri dari asam klorida. Zat ini bisa memberikan akibat yang baik dan juga buruk pada sistem tubuh manusia. Jika asam lambung terlalu tinggi atau terlalu rendah maka bisa menyebabkan kondisi atau penyakit khusus.

Ketidak seimbangan asam lambung dalam tubuh akan menyebabkan rasa tidak nyaman. Hal inilah yang sering disebut dengan penyakit asam lambung. Berikut ini adalah berbagai hal yang menyebabkan masalah asam lambung.

Bagimana Gejala Gangguan Asam Lambung ?

Orang yang mengalami masalah asam lambung mungkin akan merasa kurang nyaman terutama pada bagian lambung. Beberapa orang merasa nyeri, perih dan sakit pada bagian lambung. Namun semua jenis keluhan ini biasanya diawal dengan gejala khusus. Berikut ini beberapa gejala asam lambung yang sering terjadi.

    Rasa tidak nyaman pada bagian perut seperti nyeri, kembung dan panas.
    Sering mengeluarkan gas lewat sendawa.
    Gangguan pencernaan seperti diare, sembelit, mual dan muntah.
    Nafsu makan yang turun karena perut selalu merasa kenyang.
    Perut terasa lapar tapi tidak nyaman bila makan.
    Tubuh terasa lemah dan mudah terserang penyakit.

Apa Saja Penyebab Gangguan Asam Lambung ?

Asam lambung memiliki fungsi yang sangat penting untuk manusia. Beberapa orang bisa menghadapi kondisi asam lambung yang tidak seimbang. Hal ini akan menyebabkan tubuh menjadi tidak nyaman terutama sakit perut yang terjadi dalam waktu lama. Berikut ini adalah penyebab gangguan asam lambung.

Orang yang mengalami kekurangan vitamin dan mineral rentan terhadap gangguan asam lambung. Vitamin dan mineral penting untuk menjaga keseimbangan asam lambung sehingga tubuh menjadi nyaman.

Orang yang sedang diet ketat rentan untuk mengalami gangguan asam lambung. Diet yang tidak memperhatikan keseimbangan nutrisi untuk tubuh akan membuat produksi asam lambung terganggu. Orang yang sedang diet umumnya memiliki asam lambung yang terlalu tinggi.

Konsumsi makanan yang terlalu pedas bisa memicu naiknya asam lambung dan menyebabkan nyeri pada lambung. Makanan pedas akan meningkatkan asam lambung namun jumlah tersebut tidak memiliki manfaat yang baik karena akan membuat penderita merasa sakit perut dan gangguan pencernaan lain.

Kurangnya penyerapan nutrisi pada lambung. Hal ini disebabkan karena asupan yang kurang mengandung hipoklorida sehingga lambung tidak bisa memproduksi asam lambung.

Gangguan emosi seperti stres. Stres menjadi salah satu penyebab naiknya produksi asam lambung yang sering menjadi penyakit maag atau gangguan lambung.

Kebiasaan mengkonsumsi alkohol yang berlebihan. Alkohol memiliki efek yang sangat buruk untuk lambung karena bisa menghentikan sistem kerja sel dalam lambung yang menghasilkan asam lambung.

Infeksi bakteri (helicobacter pylori) yang menyebabkan tubuh tidak dapat menghasilkan asam lambung. Bakteri ini bisa masuk ke tubuh manusia dari makanan atau minuman yang kurang bersih.

Orang lanjut usia lebih rentan terhadap gangguan asam lambung karena sistem tubuh mereka tidak bisa memproduksi asam lambung yang seimbang, karena itu mereka lebih rentan kembung atau diare.

Konsumsi makanan yang mengandung serat berlebihan. Serat dapat menyebabkan organ pencernaan membutuhkan waktu khusus untuk mencerna makanan dan hal ini akan membuat produksi asam lambung terus meningkat.
   
Kanker yang menyerang pada lambung. Jenis kanker yang menyerang lambung juga dapat menyebabkan produksi asam lambung yang berlebihan.
   
Waktu makan yang tidak teratur. Orang yang makan secara tidak teratur dapat menyebabkan gangguan sistem pada pencernaan. Hal ini dapat terjadi karena jarak waktu kerja sistem pencernaan yang terlalu jauh sehingga menyebabkan kenaikan asam lambung.
Orang yang istirahat secara tidak teratur atau sering kurang tidur memiliki potensi yang bersat untuk memproduksi asam lambung yang berlebihan.Konsumsi kafein yang berlebihan. Kafein yang berasal dari kopi bisa meningkatkan asam lambung karena memicu produksi asam lambung yang berlebihan (baca : Bahaya kopi & Bahaya Kafein.

Bagimana Kita Dapat Mencegah dan Mengatasi Masalah Gangguan Asam Lambung ?

Asam lambung yang terlalu tinggi atau terlalu rendah memang tidak baik untuk tubuh. jika tubuh Anda kekurangan asam lambung maka bisa membuat tubuh mudah terserang penyakit dari bakteri yang masuk ke tubuh lewat makanan atau minuman. Jika asam lambung berlebihan maka bisa menyebabkan nyeri berlebihan pada perut. Berikut ini adalah beberapa langkah untuk mengatasi menjaga asam lambung agar seimbang.
 
  • Hindari konsumsi makanan yang terlalu pedas dan asam.
  • Konsumsi makanan yang seimbang dengan asupan vitamin, mineral dan protein. 
  • Hindari makanan yang mengandung lemak berlebih seperti lemak pada daging 
  • Konsumsi ikan yang penuh dengan nutrisi yang baik untuk pencernaan seperti salmon, dll
  • Konsumsi buah dan sayuran yang banyak mengandung serat seperti alpukat, stroberi, nanas  
  • Hindari melakukan diet ketat yang tidak seimbang nutrisi tubuh. Diet yang baik harus tetap    memperhatikan keseimbangan kebutuhan nutrisi untuk tubuh.
  • Atur waktu istirahat secara teratur sehingga tubuh tetap sehat dan produksi asam lambung juga bisa stabil.
  • Lakukan olahraga secara teratur. Anda bisa melakukan olahraga ringan selama 10 menit setiap hari dan konsumsi air putih minimal 10 gelas per hari.
  • Atur porsi makan agar organ pencernaan tetap sehat, seperti makan sedikit dengan porsi yang kecil namun sering.
  • Hindari minuman atau makanan yang terlalu dingin untuk menjaga sistem pencernaan agar tetap stabil.
  • Hindari makan berlebihan saat malam hari. Makan malam berlebihan pada malam hari memiliki dampak yang sangat buruk pada kesehatan. bahkan organ pencernaan bisa mengalami dampak langsung dengan produksi asam lambung yang berlebihan.
  • Asam lambung banyak dipengaruhi oleh jenis makanan yang masuk ke tubuh, perhatikan asupan makanan secara teratur, dan jaga waktu makan Anda.

Apa Tandanya tanda asam lambung naik ?


Memang tidak semua orang terkena penyakit ini, tapi pada penyakit asam lambung paling sering kali terjadi dan merupakan penyakit langganan. Asam lambung naik adalah di mana kadar asam di lambung mengalami kenaikan dari biasanya yang tadinya Cuma 1,5 ph menjadi 3,5 ph. Pada orang yang mempunyai asam lambung ini memiliki fungsi yaitu dapat membunuh kuman atau bakteri yang ada di lambung, menormalkan kandungan gula dan membentuk protein enzim pencernaan di lambung. Penyakit ini memiliki penyebab, gejala, pengobatan dan pencegahannya. Di mulai dari penyebab asam lambung seperti mengkonsumsi makanan yang pedas, mempunyai badan yang gemuk, mengemil sebelum tidur dengan jangka waktu yang dekat, hamil, perokok aktif, kopi, minuman alkohol dan melakukan pembaringan atau terlentang setelah mengkonsumsi makanan berat dan besar.

pada pengobatan asam lambung dapat meminum air ramuan yang terbuat dari jahe. asam lambung yang terjadi bukan menimpa pada usia yang sudah dewasa tapi wanita yang mengandung dan anak anak bis mengalaminya. Apakah kalian tahu, jika penyakit asam lambung ini telat dalam pengobatan? dan jawabannya adalah penyakit tersebut akan makin kronis dan bisa mengakibatkan kanker pencernaan dan kanker lambung yang sebelumnya di tandai dengan adanya luka atau infeksi & pembengkakan di dinding lambung. Pencegahan yang dapat di lakukan adalah menghindari yang di jadikan penyebabnya dan pola makan yang di perhatikan serta diatur dengan sebaik mungkin.

Begini Tanda tanda asam lambung Naik !

Penyakit yang menyerang pada tubuh seperti asam lambung dapat memberikan tanda sebagai berikut. Dan tanda tanda asam lambung naik adalah :
  • Nyeri perut
Ke nyerian perut ini bisa di alami oleh siapa saja dari mulai anak anak hingga dewasa. dan biasanya orang yang mengalaminya susah sekali dalam melakukan sesuatu hal apapun, baik berjalan atau pun untUk berdiri saja terasa sakit. oleh karenanya, jangan pernah membiarkan penyakit ini terlalu lama, karena bisa berefek buruk bagi kesehatan. dan juga tidak boleh menganggap penyakit ini sebagai penyakit yang gampangan yang nantinya akan membuat kondisi semakin buruk. Perut yang nyeri bisa merupakan bagian dari tanda tanda asam lambung naik. penyakit asam lambung ini sangat beresiko tinggi. jadi berhati hati lah terhadapnya.
  • Mual
Kemualan yang di alami pada seseorang pasti memiliki penyebabnya. dan penyebab mual bisa karena kehamilan, telat makan dan terserang penyakit. Mual di mana isi perut akan di muntahkan, tapi tidak bisa dan mengkonsumsi makanan dan minuman apapun tidak dapat masuk dan perut terasa eneg. Cara mengobati penyakit ini bisa dengan menggunakan air putih hangat. mudah sekali untuk di temukan tanpa membutuhkan waktu dan bahan yang ribet. Mual adalah bagian dari tanda tanda asam lambung naik atau tinggi. jangan pernah menganggap penyakit ini sebagai penyakit yang kecil, karena mual ini ada sebagian orang yang mengalaminya dalam waktu yang lama.
  • Perut kembung
Perut kembung itu seperti perut buncit yang membesar. Kekembungan biasanya akan mengeluarkan dahaga atau sendawa secara terus menerus. Dalam pengobatan perut kembung itu bisa dengan menggunakan bahan bahan alami. penyebabnya karena air putih yang terlalu banyak di minum. siapa pun bisa mengalaminya. tanda tanda asam lambung naik adalah perut kembung. Bukan hanya ini saja yang akan terjadi, tapi masih ada beberapa lagi yang nantinya akan kami jelaskan pada penjabaran berikutnya.
  • Muntah
Siapa pun pasti merasakan muntah, dimana seisi perut akan di keluarkan. Banyak penyebab yang bisa menyebabkan kemuntahan terjadi. jika sudah muntah pasti tubuh mengalami rasa lemas yang di haruskan untuk beristirahat. Tanda tanda asam lambung naik adalah dengan terjadinya kemuntahan.
  • Berdahak
Berdahak atau sendawa adalah kegiatan seseorang yang di alami, jika kita masuk angin atau kenyang dalam mengkonsumsi makanan. Tapi jika berdahak terjadi secara terus terussan merupakan tanda tanda asam lambung naik.
  • Susah menelan
Ketika kita mengunyah makanan dan jika ingin menelan terasa susah, itu di sebabkan oleh beberapa hal. Adanya penyakit radang tenggorokan, faringitis, sakit tenggorokan dan amandel. Tapi pada tanda tanda asam lambung naik juga bisa mengalaminya. maka dari itu, bila mengalami hal ini, lakukan pengkonsultasi dengan dokter, agar dapat di sembuhkan dengan tepat.
  • Sakit tenggorokan kronis
Penyebab sakit tenggorokan seperti mengkonsumsi makanan yang panas, pedas dan berminyak terlalu sering. Siapa pun bisa mengalaminya dari yang muda hingga tua. Sakit tenggorokan bila di obatinya telat akan mengakibatkan kronis. sakit tenggorokan gejala yang di alaminya adalah kekeringan pada kerongkongan, sakit dan susah nelen. Mengobatinya bisa dengan madu yang caranya di minum dengan sudah di campurkan perasan jeruk nipis. Tanda tanda asam lambung naik / tinggi ternyata juga merasakan yang namanya tenggorokan sakit dan itu sudah kronis. yang tandanya sudah parah.
  • Kehilangan berat badan
Tanda tanda asam lambung naik adalah berat badan yang menurun. hal ini bisa mengakibatkan tubuh makin lama semakin kurus seperti kekurangan gizi. apabila tidak ingin mengalaminya, obati lah dengan cepat penyakit asam lambung.


Begini Cara Mengatasi Asam Lambung Naik !

Gangguan kesehatan lambung yang kerap kali terjadi yaitu asam lambung. Naiknya asam lambung keatas yang menyebabkan rasa mual sampai muntah karena bagian dari lambung mengalami masalah. Bagian lambung yang fungsinya untuk menutup secara otomatis dan terbuka ketika ada makanan ini bisa bermasalah atau longgar sehingga sedikit terbuka, maka dari itu ada cela bagi cairan asam lambung untuk keluar atau naik.

Ternyata Cairan asam lambung ini yang bersifat panas akan menyebabkan penderitanya mual apabila naik, bahkan bisa muntah sehingga jika ada makanan di dalam lambung pun juga akan terbuang keluar. Asam lambung naik bukan hal yang aneh, karena cukup banyak orang yang bermasalah lambungnya sehingga asam lambung tinggi dan naik. Banyak yang bisa menderita asam lambung, wanita atau pun pria bisa mengalami asam lambung. Asam lambung penyakit pada lambung yang tidak dapat diabaikan karena bisa jadi semakin parah dan terjadilah penyakit maag atau pun tukak lambung yang kondisinya lebih parah.

Di bawah ini beberapa hal untuk mengatasi asam lambung Naik :

  • Makan tepat waktu, karena asam lambung penyakit yang bisa sering kambuh maka dari agar asam lambung tidak lagi sering kambuh maka mengatasi asam lambung yang tepat dengan makan teratur. Salah satu hal yang memicu asam lambung naik karena telat makan, maka dari itu jangan telat makan, makan lah di waktu yang telah di tentukan atau makan teratur sehingga akan membantu mengatasi asam lambung.
  • Makan makanan yang sehat, tidak hanya dengan makan tepat waktu saja, mengatasi asam lambung juga bisa dengan makan makanan yang sehat. Berikan tubuh makanan yang sehat dan juga agar organ pencernaan tidak mengalami penurunan fungsi. Makanan yang bisa dicerna dengan cepat bisa di konsumsi sehingga akan menyehatkan lambung dan otot lambung bisa di fungsikan kembali dengan baik. kontrol asupan makanan berlemak agar tidak terlalu banyak di konsumsi, dan juga makan banyak sayur apabila ingin memiliki lambung yang sehat.
  • Jauhi rokok dan alkohol, mengatasi asam lambung yang baik untuk di lakukan juga yaitu dengan menjauhi rokok dan juga alkohol. Minum alkohol dan merokok cukup sering hanya akan merusak lambung dan bagian tubuh lainnya, oleh sebab itu mengatasi asam lambung dengan tidak merokok dan juga minum alkohol.

Apa Saja Faktor Penyebab Asam Lambung Naik !

Pada Kondisi Asam lambung yang naik bisa menyebabkan bagian mulut bau atau juga akan menyebabkan dada terasa panas, maka naik nya asam lambung tidak akan terjadi jika kondisi kesehatan baik baik saja atau tidak memiliki gangguan kesehatan pada organ tubuh maka dari itu jika asam lambung naik, maka ada pemicu nya. salah satu yang paling sering menjadi faktor penyebab asam lambung naik karena bagian otot lambung tidak berfungsi dengan baik. karena pada bagian lambung ada bagian semacam pintu untuk masuk nya makanan dari tenggorokan untuk menuju ke lambung. Maka dari itu naik nya asam lambung bisa terjadi karena di sebabkan oleh otot lambung yang seharus nya tertutup akan mengalami masalah pada fungsi nya sehingga bisa menyebabkan asam lambung naik. Dan ada faktor penyebab asam lambung atau penyebab tidak berfungsi penutup lambung tersebut sehingga menyebabkan naik nya asam lambung hingga ke tenggorokan. Dan berikut faktor penyebab asam lambung :
  • Perubahan Hormon
Salah satu faktor penyebab asam lambung naik yaitu hormon, perubahan hormon pada tubuh bisa menjadi faktor penyebab asam lambung naik. Hormon bisa menyebabkan asam lambung naik karena di sebabkan oleh perubahan hormon akan membuat otot penutup lambung akan lemah sehingga bisa mengakibatkan naik nya asam lambung. Maka dari itu banyak wanita yang sering mengalami asam lambung,karena wanita yang paling sering mengalami perubahan hormon, terlebih pada wanita hamil.
  • Penyakit Hernia
Faktor penyebab asam lambung pun juga bisa dari memiliki penyakit hernia, karena otot pada bagian lambung bisa lemah akibat ada nya penyakit hernia di dalam tubuh. sehingga penyakit hernia akan memicu naik nya asam lambung juga.
  • Faktor Makanan
Pada bagian otot lambung juga bisa lemah dikarenakan oleh makanan. faktor penyebab asam lambung yang paling sering pun juga banyak karena kandungan makanan yang sering di konsumsi. makanan yang terlalu banyak mengandung alkohol,dan kafein bisa menyebabkan bagian otot lambung lemah atau pun rileks, maka dari itu mengkonsumsi minuman beralkohol, kopi, dan juga coklat yang terlalu sering akan menyebabkan naik nya asam lambung karena permasalahan pada bagian otot lambung dari zat makanan tersebut. Selain itu juga faktor penyebab asam lambung bisa karena tidak mengontrol makanan dengan baik, dan menyebabkan obesitas atau berat badan berlebih juga pada penderita penyakit asam lambung.
  • Kebiasaan Merokok
Faktor penyebab asam lambung juga bisa karena rokok, penggunaan rokok yang terlalu sering maka akan mengakibatkan bagian otot lambung juga akan lemah, maka dari itu penderita penyakit asam lambung juga banyak dari kalangan perokok aktif. Karena rokok terkandung oleh zat yang akan menyebabkan bagian lambung melemah.
  • Efek samping Dari obat- obatan
Faktor penyebab asam lambung naik yang akan menyebabkan mual dan muntah bahkan rasa panas pada bagian tenggorokan pun juga bisa karena efek samping. penggunaan efek samping obat berbahan kimia akan menyebabkan bagian otot lambung pun bermasalah dan biasa nya jenis obat untuk penyakit hipertensi yang akan menyebabkan otot pada lambung melemah.

Nama Obat Untuk Mengatasi Asam Lambung Naik

Antasida
Antasida bisa dibeli di apotek secara langsung. Antasida berfungsi untuk menetralisir asam lambung. Tidak disarankan untuk dikonsumsi bersamaan dengan obat lain karena dapat berdampak pada tingkat penyerapan obat lain. Obat ini juga bisa meredakan rasa sakit akibat tukak.
Alginat
Obat ini dikonsumsi tepat setelah makan. Alginat berfungsi melindungi dinding perut dan esofagus atau kerongkongan dari iritasi asam lambung yang berlebihan.Obat ini bisa dibeli langsung di apotek tanpa resep dokter.

Penghambat reseptor H2 atau H2-receptor antagonist (H2RA)
Obat ini mengurangi asam lambung dengan cara menghambat efek histamin. Histamin diperlukan tubuh untuk menghasilkan asam lambung. Contoh obat H2RA adalah ranitidin dan nizatidine. Pembelian obat ini biasanya memerlukan resep dokter.

Penghambat pompa proton atau proton-pump inhibitors (PPI)
Obat ini berfungsi untuk mengurangi produksi asam di dalam perut. Obat ini jarang memberikan efek samping yang berat. Jika pun ada, kondisinya tidak terlalu parah dan bisa berupa konstipasi, pusing, dan diare. Contoh obat PPI adalah omeprazole, lansoprazole dan esomeprazole. Obat ini biasanya membutuhkan resep dari dokter.
Prokinetik
Obat ini berfungsi mempercepat proses pengosongan perut. Ini berarti makanan dan asam lambung akan lebih cepat masuk ke dalam usus halus sehingga mengurangi kesempatan asam lambung untuk naik ke esofagus. Obat ini tidak disarankan untuk digunakan oleh orang-orang berusia di bawah 20 tahun akibat potensi efek sampingnya. Contoh obat prokinetik adalah domperidone dan bethanecol. Obat ini umumnya memerlukan resep dokter.

Penanganan dengan Operasi

Operasi menjadi langkah penanganan terakhir untuk penyakit asam lambung atau GERD jika penanganan sendiri dan obat-obatan tidak memberikan hasil yang signifikan. Kondisi lain ketika operasi menjadi pilihan untuk dilakukan adalah:
  • Terjadinya peradangan yang parah pada esofagus.
  • Terjadinya penyempitan esofagus sehingga makanan susah turun ke perut.
  • Terjadinya perubahan pada sel esofagus yang disebabkan oleh iritasi asam lambung, sering disebut sebagai esofagus Barrett.
Proses Operasi fundoplikasi Nissen laparoskopi berfungsi mengencangkan LES untuk mencegah naiknya asam lambung ke esofagus. Ini dilakukan dengan membungkus LES dengan bagian atas perut untuk membentuk kerah. Operasi ini biasanya dilakukan dengan cara laparoskopi atau operasi ‘lubang kunci’.

Bagaimana Menghidari masalah asam lambung ? Caranya mulai sekarang anda bisa menghindari semua larangan yang menyebabkan gangguan asam lambung dan memperhatikan asupan makanan. Asam lambung ternyata Memang sangat penting untuk tubuh dan asam lambung bukanlah penyakit.Tetapi Masalahnya jika kadar asam lambung yang terlalu tinggi atau terlalu rendah pada tubuh anda, Itulah yang di sebut penyakit yang menyebabkan gangguan asam lambung. Bagaimana Anda Bisa Terbebas Dari Resiko Naiknya Asam Lambung ?

--> SELANJUTNYA


Perhatian: Informasi dalam artikel ini bukanlah resep atau nasihat medis.
Jika Anda perlu bantuan atau hendak berobat berkonsultasilah dengan tenaga kesehatan profesional