Bagaimana Cara Hidup Sehat Sampai Tua, Bebas penyakit, dan mengetahui pertolongan pertama ketika anda sakit - Simak Di Sini. ! Karena Hidup Akan Lebih Terasa Indah Jika Anda Sehat

HIDUP SEHAT DENGAN GADGET

Mengenali Sakit Kepala Yang Anda Rasakan Serta Bahayanya

Macam jenis sakit kepala dan penyebabnya

MENCARI TAHU CARA MENGENALI JENIS SAKIT KEPALA YANG SERING KITA RASAKAN

Hampir semua orang pernah mengalami yang namanya sakit kepala, Mulai dari sakit kepala sesaat karena gak punya duit alias belum gajian sampai dengan sakit kepala kronis karena penyakit tertentu, terkadang sakit kepala yang terus menerus alias sakit kepala langganan sangatlah fatal akibatnya jika tidak di deteksi secara dini dan segera di obati. Ternyata Sakit kepala itu adalah masalah umum yang sering kali terjadi pada manusia, sakit kepala adalah merupakan alasan paling umum untuk rujukan neurologis. Sakit kepala bisa memiliki makna klinis, dan mungkin saja juga bisa menjadi tanda - tanda awal adanya penyakit yang sedang mengancam jiwa anda, untuk itulah mari kita coba mengenali beberapa jenis sakit kepala yang di sebabkan oleh sakit penyakit yang anda derita. Berdasarkan penyebabnya, sakit kepala yang bersifat kronis diindentifikasi menjadi dua macam, salah satunya adalah sakit kepala kronis yang bersifat primer dimana sakit kepala jenis ini benar - benar sakit kepala tanpa adanya penyakit dasar lain yang memicunya, dan yang lainnya adalah sakit kepala kronis yang bersifat nonprimer dimana sakit kepala kronis ini dipicu dari penyakit lain yang sedang di derita orang tersebut.

Yang Paling umum ternyata ada delapan jenis sakit kepala yang sudah terdeteksi secara medis, ke delapan jenis sakit kepala itu ciri - cirinya adalah merupakan sakit kepala langganan aatau sakit kepala yang berlangsung terus menerus yang bersifat kronis dan ditandai dengan sakit kepala yang berlangsung setidaknya hampir 15 hari dalam waktu satu bulan dan sudah terjadi selama tiga bulan berturut-turut. Wah kalau seperti ini anda harus lebih waspada !!! di bawah ini ada video penjelasannya, silahkan anda simak sejenak !



Setelah menyaksikan video di atas maka Anda pasti sudah Tahu apa itu Migraine ?

Mari kita coba Mengenali Gejala yang Timbul Migraine headache karena jenis sakit kepala ini adalah salah satu jenis sakit kepala yang paling sering terjadi pada manusia di kehidupan sehari - hari. Selain itu ada juga jenis - jenis sakit kepala sebelah yang juga banyak ditemukan dan hal ini merupakan gangguan neurologis / gangguan saraf dan yang umumnya dapat didefinisikan dengan cakupan gejala sebagai berikut :
  1. Setidaknya pernah mengalami sakit kepala lebih dari 5 kali selama seminggu ini

  2. Sakit kepala sudah berlanjut selama 4 hingga 72 jam lebih

  3. Sudah Mengalami 2 dari 4 keluhan berikut: Merasakan sakit kepala sebelah, terasa kepala berdenyut, Merasakan nyeri sedang hingga nyeri yang cukup parah,  tidak bisa lagi melakukan aktivitas rutin karena keseimbangan badan anda terganggu.

  4. Mengalami salah satu gejala awal sebagai berikut : perut terasa mual dan mau muntah, panca indra anda menjadi sensitif terhadap bunyi dan cahaya.

Memang ada beberapa jenis obat yang dijual bebas dan diklaim bisa mengatasi penyakit migrain hingga bisa memelihara fungsi saraf, tetapi INGAT - BERHATI - HATILAH !!! mengkonsumsi obat - obat tersebut, bisa sangat fatal akibatnya jika anda sembarangan mengkonsumsi obat - obatan tersebut dalam jangka panjang tanpa ijin dari dokter, sebaiknya untuk memastikan ada atau tidaknya masalah serius dengan sistem saraf anda sebaiknya konsultasilah terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapat diagnosis yang tepat baru boleh mengkonsumsi obat - obatan yang diberikan oleh dokter anda.

Ternyata memang sudah banyak kasus sakit kepala kronis yang bersifat primer yang memang belum diketahui penyebabnya, tetapi sakit kepala kronis nonprimer itu sebenarnya memiliki beberapa kemungkinan penyebabnya, diantaranya di karenakan infeksi, peradangan atau gangguan pembuluh darah otak, bahkan bisa karena tumor otak, cedera dan gangguan tekanan pada otak kita dan ini masalah yang cukup serius dan dapat mengancam nyawa kita sewaktu - waktu !!!

Ada Beberapa jenis sakit kepala terus-menerus yang pada umumnya suka dikeluhkan, yaitu :

  • Sakit Kepala Bersifat Tegang Kronis

Sakit kepala seperti ini biasanya ditandai dengan gejala awala rasa sakit yang menekan terutama pada dua sisi kepala. Intensitasnya dimulai dari sakit kepala ringan hingga rasa sakit menengah. Sakit kepala bersifat tegang yang terjadi secara kronis ini dapat terjadi tanpa adanya pemicu aktivitas fisik. dan umumnya sebagian orang bisa mengalami peningkatan sensitivitas di kepalanya ketika disentuh.
  • Sakit Kepala Bersifat Migren kronis

Sakit kepala sebelah atau Migrain jenis ini umumnya terjadi pada seseorang yang pernah mengalami migrain sebelumnya. hal ini dapat dikenali dengan gejala awal berupa sakit kepala pada satu sisi kepala kita, sensasi sakitnya terasa berdenyut - denyut, dan ini kemungkinan bisa menyebabkan rasa sakit tingkat menengah sampai terasa sakit kepala yang luar biasa. Sakit Kepala sebela atau Migrain kronis dapat dipicu oleh aktivitas fisik rutin, pada Kondisi ini juga mungkin diiringi dengan rasa mual dan ingin muntah, hingga sensitif terhadap suara serta cahaya.
  • Sakit kepala yang baru muncul dan terjadi terus-menerus

Sakit kepala seperti ini biasa akan terasa mendadak, dengan gejala awal sakit kepala yang terasa menekan atau kepala terasa mengencang, biasanya rasa sakit kepala ini mulai terasa dari sakit kepala ringan hingga sakit kepala menengah dan umumnya tanpa dipengaruhi oleh aktivitas tertentu, basanya akan terjadi selama tiga hari berturut-turut pada serangan pertama.
  • Sakit Kepala Jenis Hemicrania continua

Sakit kepala ini ditandai dengan gejala awal dimana sakit kepala terjadi di salah satu sisi kepala, berlangsung setiap hari secara terus-terusan dengan tingkat intensitas yang naik turun, biasanya disertai dengan gejala mata berair atau merah pada sisi kepala yang terasa sakit, hidung tersumbat atau berair, menurunnya kelopak mata atau pembesaran pupil mata dan kita akan merasa lelah. Rasa Sakit kepala ini biasanya akan menjadi lebih parah, dengan munculnya gejala-gejala mirip migrain.
  • Sakit kepala Yang Terjadi Berulang / rebound headaches

Jenis Sakit kepala ini biasanya dikarenakan efek samping dari penggunaan obat pereda nyeri yang berlebihan, biasanya pada penggunaan obat pereda nyeri yang dalam jangka waktu lama ataupun obat ergotamine untuk mengobati migrain yang dihentikan tiba-tiba maka kemungkinan akan memicu sakit kepala berulang kembali sewaktu - waktu
  • Sakit kepala akibat peningkatan tekanan intrakranial di dalam rongga kepala

Sakit kepala ini dapat dipicu oleh tumbuhnya tumor otak, kista atau volume cairan otak yang meningkat sehingga tekanan di dalam kepala akan meningkat. Gejalanya umumnya berupa sakit kepala yang sering kali muncul secara tiba-tiba, terasa sakit yang parah serta diiringi gejala gangguan saraf lain seperti muntah, kejang-kejang dan gangguan penglihatan, sering kali juga diawali dengan sakit kepala terus-menerus selama beberapa waktu pada saat tekanan di dalam rongga kepala meningkat secara bertahap.
  • Sakit Kepala Bersifat Sindrom Pascatrauma.

Ini adalah jenis Sakit kepala yang berlangsung terus-menerus dan kemungkinan akan terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama setelah terjadi trauma kepala.
  • Sakit kepala di sebabkan usia lanjut

Sakit kepala Ini sifatnya alami dan pada umumnya sering dialami manusia yang berumur diatas usia 60 tahun, sakit kepala ini dipicu oleh tekanan bola mata yang meningkat atau disebut glaukoma,  atau baru saja sembuh dari infeksi herpes, penyakit pembuluh darah seperti arteritis sel raksasa atau alasan psikologis lainnya.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Anda Sakit kepala Berulang - ulang ?

Pada saat anda ingin mengatasi sakit kepala sebelah kiri, sakit kepala sebelah kanan dan sakit kepala bagian belakang, mengatasi sakit kepala terus-menerus, tentu saja harus dilakukan pemeriksaan menyeluruh oleh team medis, Hal ini dibutuhkan untuk menentukan apa sebenarnya pemicu sakit kepala yang anda alami, apakah karena gangguan saraf atau karena infeksi, kita biasanya juga akan dimintai penjelasan mengenai riwayat sakit kepala yang kita dirasakan oleh team medis yang memeriksa kita, dan Jika penyebabnya belum jelas, maka team medis / dokter akan melakukan CT-scan atau MRI, dmana dokter yang menangani masalah tersebut akan bekerjasama dengan spesialis, seperti neurolog atau psikiater, untuk menemukan penyebabnya dan memperkuat diagnosis, umunya disebagian kasus, terdapat kemungkinan sakit kepala terus - menerus yang perlu pengobatan jangka panjang dan ada juga hal - hal yang harus diperhatikan dimana para penderita sakit kepala terus-menerus juga berisiko mengalami gangguan lain, contohnya rasa kecemasan, gangguan  tidur, depresi, serta gangguan fisik dan psikologis lainnya.

Intinya Janganlah sekali - kali anda meremehkan sakit kepala terus - menerus yang dialami, sesegera mungkin konsultasikan masalah sakit kepala anda dengan dokter ! apalagi jika sakit kepala yang anda alami tidak segera mereda, bisa jadi ada penyakit serius yang sedang anda alami !

Apa sih Penyebab sakit Kepala ? Ternyata Ada Banyak Penyebab Sakit Kepala Lainnya Selain Karena Anda Belum Gajian

Berikut ini Jenis - Jenis  Penyebab Sakit Kepala

1. Karena Ketegangan emosional
Karena Beban pekerjaan yang terlalu berat sering sekali akan memicu rasa cekot - cekot atau  nyut nyutan di kepala, ini Faktanya mengatakan bahwa semua hal yang menimbulkan ketegangan atau stress berlanjut akan membuat kita lebih mudah terserang sakit kepala atau migren, secara medis Sakit kepala yang disebabkan oleh ketegangan emosional ini disebut sakit kepala fungsional atau tension headache. Pada gejalanya awalnya akan diawali dengan ketegangan di bagian otot leher, bahu, dan tengkorak akibat tekanan emosional. Rasa Sakitnya akan selalu berawal dari kepala belakang, merambat ke bagian kepala depan, lalu akan terjadi di kedua sisi kepala. Dengan melakukan pijatan ringan di bagian tersebut biasanya akan mengurangi Rasa sakit kepala, tetapi setelah beberapa saat kemudian Rasa sakit kepala itu akan muncul kembali.

2. Karena Perubahan Hormonal
Pada Sakit kepala Jenis ini bisanya diakibatkan oleh perubahan hormonal, hal ini biasanya berupa sakit kepala berat yang terjadi pada salah satu sisi kepala, pada umumnya sakit kepala ini juga dirasakan lebih berat bandingkan dengan sakit kepala akibat ketegangan, Pada Penderita sakit kepala migren khususnya pada wanita akan terjadi kira-kira tiga kali lebih banyak dibandingkan dengan pria. Sakit Kepala  Ini sudah jelas Penyebabnya terutama karena perubahan hormonal.

3. Karena Udara panas
Sakit kepala Bisa terjadi karena kenaikan tekanan suhu udara, hal iniseringkali menyebabkan timbulnya migren atau sakit kepala berat dalam sebuah studi diketahui para responden mengalami sakit kepala saat udara panas, terutama ketika berada di ruangan yang pengap, sempit dan panas seperti di dalam angkutan umum

4. Karena Mencium Aroma Yang Terlalu Kuat
Anda pasti pernah merasa pusing dan sakit kepala karena mencium aroma parfum yang kuat, Pada aroma atau bau yang kuat, bahkan aroma yang wangi seperti wangi buah durian atau buah cempedak akan menyebabkan kepala pusing ! Memang belum diketahui mengapa hal ini terjadi, namun para ahli menduga bahwa aroma atau bau yang memiliki aroma kuat akan merangsang sistem saraf kita, contohnya ketika mencium aroma parfum, bau cat, bunga, atau bau debu, akan menyebabkan kepala berdenyut.

5. Kerena Memakai Aksesori Rambut
Ketika cara anda memperlakukan rambut dengan tidak wajar, maka dapat berpengaruh kepada kulit kepala, ketika mengikat rambut terlalu kencang bisa membuat jaringan di kepala kita menjadi tegang dan mengundang rasa sakit kepala, contohnya Bando, jepit rambut, juga topi yang terlalu sempit akan menyebabkan efek sakit kepala yang tidak menyenangkan.

6. Karena Olahraga Berlebihan
Melakukan olahraga yang terlalu berat, termasuk melakukan hubungan seks yang berlebihan, dapat juga memicu munculnya sakit kepala, karena kondsi kegiatan fisik manusia yang berlebihan dapat mengakibatkan jaringan pembuluh darah di kepala dan di leher mengalami pembengkakam hingga tertekan, pada umumnya sakit kepala yang disebabkan karena olahraga atau seks yang berlebihan akan lebih mudah menyerang orang yang sering terkena migren.

7. Karena Kebiasaan Menempatkan Postur Tubuh Yang Salah
Bukan saja hanya karena olahraga memeras keringat yang bisa menyebabkan tekanan pada otot leher dan kepala. Postur tubuh seseorang yang terbentuk dari kebiasaan sehari-hari pun bisa menimbulkan sakit kepala. Misalnya saja kebiasaan duduk dengan posisi bahu membungkuk, duduk tanpa sandaran, menatap monitor komputer yang posisinya terlalu tinggi atau rendah, atau mengapit telepon antara kuping dan pundak. Bila akhir-akhir ini Anda sering diserang sakit kepala, saatnya memperbaiki postur tubuh anda yang salah dalam aktifitas sehari-hari.

8. Karena Trauma
Orang yang trauma ternyata bisa mengalami Sakit kepala dan hal Ini sering kali muncul sebagai dampak dari suatu kecelakaan yang hanya mengakibatkan terjadinya sedikit cedera di kepala saja. Terkadang Rasa sakit kepalanya akan muncul setelah berminggu - minggu atau berbulan-bulan setelah cedera kecelakaan itu terjadi dan dapat berlangsung sampai cukup lama salama masa trauma.

9. Karena Zat Tyramine Pada Keju
Ini memang agak aneh kedengarannya, karena ternyata Pemicu sakit kepala sebelah  alias migren itu yang paling umum adalah dari konsumsi keju, dan jenis keju tersebut termasuk cheddar, blue cheese, mozzarella dan parmesan. Perlu anda ketahui penyebabnya adalah zat tyramine yang akan terbentuk dari protein yang sudah dipecah dan terkandung di dalam keju yang anda konsumsi, karena semakin panjang proses makanan atau minuman di buat maka akan semakin banyak tyramine yang dikandungnya.

10.Karena Konsumsi Alkohol

Zat Tyramine juga bisa ditemukan dalam kandungan red wine serta minuman keras lainnya. umumnya Alkohol yang terkadung dalam minuman itu akan meningkatkan aliran darah ke otak, sehingga kepala pun terasa pusing dan terasa nyut - nyutan !

11. Lupa Atau Tidak Sempat Makan Siang
Terbukti Bahwa Perut yang kosong karena tidak sempat makan siang terjadi pada sebagian orang seringkali akan menyebabkan sakit kepala. Mungkin Selain pusing karena perut kosong juga dapat membuat gula darah anda turun, jika gula darah menurun maka akibatnya tubuh terasa lemas, dan sakit kepala akan mulai menghantui hidup anda, Oleh sebab itu Segeralah makan siang dengan gizi seimbang. Hindari mengonsumsi makanan manis, seperti cokelat untuk mengisi perut kosong. Gula dari makanan manis akan membuat gula darah melambung untuk kemudian turun lebih rendah lagi.

12. Karena Alergi
Memang Pada Gangguan sakit Kepala ini sering diikuti dengan gejala hidung meler, mata berair, dan kerongkongan sakit, munculnya sakit kepala karena alergi seperti ini biasanya ditimbulkan oleh karena makanan tertentu atau segala sesuatu yang bisa menimbulkan alergi.

13. Karena Merokok
Kebiasaan merokok bisa termasuk salah satu penyebab sakit kepala, tidak hanya terhadap orang yang merokok, tetapi juga bagi perokok pasif di sekitarnya, karena kandungan nikotin terbukti bisa mengakibatkan pembuluh darah ke otak menjadi menyempit, sehingga aliran darah ke otak menjadi berkurang.

14. Karena Kafein / Banyak Minum Kopi
Bagi anda yang suka minum kopi dan ternyata juga sering sakit kepala biasanya bersahabat dengan kopi, Dalam hal ini Zat Kafein yang terkandung di dalam biji kopi memang bisa menjadi kawan sekaligus lawan, alasannya ternyata ada beberapa jenis obat sakit kepala mengandung kafein di dalamnya, sebaliknya kafein juga bisa menyebabkan sakit kepala, Bingung ? Kalau bingung Coba deh tanyakan hal ini dengan dokter anda !

15. Karena Radang  Sinus
Sakit flu atau radang sinus akan memicu Rasa Sakit kepala, karena sinus memiliki gangguan yang mudah diketahui dari gejalanya, anda bisa rasakan ketika Lubang hidung tertutup satu atau keduanya maka akan terasa nyeri yang meluas ke atas bagian pipi dan dahi, dimana pada bagian-bagian tersebut akan terasa sangat peka, sehingga ketika disentuh saja akan anda rasakan nyerinya.



Pada Beberapa kasus sakit kepala diantaranya mungkin tidak anda sadari, bahwa sakit kepala yang anda rasakan itu suatu saat mungkin saja mampu menimbulkan sakit kepala yang teramat sangat jika anda abaikan, Oleh karena itu agar anda tetap waspada dan terus menjaga kondisi tubuh agar selalu fit dengan menerapkan pola hidup sehat sedari sekarang, dan jika sakit kepala yang rasakan berlangsung secara terus menerus, bahkan tidak lagi sembuh dengan mengkonsumsi obat penghilang sakit kepala, maka sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter sekarang juga ! 
 

Beberapa Langkah Penting Untuk Mengatasi Sakit Kepala anda !

Ternyata memang sangat banyaknya efek samping dari penggunaan obat sakit kepala, oleh sebab itulah sebaiknya anda juga mencoba pengobatan tanpa obat kimia, yang tentu saja sifatnya lebih alami yang mampu membantu mencegah terjadinya sakit kepala dan bahkan bisa mengobati sakit kepala anda secara tuntas. memang kebanyakan pengobatan dengan cara tersebut sudah terbukti efektif, sehingga pada umumnya ada beberapa dasar teori yang saling berhubungan. Dengan Mencoba Pengobatan alami ini, umumnya tidak memiliki efek samping, dan sering kali beberapa cara pengobatan alami tersebut dapat dilakukan secara bersamaan. Jika memang pengobatannya dapat mengurangi nyeri kepala, maka pengobatan berikutnya dapat membantu mengurangi atau bahkan menghilangkan Sakit kepala secara tuntas.

Kalau kita perhatikan dan kita simak dengan lebih seksama, ternyata
tidak semua jenis pengobatan sakit kepala itu efektif pada setiap orang, setidaknya ada efek yang akan dirasakan, dan mungkin saja akan terasa berbeda - beda pada setiap orang, bahkan pada beberapa pengobatan mungkin saja bisa menambah rasa sakit pada kepala anda, atau diantara beberapa pengobatan tersebut mungkin saja malah tidak berefek sama sekali. Dalam hal ini anda boleh memutuskan untuk mencoba beberapa metode pengobatan dan memilih metode terbaik untuk Anda, oleh sebab itu berkonsultasilah dengan dokter anda terlebih dahulu.

Cara mengatasi Sakit Kepala dengan Cara Alami !

Cara Mengurangi Efek Sakit Kepala Dengan Segera

Tindakan pengobatan berikut ini dilakukan untuk menghilangkan atau mengurangi nyeri saat sakit kepala menyerang, yaitu sbb :

  • Mandilah dengan cara menyiram tubuh anda dengan air gayung atau dengan semprotan  shower.
  • Setelah mandi Istirahatlah dan berbaring di ruangan agak gelap, hindari lampu terang atau nyala lampu yang menyilaukan.
  • Taruhlah sesuatu yang dingin di bagian belakang leher, seperti handuk yang dingin dan basah, atau taruh bergantian antara handuk dingin dan handuk hangat di bagian kepala yang nyeri
  • Pakailah kompresan dingin di kening anda, sambil merendamkan kaki di wadah berisi air hangat.
  • Ketika sudah agak rileks segeralah minum air atau jus buah alami, terutama jus tomat.
  • Kalau Kebetulan pada saat itu anda belum makan sama sekali, coba konsumsi makanan atau minuman yang bergizi, jangan biarkan perut anda kosong !
  • Pijatlah bagian wajah, kepala, leher, bahu dan punggung, agar otot-ototnya menjadi lemas dan lebih rileks.
  • Beri Tekanan dua titik pressure di bagian belakang leher yang berjarak kira-kira dua inci, terletak tepat di bawah tengkorak, satu sampai dua menit, cara ini dapat membantu tubuh anda melepaskan zat endorphin yang bisa meringakan dan melegakan rasa nyeri.
  • Selanjutnya Pijatlah atau tekan bagian tubuh berdaging antara ibu jari dan jari telunjuk.
  • Anda juga bisa tekuk perlahan - lahan kepala Anda ke kanan atau ke kiri untuk meregangkan otot-otot leher. Pijatlah serta rilekskan otot-otot anda yang tegang.
  • Jika sedang kumat, sebaiknya Hindari sumber stress, seperti melihat layar smarphone
  • Hindarilah kegiatan berolahraga ketika sakit kepala anda sedang kumat, karena jika olahraga tersebut menambah nyeri pada kepala dan leher justru hal ini akan berdampak buruk
  • Agar lekas sembuh, Minumlah vitamin C, vitamin B6, choline, triptofan, serta niacin atau makanan yang mengandung zat magnesium

Metode Pengobatan Sakit Kepala Menurut ahli Chiropraktik

Menurut para ahli chiropraktik, sakit kepala kadangkala disebabkan oleh bergesernya tulang belakang dari tempatnya, namun karena pergeseran tersebut sangatlah sedikit, maka biasanya tidak bisa terdeteksi, Umumnya  pergeseran seperti itu bisa saja disebabkan oleh aktifitas mengangkat barang - barang yang bobotnya terlalu berat. Selain itu karena Posisi duduk yang salah juga bisa mengganggu syaraf-syaraf di tulang belakang sehingga memicu timbulnya sakit kepala, praktisi chiropraktik  biasanya di gunakan untuk mengobati sakit kepala dengan mendorong tulang-tulang tersebut secara perlahan untuk mengembalikan posisinya, dan ini tentunya hanya bisa di lakukan oleh ahli medis atau dokter di bidangnya. Ada beberapa Metode yang dapat melegakan sakit kepala adalah dengan melakukan peregangan otot leher ke kiri dan ke kanan secara perlahan dan lembut dan jangan melakukan gerakan berputar !. Hindari duduk dengan kepala tertunduk dalam waktu yang lama dan berbaring telentang dengan kepala disanggah oleh bantal. Jika hendak memakai bantal sebaiknya gunakan bantal yang dapat menyangga leher tapi tidak menyangga kepala terlalu tinggi, dan ketika anda berbaring miring gunakanlah bantal untuk menyangga kepala dan leher. Selanjutnya disaat sedang duduk, misalnya sedang bekerja di depan computer, usahakan sering-sering mengubah posisi duduk dan rasakan apakah ada otot bahu anda yang tegang saat menyangga tangan ketika bekerja !

Apa Itu Metode Biofeedback ?


Dengan metode biofeedback ini kita akan belajar mengendalikan fungsi tubuh kita masing - masing yang diatur oleh syaraf tak-sadar, misalnya detak jantung, ada beberapa fungsi tubuh seperti otot tegang, telapak tangan yang dingin karena dilepaskannya hormon-hormon dalam darah seperti adrenalin itu semua adalah kendali syaraf tidak sadar yang terlibat didalam rasa sakit kepala.

Metode Biofeedback arti memanfaatkan informasi yang disediakan oleh tubuh dan dikendalikan oleh syaraf tak sadar, lalu secara sadar informasi tersebut dirubah agar dapat sesuai dengan kehendak kita. Jika hal ini kita latih terus menerus, maka kita akan terbiasa mengatur fungsi tubuh kita agar bisa bekerja sesuai kehendak kita.

Pada Fase Pertama sakit kepala migrain akan mirip dengan respon tubuh terhadap rasa takut, dan Pada fase I ini darah dari tangan dan kepala akan mengalir ke otot besar, Pada Bagian Tangan, terutama pada ujung jari akan terasa dingin karena darah tertarik keluar, Munculnya Perasaan bingung atau ketidakmampuan untuk berpikir jernih dalam fase pertama ini akan mirip dengan rasa takut, Pada saat itu Rasa nyeri akan muncul di fase ke dua, ketika pembuluh-pembuluh darah kepala dan leher mengalami over reaksi dan akan melebar kembali ke bentuk yang lebih besar dibandingkan ukuran normalnya. Sakit kepala seperti ini sebenarnya bisa dicegah dengan menurunkan tingkat keparahan pada fase pertama yang kemudian dapat mencegah terjadinya sakit kepala di fase ke dua.

Pada saat tingkat hormon dalam darah meningkat akan menyebabkan kontraksi pembuluh-pembuluh darah, seperti serotonin dan adrenalin, jika hal ini bisa kita kendalikan dengan biofeedback, maka sakit kepala akan bisa di atasi, misalnya dengan memikirkan hal-hal yang bersifat rileks dan menyenangkan. Ternyata Kadar serotonin dapat dimonitor dengan memeriksa temperatur pada jari dan tangan misalnya dengan menggunakan thermometer atau dengan menempelkan telapak tangan pada pipi. Jika tangan terasa hangat atau panas, artinya sudah sesuai dengan suhu tubuh, jika hal ini sering kita lakukan, maka pada saatnya nanti kita akan menemukan tehniknya sendiri dalam mengendalikan fungsi - fungsi tubuhnya.


Setelah Membahas Panjang Lebar Tentang Penyebab dan Cara mengatasi Rasa Sakit Kepala, Maka Berikut ini ada Infprmasi Berbagai Macam Obat Sakit Kepala Berdasrkan Jenis dan Manfaat Pengobatannya yang kami rangkum dari berbagai sumber.
Selective serotonin receptor (5-HT1) agonists ( triptans ) - Saat ini Triptans digunakan sebagai obat untuk penyakit yang cukup parah dalam hal ini untuk sakit kepala migrain parah. Obat ini merupakan agonis serotonin selektif , khususnya yang bekerja pada 5-hydroxytryptamine 1B/1D/1F ( 5-HT1B/1D/1F ) reseptor pada pembuluh darah intrakranial dan ujung saraf sensorik . Produk Kombinasi pertama dari triptan dan NSAID telah disetujui oleh Food and Drug Administration pada bulan April 2008 . Efek samping yang paling umum dari triptan adalah  kelemahan, Mual / muntah,  pusing,  sifat tidur, Dada , tenggorokan , atau rahang sesak / ketidaknyamanan, Memburuknya nyeri kepala ( sering bersifat sementara ).Interaksi obat terjadi dengan CYP450 ampuh 3A4 inhibitor ( misalnya , ketoconazole , itraconazole , nefazodone , troleandomycin , klaritromisin , ritonavir , nelfinavir ) , yang dapat meningkatkan toksisitas , dan dengan pemberian bersamaan ergot yang mengandung obat-obatan, yang dapat meningkatkan reaksi vasospastic . Zolmitriptan , eletriptan , dan Naratriptan terutama dimetabolisme oleh CYP450 3A4 .

  • Sumatriptan ( Imitrex , SUMAVEL DosePro , Alsuma ) Sumatriptan memiliki banyak pilihan untuk pengiriman obat . Ini tersedia dalam intranasal , subkutan , dan formulasi oral. Kemanjuran sumatriptan adalah 82 % pada 20 menit bila diberikan melalui suntikan , 52-62 % pada 2 jam bila diberikan intranasal , dan 67-79 % pada 4 jam bila diberikan secara oral .
  • Naratriptan ( Amerge )Sebuah agonis selektif untuk reseptor serotonin 5 – HT1 , Naratriptan memiliki tinggi bioavailabilitas dan lebih lama paruh daripada sumatriptan , yang dapat berkontribusi untuk tingkat yang lebih rendah dari sakit kepala kambuh .Naratriptan memiliki onset lambat aksi dan durasi kerja hingga 24 jam , dengan tingkat kekambuhan sakit kepala yang rendah . Hal ini berguna untuk pasien dengan onset lambat, migrain berkepanjangan , seperti migrain menstruasi .Nyeri yang dialami oleh 60-68 % pasien dalam waktu 4 jam dari pengobatan dan dipertahankan sampai 24 jam dalam 49-67 % pasien . Naratriptan adalah salah satu dari beberapa triptans yang tidak kontraindikasi untuk digunakan dalam kombinasi dengan inhibitor monoamine oxidase ( MAOIs ) .
  • Zolmitriptan ( Zomig , Zomig – ZMT )Sebuah agonis selektif untuk reseptor serotonin 5 – HT1 pada arteri kranial , zolmitriptan menekan peradangan yang terkait dengan sakit kepala migrain . Ini memiliki khasiat 62 % pada 2 jam dan 75-78 % dalam waktu 4 jam .
  • Rizatriptan ( Maxalt , Maxalt – MLT )Sebuah agonis selektif untuk reseptor serotonin 5 – HT1 pada arteri kranial , rizatriptan menekan peradangan yang terkait dengan sakit kepala migrain . Ini memiliki onset awal melaporkan tindakan ( 30 menit ) dan efikasi dari 71 % pada 2 jam . Ini memiliki onset tercepat kerja dari triptans .
  • Almotriptan ( Axert )Sebuah agonis reseptor selektif 5-HT1B/1D , hasil almotriptan di kranial penyempitan pembuluh , penghambatan pelepasan neuropeptida , dan mengurangi transmisi nyeri di jalur trigeminal . Ini menyebabkan penyempitan pembuluh kranial , menghambat pelepasan neuropeptida , dan mengurangi transmisi nyeri di jalur trigeminal .
  • Frovatriptan ( Frova )Frovatriptan merupakan agonis reseptor 5-HT1B/1D selektif dengan waktu paruh panjang ( 26-30 jam) dan tingkat kekambuhan sakit kepala yang rendah dalam waktu 24 jam untuk mengambil obat . Ini menyempitkan pembuluh cranial , menghambat pelepasan neuropeptida , dan mengurangi transmisi nyeri di jalur trigeminal . Frovatriptan adalah salah satu dari beberapa triptans yang tidak kontraindikasi untuk digunakan dalam kombinasi dengan MAOIs .
  • Eletriptan ( Relpax )Sebuah agonis serotonin selektif , eletriptan khusus bertindak di 5-HT1B/1D/1F reseptor pada pembuluh darah intrakranial dan ujung saraf sensorik untuk meringankan rasa sakit yang terkait dengan migrain akut .Eletriptan terutama dimetabolisme oleh CYP3A4 dan tidak boleh digunakan dalam waktu setidaknya 72 jam inhibitor CYP3A4 kuat . Eletriptan adalah salah satu dari beberapa triptans yang tidak kontraindikasi untuk digunakan dalam kombinasi dengan MAOIs .
  • Sumatriptan dan naproxen ( Treximet )Ini adalah produk yang mengandung kombinasi sumatriptan , suatu agonis reseptor 5 – HT1 selektif , dan naproxen sodium , NSAID asam arylacetic , dalam kombinasi tetap sumatriptan 85 mg dan naproxen sodium 500 mg . Hal ini diindikasikan untuk migrain akut . Sumatriptan memediasi vasokonstriksi arteri basilar dan pembuluh darah dari dura mater , yang berkorelasi dengan bantuan migrain . Naproxen menyediakan analgesik , anti – inflamasi , dan antipiretik . Ini mengurangi aktivitas cyclo – oxygenase ( COX ) , sehingga mengganggu sintesis prostaglandin

Derivatif ergot atau Derivatif ergot adalah agonis nonselektif 5 – HT1 yang memiliki spektrum yang lebih luas dari afinitas reseptor di luar sistem 5 – HT1 , termasuk reseptor dopamin .Mereka dapat digunakan untuk pengobatan gagal dari cukup parah untuk sakit kepala migrain parah .

  • Ergotamin tartrat ( Ergomar )Ergotamin melawan pelebaran episodik arteri ekstrakranial dan arteriol . Memiliki agonis parsial dan / atau kegiatan antagonis terhadap tryptaminergic , dopaminergik , dan reseptor alpha – adrenergik . Ergotamin menyebabkan penyempitan pembuluh darah perifer dan kranial . Obat ini tersedia dalam bentuk sediaan sublingual
  • Dihydroergotamine ( DHE – 45 , Migranal )Dihydroergotamine adalah blocking agen alpha – adrenergik dengan efek stimulasi secara langsung pada otot polos pembuluh darah perifer dan kranial . Ini menekan pusat vasomotor sentral .Mekanisme kerjanya adalah mirip dengan ergotamine ; itu adalah 5HT1 agonis nonselektif dengan spektrum yang luas dari afinitas reseptor di luar sistem 5HT1 ; itu juga mengikat dopamin . Dengan demikian , dihydroergotamine memiliki antagonis dan serotonin antagonis efek alpha – adrenergik .Dihydroergotamine diindikasikan untuk mnghentikan atau mencegah sakit kepala vaskular ketika kontrol yang cepat dibutuhkan atau ketika rute lain administrasi yang tidak layak . Ini cenderung menyebabkan vasokonstriksi arteri kurang dari ergotamine tartrat . Hal ini biasanya diberikan bersamaan dengan antiemetik seperti metoclopramide , yang merupakan antagonis 5HT3 reseptor dopamin dan antagonis , untuk mengobati terkait migrain mual .Dihydroergotamine tersedia dalam intravena , persiapan intramuskular , subkutan , dan intranasal . Rute intravena digunakan ketika hasil yang lebih cepat yang diinginkan . Sebuah dosis 1 mg intravena setiap 8 jam dengan atau tanpa metoclopramide aman dan efektif untuk pengobatan status migrainosus .

Analgesik  Lainnya Pada Obat ini digunakan untuk terapi abortif awal untuk pasien dengan migrain jarang . Mereka dapat digunakan dalam kombinasi dengan NSAID untuk meringankan sakit kepala . Banyak analgesik oral, termasuk acetaminophen , tidak dianjurkan untuk pasien yang memerlukan obat sering , karena mereka telah dikaitkan dengan sakit kepala melambung .

  • Acetaminophen ( Tylenol ) Sebuah analgesik dan antipiretik kuat dengan aktivitas anti – inflamasi yang lemah , acetaminophen digunakan untuk mengobati nyeri ringan sampai moderat dari migrain .
  • Analgesik opioidPasien yang tidak merespon pengobatan gagal rutin mungkin memerlukan analgesik tambahan . Pedoman praktek merekomendasikan obat nonopioid sebagai terapi lini pertama . Analgesik opioid harus digunakan dengan hemat , tetapi mereka tetap menjadi pilihan . Opioid tidak boleh digunakan jangka panjang , karena mereka adalah membentuk kebiasaan . Juga , mereka dapat berkontribusi untuk rebound sakit kepala .
  • Oxycodone ( OxyContin , Roxicodone , Oxecta )Oxycodone adalah analgesik opioid dengan beberapa tindakan serupa dengan morfin . Namun, mungkin menghasilkan kurang sembelit , kejang otot polos , dan depresi refleks batuk dari dosis analgesik yang sama morfin . Hal ini dapat digunakan sebagai terapi tambahan ketika pasien tidak merespon pengobatan gagal untuk migrain . Ini adalah kebiasaan – membentuk dan tidak boleh digunakan jangka panjang .
  • Morfin sulfat ( Duramorph , Avinza , MS Contin , Astramorph , Oramorph )Morfin adalah obat pilihan untuk analgesia narkotika karena efek yang dapat diandalkan dan dapat diprediksi , profil keamanan , dan kemudahan reversibilitas dengan nalokson . Morfin sulfat intravena mungkin dosis dalam berbagai cara dan umumnya dititrasi sampai efek yang diinginkan diperoleh . Namun, penggunaan morfin untuk menggugurkan migrain harus sangat terbatas ; itu bisa dicoba sebagai terapi tambahan ketika pasien tidak merespon pengobatan lini pertama gagal untuk migrain .Ini adalah kebiasaan – membentuk dan tidak boleh digunakan jangka panjang .
  • Meperidin ( Demerol )Meperidine adalah analgesik dengan beberapa tindakan serupa dengan morfin . Namun, mungkin menghasilkan kurang sembelit , kejang otot polos , dan depresi refleks batuk dari dosis analgesik yang sama morfin .
  • Hydromorphone ( Dilaudid , Dilaudid – HP , Exalgo )Hydromorphone adalah ampuh semisintetik opiat agonis mirip dengan struktur morfin . Ini adalah sekitar 7-8 kali lebih kuat sebagai morfin secara miligram untuk miligram , dengan durasi yang lebih singkat atau serupa tindakan . Hal ini dapat digunakan sebagai terapi tambahan ketika pasien tidak merespon pengobatan gagal untuk migrain . Ini adalah kebiasaan – membentuk dan tidak boleh digunakan jangka panjang .
  • Butorfanol ( Stadol )Sebuah campuran agonis – antagonis narkotik dengan efek analgesik pusat untuk nyeri sedang sampai berat , butorphanol menyebabkan kejang otot kurang halus dan depresi pernafasan daripada morfin atau meperidin . Timbang keuntungan terhadap biaya yang lebih tinggi butorfanol . Hal ini dapat digunakan sebagai terapi tambahan ketika pasien tidak merespon pengobatan gagal untuk migrain . Ini adalah kebiasaan – membentuk dan tidak boleh digunakan jangka panjang .

NSAID akan menghambat COX , komponen awal dari kaskade asam arakidonat , sehingga mengurangi sintesis prostaglandin , tromboksan , dan prostasiklin . Mereka memperoleh anti – inflamasi , analgesik , dan antipiretik . NSAIDs umumnya digunakan sebagai terapi gagal untuk sakit kepala migrain cukup parah ringan. Namun, agen ini, terutama ketorolac , mungkin juga efektif untuk sakit kepala parah .NSAID juga digunakan sebagai agen profilaksis , tetapi mereka berhubungan dengan risiko yang lebih tinggi dari efek samping , terutama gastropati atau nefropati , daripada ketika mereka digunakan sebagai obat gagal .

  • Aspirin ( Bayer Aspirin , Bufferin , Ecotrin , Ascriptin , Halfprin ) Aspirin adalah analgesik ringan yang dapat digunakan untuk mengobati episode migrain jarang.
  • Ketorolac intranasal ( Sprix )Ketorolac diindikasikan untuk jangka pendek ( sampai 5 hari ) manajemen sedang hingga nyeri akut cukup parah memerlukan analgesia pada tingkat opioid . Ketersediaan hayati dari 31,5 mg dosis intranasal ( 2 semprotan ) adalah sekitar 60 % dari dosis intramuskular 30 mg . Intranasal semprot memberikan 15,75 mg per 100 – uL semprot ; masing-masing 1,7 – g botol berisi 8 semprotan . Onset dari analgesia adalah dalam waktu 20 menit , dan waktu puncak adalah 0,5-0,75 jam .
  • Ibuprofen ( Motrin , Advil , Neoprofen , Caldolor )Ibuprofen digunakan untuk pengobatan ringan sampai nyeri sedang jika tidak ada kontraindikasi yang hadir . Ini menghambat reaksi inflamasi dan nyeri , mungkin dengan mengurangi aktivitas enzim COX , sehingga sintesis prostaglandin .
  • Naproxen ( Naprosyn , Naprelan , Anaprox , Aleve , Midol Diperpanjang Bantuan )Naproxen digunakan untuk meredakan nyeri ringan sampai sedang, sebagai agen yang gagal , dan untuk profilaksis . Ini menghambat reaksi inflamasi dan nyeri dengan mengurangi aktivitas enzim cyclo – oxygenase , sehingga sintesis prostaglandin .
  • ketoprofenKetoprofen reversibel menghambat COX – 1 dan COX – 2 enzim . Hal ini diindikasikan untuk nyeri ringan sampai sedang. Berikan dosis kecil pada awalnya untuk pasien dengan ukuran kecil tubuh , pasien usia lanjut , dan pasien dengan ginjal atau penyakit hati . Dosis di atas 75 mg tidak mengalami peningkatan efek terapi .Berikan dosis tinggi dengan hati-hati , dan erat mengamati pasien untuk respon .
  • Analgesik , Opioid CombosAcetaminophen sering digunakan sebagai terapi gagal untuk migrain . Kombinasi acetaminophen dan codeine diindikasikan untuk menghilangkan nyeri ringan sampai sedang.
  • Acetaminophen dan kodein ( Tylenol No 3 )Kombinasi obat ini diindikasikan untuk pengobatan ringan pusing cukup parah . Perhatikan bahwa beberapa pasien dapat menanggapi acetaminophen maksimal saja , tanpa kodein .

Analgesik , Combos Lain - ini adalah Sebuah obat kombinasi yang mengandung isometheptene , dichloralphenazone , dan acetaminophen disetujui FDA untuk menghilangkan migrain dan sakit kepala karena tegang .

  • Isometheptene , dichloralphenazone , dan acetaminophen ( Midrin , Epidrin ) adalah Obat kombinasi ini memiliki sifat simpatomimetik . Isometheptene , khususnya , melebarkan arteriol tengkorak dan otak , menyebabkan penurunan rangsangan yang menyebabkan sakit kepala vaskular . Dichloralphenazone memiliki obat penenang dan sifat analgesik . Acetaminophen menghambat sintesis prostaglandin di sistem saraf pusat ( SSP ) dan impuls blok nyeri yang dihasilkan di pinggiran.
  • Analgesik , Barbiturat Combos - pada Beberapa agen yang digunakan dalam kombinasi dengan aspirin dan acetaminophen untuk menghilangkan rasa sakit dan untuk menginduksi tidur . Kafein juga digunakan untuk meningkatkan penyerapan GI .Analgesik seperti butalbital dan narkotika yang terkait dengan sakit kepala melambung . Meningkatkan penggunaan sediaan kombinasi mungkin gagal untuk meredakan nyeri dan dapat memperburuk gejala sakit kepala .
  • Butalbital , aspirin , dan kafein ( Fiorinal )Obat kombinasi ini efektif untuk ringan sampai cukup parah sakit kepala migrain . Komponen barbiturat memiliki efek depresan umum pada SSP . Kafein digunakan untuk meningkatkan penyerapan GI .Namun, butalbital dan narkotika yang terkait dengan sakit kepala melambung .Meningkatkan penggunaan sediaan kombinasi mungkin gagal untuk meredakan nyeri dan dapat memperburuk gejala sakit kepala .
  • Butalbital , acetaminophen , dan kafein ( Fioricet ) pada Obat kombinasi ini efektif untuk ringan sampai cukup parah sakit kepala migrain . Komponen barbiturat memiliki efek depresan umum pada SSP . Kafein digunakan untuk meningkatkan penyerapan GI . Namun, butalbital dan narkotika yang terkait dengan sakit kepala melambung .Meningkatkan penggunaan sediaan kombinasi mungkin gagal untuk meredakan nyeri dan dapat memperburuk gejala sakit kepala .
  • Antipsikotik , Phenothiazine Obat Klorpromazin dapat digunakan sebagai monoterapi untuk sakit kepala migrain akut .
  • Klorpromazin ( Thorazine ) Pada Mekanisme klorpromazin termasuk memblokir reseptor postsynaptic mesolimbic dopamin , efek antikolinergik , dan depresi dari sistem pengaktif retikuler . Blok obat alpha – adrenergic reseptor dan menekan pelepasan hormon hypophyseal dan hipotalamus . Sebagai aturan, antagonis dopamin dihindari pada pasien dengan cedera otak traumatis .
  • Agen antiemetik - Obat ini Sebagai antagonis dopamin , agen ini efektif jika mual dan muntah adalah ciri yang menonjol . Mereka juga dapat bertindak sebagai prokinetics untuk meningkatkan motilitas lambung dan meningkatkan penyerapan .Agen antiemetik yang digunakan untuk mengobati migrain dan emesis terkait dengan serangan akut . Obat dalam kategori ini biasanya dikombinasikan dengan diphenhydramine untuk meminimalkan risiko akatisia . Kombinasi obat telah ditemukan untuk menjadi lebih unggul untuk sumatriptan subkutan bila diberikan secara intravena kepada pasien gawat darurat .
  • Droperidol ( Inapsine ) - Obat bernama Droperidol ini digunakan sendiri atau dalam kombinasi dengan analgesik lain sebagai tambahan , terutama untuk serangan migren terkait dengan mual dan muntah yang signifikan . Perannya dalam pengobatan migrain didasarkan pada temuan bahwa peningkatan konsentrasi dopamin dikaitkan dengan gejala-gejala yang menonjol migrain .
  • Proklorperazin ( Compro ) ini adalah Obat antidopaminergic yang menghalangi reseptor dopamin mesolimbic postsynaptic , proklorperazin memiliki efek antikolinergik . Hal ini juga dapat menekan sistem pengaktif retikuler , mekanisme yang mungkin untuk menghilangkan mual dan muntah .

antikonvulsan
Obat ini dapat efektif dalam profilaksis migrain .

  • Asam valproik ( Depakote , Depacon , Depakene ) - Fungsi Asam valproik mengurangi frekuensi migrain . Agen ini diyakini untuk meningkatkan gamma-aminobutyric acid ( GABA ) neurotransmisi , yang dapat menekan kegiatan yang terkait dengan migrain yang terjadi di korteks , sympathetics perivaskular , atau trigeminal inti caudalis .Divalproex telah terbukti mengurangi frekuensi migrain sebesar 50 % .
  • Topiramate ( Topamax ) Pada Topiramate diindikasikan untuk profilaksis migrain pada orang dewasa dan remaja berusia 12 tahun atau lebih . Its mekanisme yang tepat tindakan tidak diketahui, tetapi sifat-sifat berikut dapat berkontribusi untuk kemanjurannya :Penyumbatan saluran natrium – tergantung teganganAugmentation aktivitas neurotransmitter GABA di beberapa subtipe GABA -A reseptorAntagonization asam alpha – amino – 3 – hidroksi – 5 – metil – 4 – isoxazolepropionic ( AMPA ) / kainate subtipe dari reseptor glutamatPenghambatan karbonat anhidrase , terutama isozim II dan IV

Blockers Beta , Beta – 1 Selektif Di antara obat antihipertensi , bukti untuk pencegahan migrain paling kuat dengan beta blocker . Beta blockers dapat mencegah migrain dengan memblokir vasodilator , penurunan kelengketan platelet dan agregasi , menstabilkan membran , dan meningkatkan pelepasan oksigen ke jaringan . Signifikan dengan aktivitas mereka sebagai agen profilaksis migrain adalah kurangnya aktivitas atletik parsial . Latency dari pengobatan awal untuk hasil terapi mungkin selama 2 bulan .Beta blocker tidak boleh digunakan sebagai agen lini pertama untuk profilaksis migren pada perokok di atas usia 60 tahun . Dibandingkan dengan obat antihipertensi lain , beta blockers menimbulkan risiko tinggi kejadian kardiovaskular .

  • Propranolol ( Inderal , Inderal LA ) Propranolol adalah disetujui FDA untuk pencegahan migrain . Dosis dapat ditingkatkan secara bertahap untuk mencapai profilaksis migren optimal . Bentuk long-acting dapat diambil sekali sehari .
  • timololTimolol disetujui FDA untuk profilaksis migren , meskipun ada bukti ilmiah kurang dari khasiat untuk timolol daripada propranolol .

Antidepresan trisiklik Amitriptyline , nortriptyline , doxepin , dan protriptyline telah digunakan untuk profilaksis migren , tetapi hanya amitriptyline telah terbukti khasiat . Ini sepertinya mempengaruhi antimigren yang independen dari pengaruhnya terhadap depresi .

  • amitriptyline Ternyaata Amitriptyline memiliki khasiat untuk profilaksis migren yang independen dari efek antidepresan nya . Mekanisme kerjanya tidak diketahui , tetapi menghambat aktivitas agen yang beragam seperti histamin , 5 – HT , dan asetilkolin .
  • Nortriptyline ( Pamelor ) Nortriptyline memiliki khasiat untuk profilaksis migren yang independen dari efek antidepresan nya . Mekanisme kerjanya tidak diketahui , tetapi menghambat aktivitas agen yang beragam seperti histamin , 5 – HT , dan asetilkolin .
  • Doxepin ( Adapin ) Doxepin memiliki khasiat untuk profilaksis migren yang independen dari efek antidepresan nya . Mekanisme kerjanya tidak diketahui , tetapi meningkatkan konsentrasi serotonin dan norepinefrin dalam SSP dengan menghambat reuptake mereka dengan membran neuron presynaptic . Hal ini juga menghambat histamin dan asetilkolin aktivitas .
  • Protriptyline ( Vivactil ) Protriptyline memiliki khasiat untuk profilaksis migren yang independen dari efek antidepresan nya . Ini menghambat aktivitas agen yang beragam seperti histamin , 5 – HT , dan asetilkolin .

Calcium Channel Blocker Calcium channel blockers yang umum digunakan sebagai obat profilaksis untuk migrain , meskipun studi efektivitas mereka telah menunjukkan hasil yang beragam . Flunarizine memiliki khasiat terbaik – didokumentasikan tetapi tidak tersedia di Amerika Serikat . Kemanjuran verapamil didukung oleh penelitian . Obat ini sangat berguna pada pasien dengan hipertensi komorbiditas dan pada mereka dengan kontraindikasi terhadap beta blockers , seperti asma dan penyakit Raynaud . Calcium channel blockers mungkin memiliki keuntungan tertentu pada pasien dengan aura berkepanjangan , basilar -jenis migrain , atau hemiplegia migrain . Calcium channel blockers dianggap agen lini kedua untuk pasien dengan migrain kronis . Toleransi dapat berkembang dengan obat-obatan tetapi dapat diatasi dengan meningkatkan dosis atau beralih ke lain blocker saluran kalsium .

  • Verapamil ( Calan , Isoptin SR , Covera HS , Verelan ) Verapamil menghambat ion kalsium memasuki saluran lambat atau daerah tegangan – sensitif otot polos pembuluh darah selama depolarisasi . Verapamil memiliki indikasi off – label untuk migrain . Obat ini sering menjadi pilihan pertama untuk terapi profilaksis karena kemudahan penggunaan dan profil efek samping yang menguntungkan . Pasien dapat melaporkan peningkatan awal sakit kepala , dengan perbaikan setelah minggu pengobatan .
  • Antidepresan , SSRISSRI telah kemanjuran terbatas untuk profilaksis migren pada orang dewasa . Karena kurangnya studi klinis , mereka tidak dianjurkan untuk tujuan ini pada anak-anak .
  • Paroxetine ( Paxil , Paxil CR , Pexeva ) Paroxetine adalah atipikal , antidepresan nontricyclic dengan kuat , penghambatan spesifik penghambatan serapan 5 – HT dan antikolinergik lebih sedikit dan efek samping kardiovaskular daripada antidepresantrisiklik miliki.
  • Fluoxetine ( Prozac , Prozac Mingguan , Sarafem ) Fluoxetine adalah agen lini kedua untuk pasien dengan migrain kronis . Ini adalah atipikal , antidepresan nontricyclic dengan kuat , penghambatan spesifik serapan 5 – HT dan dengan sedikit antikolinergik dan efek samping kardiovaskular daripada antidepresan trisiklik miliki.
  • Sertraline ( Zoloft )Sertraline adalah atipikal , antidepresan nontricyclic dengan kuat , penghambatan spesifik serapan 5 – HT dan antikolinergik lebih sedikit dan efek samping kardiovaskular daripada antidepresan trisiklik miliki.

Antihistamin Generasi Pertama Agen di kelas ini dengan aktivitas antagonis serotonin ampuh telah dilaporkan efektif dalam pengobatan migrain .

  • siproheptadinSiproheptadin bertindak terutama sebagai antihistamin kuat dan sebagai antagonis dari pembuluh darah otak reseptor 5 – HT2 . Ini memiliki indikasi off – label untuk migrain profilaksis . Siproheptadin telah digunakan secara tradisional untuk pencegahan migrain anak , meskipun bukti obyektif minimal kemanjurannya .
  • Prometazin ( Phenergan , Phenadoz ) Prometazin merupakan turunan fenotiazin yang memiliki antihistaminic , obat penenang , anti ̶ mabuk perjalanan , antiemetik , dan efek antikolinergik . Hal ini biasanya digunakan pada anak-anak lebih tua dari 2 tahun .

Neuromuskular Blocker , Botulinum  Suntikan botulinum toksin A mungkin bermanfaat pada pasien dengan sakit kepala migrain keras yang gagal untuk merespon minimal 3 obat pencegahan konvensional . Agen ini tidak dianjurkan untuk digunakan dalam pengobatan pencegahan migrain episodik .

  • OnabotulinumtoxinA ( Botox ) Salah satu dari beberapa toksin  yang dihasilkan oleh Clostridium botulinum , onabotulinumtoxinA blok transmisi neuromuskuler .Suntikan obat , yang diberikan ke kulit kepala dan kuil , dapat mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan serangan migrain setelah 2-3 bulan dari suntikan . Agen ini disetujui FDA untuk profilaksis migren kronis .

Obat pencegahan
  • Antiepileptic drugs
  • Beta blockers
  • Tricyclic antidepressants
  • Calcium channel blockers
  • Selective serotonin reuptake inhibitors (SSRIs)
  • NSAIDs
  • Serotonin antagonists
  • Botulinum toxin

OBAT - OBATAN DI ATAS HARUS DENGAN PETUNJUK DAN RESEP DOKTER !!!

Singkat Cerita, sakit kepala itu Jangan sembarang minum obat, apalagi obat - obatan yang bukan dari resep dokter, oleh sebab itu anda harus berhati - hati dalam hal ini, Mengobati sakit kepala tidak boleh sembarangan, sebab jenis dan penyebabnya berbeda-beda. Sebab jika tidak hati-hati, salah pilih obat malah dapat memicu jenis sakit kepala yang lain, berkonsultasilah kepada dokter sebelum mengkonsumsi obat sakit kepala.

--> NEXT


Perhatian: Informasi dalam artikel ini bukanlah resep atau nasihat medis.
Jika Anda perlu bantuan atau hendak berobat berkonsultasilah dengan tenaga kesehatan profesional.