Bagaimana Cara Hidup Sehat Sampai Tua, Bebas penyakit, dan mengetahui pertolongan pertama ketika anda sakit - Simak Di Sini. ! Karena Hidup Akan Lebih Terasa Indah Jika Anda Sehat

HIDUP SEHAT DENGAN GADGET

Cara Ngobatin Cantengan - Paronychia dan Apa Resikonya Jika Tidak Diobati

Cara Ngobatin Kuku Cantengan Yang Bengkak

Cara Mengatasi dan Proses Penyembuhan Kuku Yang Cantengan / Paronychia

Pada sudut kuku yang biasanya tumbuh menjorok ke dalam, akan berpotensi sebagai penyebab utama terjadinya proses pembengkakan pada salah satu jari jemari kita, istilah medisnya adalah Paronychia dan orang indonesia menyebutnya cantengan dimana pada kondisi ini sudut kuku kita akan terlihat memar atau memerah dan tampak bernanah serta menimbulkan rasa sakit yang luar biasa akibat pembengkakan yang terjadi di sekitar sudut kuku yang cantengan itu. Nah Apakah cantengan itu Berbahaya ? dan gimana cara ngobatin serta mencegah cantengan ?  tentu saja semua hal yang menimbulkan rasa sakit itu berbahaya ! tetapi seberapa besar bahaya dan resikonya bagi kesehatan tubuh kita, hal inilah yang akan kita bahasa dan perlu kita ketahui bersama. Pada umumnya pembengkakan pada kuku yang cantengan itu terjadi karena adanya luka atau infeksi yang di sebabkan oleh bakteri dan jamur. Bagaimana Mengatasi atau mengobatinya Penyakit Cantengan atau Paronychia ini ? untuk menyembuhkan cantengan / Paronnychia sampai tuntas diperlukan obat dari dokter cantengan, mulai dari obat cantengan tradisional, antibiotik, sampai tindakan operasi kecil oleh dokter. Mari Kita simak lebih jelasnya di bawah ini.


Ternyata Banyak sekali faktor penyebab mengapa sisi kuku kita tumbuh ke dalam kulit, beberaoa di antaranya adalah akibat sering mengenakan kaos kaki atau sepatu yang sempit, memotong kuku terlalu dalam atau terlalu pendek dan tidak rapih memotong sisi kukunya, tapi ada juga yang alami memang  memiliki kuku yang cenderung melengkung ke dalam mungkin karena adanya cidera.


Untuk Info Obat apa yang bisa mengobati Cantengan atau Paronychia ini Bisa anda cari informasinya dengan cara :


Apa Bahaya - nya Jika Kuku Cantengan Tidak Di Obati !


Kalau ternyata kuku anda yang sudah terlanjur tumbuh ke dalam dibiarkan, maka pastinya akan mudah untuk tempat hinggapnya bakteri ataupun jamur, seperti staphylococcus, pseudomonas dan candida yang menyebabkan terjadinya infeksi. Selanjutnya Bagian kulit di sekitar kuku akan membengkak, jari akan menjadi berwarna kemerahan dan terasa nyeri sekali, tak jarang keluar nanah atau cairan bening bahkan juga bau busuk. Jika kita biarkan hal ini terjadi dan cantengan tersebut tidak segera diobati, maka infeksi tersebut akan terus menjalar ke kulit yang lebih dalam bahkan sampai tulang, hal ini akan memicu terjadinya infeksi kulit yang lebih dalam atau biasa di sebut cellulitis, infeksi pada kuku itu sendiri / paronychia, adalah perubahan bentuk kuku dan ibu jari karena jaringan parut atau scarring, bahkan ada yang kuku bisa habis terutama infeksi karena jamur.

Kuku Yang cantengan Istilah ilmiahnya onychocryptosis atau unguis incarnatus atau Paronychia memang penyakit ini sering terjadi dan dianggap remeh oleh sebagian orang, Cantengan istilah umumnya adalah kejadian dimana kuku jari, bisa jari apa saja, tapi paling sering cantengan adalah pada ibu jari akan tumbuh masuk ke dalam, menembus kulit, memang pada kebanyakan orang tidak menyadarinya, arah tumbuh kuku tersebut pada beberapa orang dapat terus tumbuh bahkan menembus sampai ke tulang, bisa kita banyangkan betapa sakit dan menderitanya jika hal tersebut terjadi. Oleh sebab itu untuk mengatasinya segeralah anda pergi ke dokter untuk membetulkan dan mengobati kuku yang menembus ke dalam tersebut !

Apa Saja dan Bagaimana Gejala Munculnya Cantengan Pada Kuku Kita ?

Gejalan Kuku Yang Cantengan, selain bengkak, ada rasa nyeri, dan warna kemerahan pada sudut ujung jari, gejala cantengan lainnya adalah terjadi penumpukan cairan / edema dan akhirnya keluar nanah. Luka akibat cantengan tersebut dapat terinfeksi dimana kulit di sekitar area yang tertusuk kuku dapat mengalami peradangan dan bahkan tumbuh secara tidak normal. Biasanya rasa sakit akan sangat parah apabila jari yang cantengan, jika tersentuh atau tertekan sesuatu sakitnya tuh sangat luar biasa.

Berikut Video Penjelasannya dari dokter yang menangani penyakit paronychia atau Cantengan pada Kuku dan bagaimana proses mengobatinya, untuk menambah wawasan anda silahkan di simak video berikut ini :







Bagaimana Mencegah Terjadinya Cantengan / Paronychia

Untuk mencegah terjadinya infeksi pada jari yang mengalami cantengan atau mencegah cantengan tersebut menjadi lebih parah, diperlukan beberapa langkah perawatan yang tepat, seperti menjaga kebersihan kulit dengan rutin mencucinya dengan air hangat dan sabun. Jika anda sempat dan ingin bebas cantengan maka Lakukanlah hal ini beberapa kali sehari, masing-masing selama sekitar 20 menit.

Berikutnya cobalah untuk menjauhkan sisi kulit dari tancapan kuku dengan bantuan cotton bud. Atau jika perlu, ganjal celah di antara kulit dan kuku dengan kapas agar membantu kuku tumbuh di atas kulit. Metode ini bisa terasa menyakitkan, maka dari itu, Anda harus melakukannya secara perlahan dan dibantu dengan minyak zaitun.

Cara Mengobati Sakit Cantengan / Paronychia


Caranya untuk menghentikan tusukan kuku pada kulit adalah dengan memotong kuku yang menancap secara lurus, tetapi jangan di potong sendiri, sebaiknya di lakukan oleh dokter dengan peralatan yang steril,  Selain itu, kenakan sepatu dan kaos kaki yang nyaman dan pas sehingga tidak menekan kulit yang lagi terinfeksi, dan begitu pula dengan mengganti kaos kaki secara rutin.

kita bisa saja mengonsumsi obat-obatan pereda rasa sakit, seperti ibuprofen dan acetaminophen, sesuai dengan usia, dosis, dan petunjuk dari dokter. selain itu juga bisa mengoleskan krim antibiotik pada jari yang cantengan untuk mencegah infeksi. Setelah diolesi antibiotik, dan selanjutnya kita bisa menutupi jari yang sakit menggunakan perban kasa.

Mengapa Sebaiknya Penanganan Cantengan oleh Dokter ?

Datanglah ke dokter jika cantengan yang kita alami menunjukkan tanda - tanda infeksi akut, seperti keluar nanah, pendarahan, atau inflamasi parah, apalagi lagi jika kita adalah seorang penderita diabetes, mengunjungi dokter sangat diperlukan mengingat kondisi diabetes tersebut dapat berdampak kepada proses penyembuhan luka.

Karena Pada kasus Paronychia atau cantengan yang parah, biasanya dokter akan menempuh jalan operasi pencabutan kuku. Operasi ini terbagi menjadi dua, yaitu operasi pencabutan sebagian kuku dan operasi pencabutan seluruh kuku.

Opsi  operasi pencabutan kuku akan didasarkan kepada tingkat keparahan cantengan, misalnya apabila kuku sudah sangat tebal dan menekan kulit di sekitarnya. Kondisi semacam ini membutuhkan operasi pencabutan seluruh kuku.


Siapa Saja Yang Sering Mengalami Kuku Cantengan ?

  1. Bisa anak-anak atau juga dewasa aktif
  2. orang-orang yang memakai sepatu terlalu sempit atau wanita yang senang memakai sepatu berujung sempit atau high heels.
  3. Trauma berulang pada kaki
  4. Kelainan Kuku kaki bawaan
  5. Higienitas kaki yang kurang
  6. Malformasi kuku bawaan
  7. Adanya pertumbuhan jamur kuku yang subur di kaki anda
  8. Pertumbuhan kuku abnormal
  9. Kaki yang sering berkeringat atau lembab.

Bagaimana Proses Pencegahan Paronychia atau Cantengan ?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah cantengan, di antaranya:
  • Jangan memotong kuku secara melengkung mengikuti lengkungan ujung jari. Potonglah kuku secara lurus.
  • Jangan memotong kuku terlalu pendek.
  • Singkirkan kulit-kulit keras atau kulit mati di sekitar kuku dengan menggunakan kikir khusus kuku atau batu apung.
  • Gunakan kaos kaki atau sepatu yang nyaman dan tidak menekan jari kaki.
  • Jagalah selalu kebersihan kaki dan gunakan pelembap.
  • Jika perlu, kunjungilah dokter secara rutin untuk memeriksakan kesehatan kaki Anda.

Apa aja Obat Dokter Yang Bisa Mengobati Kuku Cantengan ? untuk lebih jelasnya sih sebaiknya kita Datang Berobat kedokter, nanti juga kita akan di beri Obat Anti nyeri, Antibiotik dan Salep Khusus Untuk penyembuhan bengkak pada cantengan kuku kita. Jika Kondisinya cukup Parah Kemungkinan sudut kuku yang akan di bedah dan di lakukan cabut kuku dengan cara lain,


Untuk menyembuhkan cantengan dengan tuntas diperlukan obat cantengan, mulai dari obat cantengan tradisional, antibiotik, sampai tindakan operasi kecil.
Bersumber dari: Cara Ampuh Mengatasi Kuku Cantengan | Mediskus
Untuk menyembuhkan cantengan dengan tuntas diperlukan obat cantengan, mulai dari obat cantengan tradisional, antibiotik, sampai tindakan operasi kecil.
Bersumber dari: Cara Ampuh Mengatasi Kuku Cantengan | Mediskusmari kita simak bersama selengkapnya di bawah ini.
--> NEXT



Perhatian: Informasi dalam artikel ini bukanlah resep atau nasihat medis.
Jika Anda perlu bantuan atau hendak berobat berkonsultasilah dengan tenaga kesehatan profesional.