Bagaimana Cara Hidup Sehat Sampai Tua, Bebas penyakit, dan mengetahui pertolongan pertama ketika anda sakit - Simak Di Sini. ! Karena Hidup Akan Lebih Terasa Indah Jika Anda Sehat

HIDUP SEHAT DENGAN GADGET

Jumlah Kebutuhan Kalsium Bagi Tubuh

Apa Manfaat Kalsium Bagi Tubuh Manusia

MENCARI TAHU BERAPA JUMLAH KEBUTUHAN KALSIUM DI DALAM TUBUH MANUSIA DAN APA FUNGSINYA

Kebutuhan Kalsium Perhari Bebeda - beda jika di lihat dari usia dan kondisi Fisik masing - masing, namun jika di rata - rata, maka rekomendasi normal terhadap asupan kalsium harian kurang lebih 1.200 mg kalsium per hari, tetapi jumlah ini tidaklah mutlak menjamin kebutuhan kalsium bagi tubuh kita sudah cukup, sebab tidak semua kalsium dapat diserap sempurna oleh tubuh kita. Masalahnya kebutuhan kalsium sebanyak 1.200 mg perhari bagi tubuh tidaklah mudah bisa kita kumpulkan dari mengkonsumsi makanan kita sehari - hari, oleh sebab itu anda harus mengetahui makanan apa saja yang dapat memberikan asupan kalsium yang memadai bagi tubuh kita, Karena jika kita kekurangan kalsium maka, tubuh kita akan berusaha mengatasi  kekurangan kalsium tersebut dengan memobilisasi atau mengambil kalsium dari tulang anda sehingga kadar kalsium dalam darah tetap normal, akibatnya tulang anda akan menjadi rapuh karena kekurangan kalsium, oleh sebab itu sangatlah penting jika anda mengetahui sejak dini bagaimana caranya memenuhi kebutuhan asupan kalsium bagi Tubuh anda, dan artikel ini akan membantu anda untuk memahami betapa pentingnya kalsium bagi kesehatan anda dan bagaimana anda mencukupinya.

Pengetahuan Tentang Makanan apa saja yang mengandung kalsium yang memadai bagi tubuh anda, selengkapnya anda bisa cari informasi dengan Cara :


Perlu anda sadari, semakin bertambanya usia anda, maka kebutuhan akan kalsium akan semakin banyak, coba anda ingat - ingat ketika anda belajar di sekolah dasar dulu, sering kali mendapat informasi dari guru - guru kita bahwa kegunaan kalsium bagi tubuh manusia adalah untuk memperkuat tulang dan gigi, jadi jelaslah bahwa semakin usia kita bertambah, tulang dan gigi kita butuh kalsium extra untuk mempertahankan kekokohannya.




Dari Mana Kita Bisa Mendapatkan Asupan Kalsium yang Cukup Secara Alami ?

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Kalsium banyak terkandung di dalam susu dan hasil olahannya seperti keju yoghurt, minuman ini terkenal sebagai sumber kalsium yang cukup, karena pada segelas susu terkandung 300 mg kalsium, walaupun masih kurang tapi sudah cukup membantu. selain susu dan turunannya tentu saja masih banyak sumber makanan lain yang kaya akan kalsium, yaitu ikan, brokoli, dan bayam, selain makanan tersebut anda juga harus banyak mengkonsumsi makanan - makanan yang mengandung Vitamin D, seperti Jamur, Ikan salmon, Ikan Tuna, Minyak ikan Cod, kuning telur dan susu sapi, karena Vitamin D akan membantu tubuh anda menyerap asupan Kalsium dari makanan yang anda konsumsi.

Penyakit Apa Saja  Yang Seringkali Muncul Karena kita kekurangan kalsium.

Rakitis : Yaitu Penyakit yang  umumnya dialami oleh anak-anak dan menyebabkan kerusakan bentuk tulang sehingga mengganggu pertumbuhan anak. Tak hanya itu saja, penyakit ini membuat tulang menjadi begitu lemah. Gejala rakitis sendiri meliputi otot terasa lemas, kaki sering terasa sakit dan terjadi penebalan pada pergelangan tangan dan kaki.

Hipokalsemia : penyakit ini biasanya timbul akibat rendahnya kadar kalsium dalam plasma darah kita, pada Keadaan seperti ini akan mengakibatkan ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh sehingga akan mengganggu kesehatan penderitanya. Gejala paling umum daripenyakit ini adalah terjadinya kram otot, dan ketika tidak segera diatasi, penyakit ini juga dapat mempengaruhi kondisi emosi penderitanya.

Osteoporosis : istilah tersebut biasa kita sebut pengeroposan tulang, penyakit ini memang sangat identik dengan lansia. Akan tetapi, penyakit yang satu ini ternyata juga bisa dijumpai pada mereka yang masih berusaha 30 tahunan. Osteoporosis ini menyebabkan tulang penderitanya terasa sangat lemah dan rapuh. Bahkan benturan yang cukup keras bisa berdampak serius dan menyebabkan patah tulang.

Osteomalacia :  disebut tubuh bungkuk akibat tulang yang menjadi sangat lunak, itulah gambaran mengenai osteomalacia. Kondisi ini menyebabkan penderitanya merasa kesulitan untuk mendapatkan tulang yang kuat. Gejala penyakit ini biasanya meliputi nyeri otot dan tulang, kaki terasa lemah dan punggung bagian bawah terlihat kusam serta sering terasa sakit saat malam hari.

Hipertensi : Biasa kita kenal dengan sebutan Darah Tinggi ! ini jangan dianggap remeh, sebab kekurangan kalsium tentu saja tidak hanya berpengaruh terhadap pada tulang saja,  tetapi juga memicu terjadinya tekanan darah tinggi, kodisi tekanan darah anda juga akan ikut terpengaruh akibat tidak terpenuhinya kebutuhan kalsium dalam jangka waktu yang lama. Jika tidak diatasi, darah tinggi ini bisa memicu masalah lain yang jauh lebih serius. Bahkan penyakit berbahaya seperti jantung, stroke dan diabetes juga bisa muncul akibat darah tinggi.

Apa Akibat Kelebihan Kalsium di Dalam Tubuh !

Biasanya Kelebihan konsumsi suplemen kalsium yang berlebih dapat menyebabkan kadar kalsium dalam tubuh menjadi tinggi atau disebut hiperkalsemia. Hiperkalsemia kemudian dapat menyebabkan tulang menjadi lemah, fungsi ginjal menurun bahkan bisa terbentuk batu ginjal, serta fungsi otak dan jantung juga bisa menurun. Lagipula, tidak ada manfaatnya juga bagi tulang jika Anda mengonsumsi kalsium dalam jumlah berlebih.

Sebaiknya anda tidak mengonsumsi kalsium melebihi kebutuhan kalsium Anda per hari. Dilansir dari National Institutes of Health, batas atas asupan kalsium per hari adalah:

    2.500 mg kalsium per hari untuk anak usia 1-8 tahun
    3.000 mg kalsium per hari untuk anak usia 9-18 tahun
    2.500 mg kalsium per hari untuk orang dewasa usia 19-50 tahun
    2.000 mg kalsium per hari untuk dewasa usia 51 tahun atau lebih

Berapa banyak jumlah kalsium yang bisa kita dapatkan dari makanan kita sehari - hari ?


--> SELANJUTNYA