Bagaimana Cara Hidup Sehat Sampai Tua, Bebas penyakit, dan mengetahui pertolongan pertama ketika anda sakit - Simak Di Sini. ! Karena Hidup Akan Lebih Terasa Indah Jika Anda Sehat

HIDUP SEHAT DENGAN GADGET

Pertolongan Pertama Kepada Orang Yang disengat Tawon Atau Lebah

Cara Ngobatin Orang Kesengat Tawon

MENCARI TAHU CARA MEMBERIKAN PERTOLONGAN KEPADA ORANG YANG KE SENGAT TAWON ATAU LEBAH

Emang sih tidak usah panik ketika anda atau anggota keluarga anda di sengat labah, karena akibat sengatan tawon atau lebah biasanya hanya akan menyebabkan reaksi lokal sementara pada kulit anda seperti memerah ataupun membengkak, namun jika orang yang tersengat lebah tersebut memiliki alergi terhadap sengatan serangga tertentu, maka hal sepele ini bisa mengancam hidupnya dan sangat membutuhkan pertolongan dengan segera. Terlebih jika anak kecil atau anak balita yang di sengat tawon, kasihan sekali jika di biarkan bekas sengatannya terus membengkak, untuk hal ini anda harus segera mengambil tindakan Pertolongan Pertama Kepada Orang Yang disengat Tawon Atau Lebah, pada umumnya tidak hanya sengatan tawon atau lebah yang menimbulkan bengkak pada kulit, Beberapa serangga yang memiliki sengatan berbahaya lainnya adalah kutu kerbau dan semut api. akibat sengatan tersebut biasanya memerah, bengkak, nyeri, atau gatal di tempat sengatan atau bisa juga gigitan serangga akan terasa panas.
Berikut Tindakan yang bisa segera dilakukan dengan segera Jika anda tersengat Lebah, anda bisa pilih salah satu dari beberapa cara di bawah ini :

Contoh Produk Obat Tradisional Kalau di Sengat Tawon Bisa di Lihat dengan cara :


Saat lebah madu menyengat anda, biasanya sengatan lebah masih menancap. Cabut dengan segera sengatan tersebut secara hati – hati menggunakan kuku jari. Segera cuci daerah yang tersengat dengan air dan bersihkan dengan sabun., Kompres kulit dengan air dingin atau es untuk mengurangi penyerapan dan penyebaran racun kedalam tubuh. Jangan pencet kulit anda karena akan menyebabkan racun bisa bertambah masuk kedalam tubuh. Setelah melakukan pencabutan sengatan lebah , kompreskan es pada daerah yang disengat. sehingga akan membuat area tersebut menjadi mati rasa, dan sensasi nyeri akan berkurang.Kompres es juga akan mampu mengurangi terjadinya pembengkakan. Kompreslah selama 15 menit saja, dan jangan sampai 20 menit.

Pasta gigi mengandung zat alkalin yang dapat menetralkan keberadaan racun. Sebahagian pasta gigi juga mengandung gliserin yang dapat menarik keluar racun dari sengatan lebah. Namun, apabila muncul iritasi atau ruam setelah dioles segera cuci kulit Anda guna menghilangkan pasta gigi. 

Gosokkan pepaya beberapa kali ke area sengatan lebah. karena pepaya mengandung papain yang dapat memecah protein racun sengatan. Namun juga perlu dihindari menggunakan pepaya apabila Anda mempunyai riwayat alergi terhadap lateks. Hentikan penggunaan jika terjadi ruam, kemudian bilas secara menyeluruh terhadap bagian yang telah Anda gosoki dengan papaya tersebut. 

Oleskan saja pasta baking soda pada area sengatan selama 15 sampai 20 menit. Perawatan ini bermanfaat untuk meredakan rasa sakit yang terjadi akibat sengatan dari lebah, Oleskan krim atau obat khusus ke kulit. Baking soda juga dapat meringankan luka sengatan. Tambahkan sedikit air untuk mengurangi rasa tidak nyaman di kulit.

Minyak esensial seperti juga minyak lavender dan minyak jarak dapat juga difungsikan untuk mengobati sengatan lebah dengan cara dioleskan ke area sengatan untuk mengurangi bengkak serta rasa nyeri. 

Buatlah jus lidah buaya, setelah itu oleskan bersamaan dengan madu ke area sengatan 

Cara mengobati sengatan lebah dengan cuka ternyata cukup sederhana, buatlah pasta dari cuka dan baking soda. Selanjutnya oleskan pasta pada daerah yang terkena sengatan setelah itu biarkankan saja selama waktu yang diinginkan.

Demikianlah cara menghilangkan gejala Bengkak dan panas pada kulit akibat sengatan lebah dengan cepat dan ampuh.


Usahakan Jangan menggaruk bekas sengatan lebah meski terasa gatal, sebab garukan tersebut hanya akan membuat luka sengat Anda bertambah parah.

Waspadai Jika Akibat Sengatan Tawon atau Lebah atau Serangga Menimbulkan gejala - gejala alergi akut berikut ini pada tubuh korban.





Perhatikan apa gejala reaksi alergi pada korban gigitan lebah dan serangga beracun :

  • Sulit bernapas
  • Gatal-gatal yang tampak merah dan menyebar ke daerah di luar bagian yang tersengat
  • Bengkak di wajah, tenggorokan, atau jaringan mulut
  • Suara serak atau sulit menelan
  • Kegelisahan dan kecemasan
  • Detak jantung yang cepat
  • Rasa pusing atau tekanan darah yang menurun tiba-tiba
  • Jika gejala-gejala di atas muncul, carilah bantuan medis darurat.

Waspadalah Kematian juga bisa disebabkan karena reaksi alergi cepat (anafilaksis) yang menyebabkan syok. Reaksi ini terjadi paling sering pada 15 menit pertama setelah venom dikeluarkan dari kantungnya dan masuk ke tubuh korban. Walaupun jarang terjadi, reaksi alergi yang lambat bisa menyebabkan kelainan di sendi dimana korban akan merasakan nyeri di sendi dan demam, gangguan pada ginjal berupa proses peradangan (nefritis), dan sindroma Gullian Barre yang bisa menyebabkan kelumpuhan pada otot-otot pernafasan yang bisa saja berakhir dengan kematian, Melihat akibat yang dapat ditimbulkan oleh venom serangga terbang tersebut, maka apabila tersengat tawon segeralah bawah korban ke rumah sakit, untuk mendapatkan penanganan yang tepat, sekalipun nyeri akibat sengatan bisa menghilang tanpa pengobatan dalam waktu beberapa jam.


Perhatian: Informasi dalam artikel ini bukanlah resep atau nasihat medis.
Jika Anda perlu bantuan atau hendak berobat berkonsultasilah dengan tenaga kesehatan profesional.