Bagaimana Cara Hidup Sehat Sampai Tua, Bebas penyakit, dan mengetahui pertolongan pertama ketika anda sakit - Simak Di Sini. ! Karena Hidup Akan Lebih Terasa Indah Jika Anda Sehat

HIDUP SEHAT DENGAN GADGET

Kenapa Gigi Bisa Ngilu dan Sensitif ?

Kenapa Gigi Bisa Ngilu dan Sensitif

MENCARI TAHU KENAPA GIGI BISA NGILU DAN SENSITIF TERHADAP MAKANAN PANAS ATAU DINGIN

Masalah gigi ngilu sering kali datang tiba - tiba dan bisa saja di alami oleh setiap orang, kadang kala kita tidak tahu penyebabnya, karena gigi yang sehat pun terkadang bisa mengalami rasa ngilu saat mengkonsumsi makanan yang panas atau dingin, sebenarnya hal ini perlu anda perhatikan dengan serius, karena gigi yang ngilu secara tiba - tiba pasti ada penyebabnya, dan tentunya akan sangat mengganggu aktifitas serta kenyaman anda, oleh sebab itu gigi ngilu harus segera di atasi sejak dini. Gigi yang sensitif terhadap panas dan dingin akan membuat anda tidak bisa menikmati makan kesukaan anda dengan nyaman, kelezatan makanan kesukaan anda akan hilang dengan sia -sia, lalu apa yang harus anda lakukan jika rasa gigi ngilu itu mampir di mulut anda ? Mari kita bahas bersama, apa saja faktor yang membuat gigi anda menjadi sensitif dan kenapa bisa ngilu ? dan selanjut kita akan bahas bersama bagaimana cara mengatasi gigi sensitif anda sehingga rasa ngilu tersebut akan berangsur - angsur berkurang dan setelah sekian lama akan hilang dengan sendirinya.





Beberapa hal yang menyebabkan gigi anda menjadi sensitif dan menimbulkan rasa ngilu saat anda mengkonsumsi makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin


Pada Umumnya Masalah gigi sensitif dan ngilu ini akan mulai terasa disaat usia anda 20 hingga 50 tahun ! lalu apa penyebabnya ? ternyata Jika anda sering melakukan bleaching gigi ( pemutih gigi ), dan sering kali menggososk gigi anda dengan tekanan berlebih. Maka kebiasaan menggosok gigi dengan tekanan berlebih dapat membuat gusi mengalami iritasi atau gusi menurun dari leher gigi. Akkibatnya, lama kelamaan akar gigi akan terbuka (resesi gingiva), leher gigi berlubang, lapisan email pun akan berkurang ketebalannya sehingga bila minum air dingin, asam/manis atau bahkan tersentuh bulu sikat gigi pun akan terasa ngilu.

Pembentukan lapisan email gigi yang kurang sempurna (ename hypoplasia) dapat pula terjadi pada kasus tertentu. Keadaan ini pun akan menjadikan gigi menjadi sensitif. Selain itu, penumpukan sisa-sisa makanan di daerah pertemuan gigi juga bisa menimbulkan gigi ngilu. Sisa makanan ini menyusup masuk melalui leher gigi dan sulit terjangkau sikat gigi sehingga akan sulit dibersihkan, lama kelamaan penumpukannya akan makin banyak, dan menekan saku gusi makin dalam dari keadaan normal.

Secara umum penyebab sensitivitas gigi ngilu itu adalah karena hal - hal berikut ini :

  1. Penurunan Gusi
  2. Buruknya kebersihan gigi dan mulut
  3. Bleaching (pemutihan permukaan gigi)
  4. Terkikisnya email
  5. Penyikatan gigi terlalu kuat
  6. Pasien lansia
  7. Kebiasaan konsumsi makanan/minuman yang bersifat asam
  8. Mulut kering dan produksi air liur sedikit
  9. Sering mengalami gigi gerinding saat tidur
  10. Infeksi gusi yang terus menerus


Biasanya masalah gigi sensitif bisa diatasi, yakni dengan menggunakan pasta gigi mengandung potassium nitrar and strontium chlorida



Selanjutnya anda juga per mengetahui Makanan dan Minuman Penyebab Gigi Anda Menjadi Sensitif


Beberapa macam makanan yang memicu terjadinya gigi sensitif adalah makanan atau juga minuman dingin, makanan panas, ataupun juga makanan asam dan juga manis. Lapisan dentin dan ini terletak pada lapisan bawah email gigi, penyebabnya dipengaruhi oleh hal-hal seperti erosi, atrisi, dan juga abrasi dan hal ini disebabkan oleh pola makan, pemakaian gigi yang buruk, dan juga proses bruxism.

Cara mengatasi Gigi Ngilu Dan Sensitif

  1. Menggunakan pasta gigi khusus sensitif. Kandungan dalam pasta gigi sensitif seperti potassium citrate, kemudian sodium monofluorophospate, dan juga hydroxyapatite (HAP) bisa mengatasi rasa gigi ngilu lebih cepat sekitar 30 detik.
  2. Hindari makanan dan juga minuman yang mengandung soda dan juga mempunyai sifat asam.
  3. Jangan suka membiasakan makan dan minuman yang bisa menyebabkan gigi sensitif dan di  tahan lama didalam mulut. Contoh yang paling mudah adalah seperti menahan minum soda atau kopi. Bisa juga menghisap asam atau jeruk dalam waktu yang lama, karena hal ini bisa mengakibatkan erosi pada gigi dan ini memicu gigi yang sensitif.
  4. Pakailah sikat gigi yang mempunyai ukuran ujung kepala kecil dan membulat. Untuk arah menyikat gigi lakukan menyikat dengan cara dari gusi ke gigi dengan intensitas tekanan yang ringan. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi penurunan gusi dan juga gigi sensitif.
  5. Jangan lagi melakukan kebiasaan seperti menggesekkan gigi atas dan juga gigi bawah (bruxism). Karena ini juga akan membuat gigi makin bertambah parah. Jika kebiasaan buruk bruxism ini tidak bisa anda kontrol, maka anda bisa minta pada dokter gigi untuk dibuatkan "night guard" agar gigi anda terlindungi dari gesekkan gigi atas dan gigi bawah.
  6. Jangan menyikat gigi setelah anda makan bersifat asam dan bersoda, minimalnya lakukan menyikat gigi setelah interval jeda waktu sekitar 1 jam setelah makan.

Anda Juga Dapat Mengatasi gigi sensitif dan ngilu dengan cara alami Berikut ini :

Mengatasi Gigi Ngilu dengan Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh merupakan cara mengobati sakit gigi ngilu yang paling efektif dan cepat untuk mengatasi rasa nyeri akibat gigi berlubang. Minyak cengkeh diketahui mengandung antioksidan dan dapat secara cepat membunuh kuman penyebab ngilu. Selain itu rasa minyak cengkeh yang tawar aman jika tertelan sehingga dapat dijadikan pertolongan pertama jika ngilu hebat menyerang gigi Anda. Cara alami mengobati sakit gigi ngilu ini patut dicoba karena sudah terbukti dan banyak digunakan oleh masyarakat tradisional.

Mengatasi Sakit Gigi Ngilu Dengan Cara Mengompres Pakai Es

Jika rasa ngilu ini sudah membuat pipi sekitar rahang menjadi bengkak, Anda bisa meringankannya dengan menggunakan balok es. Balok es diketahui dapat membius secara alami sel saraf nyeri selama beberapa waktu. Balok es ini tentu dapat menjadi cara mengobati sakit gigi ngilu yang pertama Anda lakukan sendiri. Dengan menempelkan beberapa potongan es dibalut dengan handuk kemudian ditempel ke bagian luar gigi yang sakit. Cara ini dapat dibarengi dengan cara mengobati gigi ngilu yang lain untuk menyelesaikan rasa sakit sementara dialihkan oleh pembekuan saraf. 

Menggunakan Ramuan bawang putih dan bawang merah Untuk Mengatasi Gigi Ngilu Sensitif

Penghilang rasa sakit gigi dapat ditempuh dengan mengunyah irisan bawang putih atau bawang merah. Hal ini dikarenakan kandungan minyak yang berupa enzim pembunuh kuman penyebab nyeri. Cara mengobati sakit ngilu gigi ini cukup efektif meskipun rasa anyir dari bawang putih atau bawang merah yang cukup kuat. Namun rasa anyir ini tentu tidak akan seberapa terhiraukan ketika rasa ngilu yang hebat menyerang Anda. Diketahui bahwa dengan mengunyah potongan bawang putih atau merah ditabur dengan sedikit garam selama 3 menit dapat membunuh seluruh kuman dalam mulut secara alami.


Mengatasi Gigi Ngilu dengan Cara Berkumur Pakai air garam

Air garam terbukti dapat menjadi anti-bakteri yang efektif dan murah sehingga banyak diaplikasikan oleh masyarakat tradisional maupun modern saat ini. Namun cara mengobati sakit gigi ngilu ini tidak dilakukan serta-merta dengan menelan garam. Namun dengan mencampurkan satu sendok garam dengan air hangat yang kemudian digunakan serupa mouthwash atau obat kumur. Berkumurlah dengan air garam hangat selama beberapa menit kemudian muntahkan dan ulangi beberapa kali hingga rasa ngilunya berkurang. 

Cara Menghindari makanan tertentu agar gigi Tidak Ngilu dan sensitif

Menghindari sejumlah makanan yang terlalu panas, dingin dan manis dapat menjadi alternatif sebagai pengurang rasa ngilu hebat dan tiba-tiba yang sering terjadi pada gigi sensitif. Cara mengobati sakit gigi ngilu merupakan cara yang umum dan perlu diperhatikan atau dipatuhi oleh si penderita. Hal ini dilakukan agar rasa ngilu pada gigi tidak kambuh sewaktu-waktu dan mengganggu.


Cara Tradisional untuk mengatasi gigi ngilu dan sensitif yang di sebutkan di atas terkadang tidak cocok dengan dan tidak dapat menolong - disarankan anda berkonsultasi dengan dokter spesialis gigi agar mengetahui  lebih spesifik kondisi gigi anda yang sensistif

--> SELANJUTNYA


Jika kondisi gigi sensitif yang anda alami tidak kunjung membaik, maka sebaiknya segeralah anda konsultasikan lebih lanjut dengan dokter spesialis gigi terdekat dikota anda

Semoga Lekas Sembuh !

Perhatian: Informasi dalam artikel ini bukanlah resep atau nasihat medis.
Jika Anda perlu bantuan atau hendak berobat berkonsultasilah dengan tenaga kesehatan profesional.